Swellow adalah salah satu band jebolan kota Bogor yang cukup dikenal dengan nuansa indie-rock nya. Swellow adalah Bayu Ramadhan Dwi Azni (vokal), Andi Idam Fauzi (gitar), Afnan Hissan (gitar), Misbahuddin Nika (bas), dan Muhammad ‘Opay’ Fadhli (drum) – mereka dikenal juga bermain dengan beberapa band Bogor lainnya seperti Reid Voltus, The Kuda, Texpack, Diskoteq, dan Rasvala. Setelah merilis EP “Karet†(2021), single “Kalam†(2022), dua maxi-single di “Simpul Tak Berdaya†dan “Jeruk Segar†di tahun 2023, akhirnya Swellow resmi merilis album penuh pertama yang diberi judul “Katusâ€. Mari berbincang dengan para punggawa indie-rock ini mengenai Matador Records, Stephen Malkmus, Robert Pollard dan doclang …
Menurut press release nya, penjudulan Katus sendiri berangkat dari plesetan “kaktusâ€, dan dipercaya fengshui membawa sial. Dan menurut Bayu semua cerita tersebut ternyata tidak bisa lepas dari peristiwa kesialan. Apa saja kesialan yang dialami masing-masing personil pada saat penggarapan materi album “Katusâ€?
Idam: Ada kejadian lucu sih kaya lagu serangga itu based on true story, waktu itu tangan gw smpet bengkak dan sakit banget tiba-tiba, tapi gak tau penyebabnya gitu, mana udah deket lagi mau proses ngetake demo waktu itu, sempet panik karena gak bisa maen gitar haha, ini gimana ya pas ngetake ntar,,akhirnya berobat tapi gak ngaruh gitu,, udah gw paksain aja sambil nahan sakit tiap maen gitar, eh malah ilang sendiri tuh sakitnya ajaib
Bayu: Sebenernya penamaan Katus itu ceritanya, kita lagi ngomongin nama album, rencananya mau ngetik ‘kaktus’ tapi malah typo hahaha… Cuman ternyata memang di bahasa sunda nyebutnya katus. Iya dan kalo memang kalo di fengshui justru untuk ngehindarin sial. Dan semua liriknya memang dari cerita anak-anak Swellow tentang kejadian-kejadian di kehidupan kita gitu lah. Iya nih hahahah Abo banyak banget ceritanyaaa.. kalo Miska waktu itu sempet sharing-sharing aja sih tentang kehidupan diusia 30an dan di jadiin lirik nyali.
Abo: Banyak kang kalo kesialan mah yah, kalo saya di mulai dari kecelakaan Oktober kemarin, lalu pincang 5 bulanan mah ada sampe sekarang ga enak wkwkwk.. Miska sial mulu idupnya tiap hari kang hehehe..
Miska: Alhamdulilah, kebalikannya kayanya saya mah hahahaa.. Standar sih Kang, nah iya sebenernya usia 30 tuh seru-seru aja, cuma di masyarakat kita sering jadi negatif. Misalnya kalau pria/perempuan usia 30 belum menikah disebut perawan tua.
Opay: Kalo gua sih sial yg sampe nempel gitu selama pengerjaan ga ada sih kang lebih ke sial yang ringan ringan. Korek ketinggalan, take drum pake celana yg sempit..
Pada segi produksi, materi dan penggarapan, apa yang beda dari “Karet†dan “Katus�
Idam: Kali ini, kita lebih niat aja dari EP sebelumnya “Karet”, kali ini banyak dibantu oleh teman-teman dari nentuin lokasi recording, pemilihan karakter sound, mixing, sampai mastering. Ada beberapa sudut pandang lirik dan layer2 sound yang belum pernah kita pake sebelumnya di “Karet”. Penggunaan progresi chord pun lebih sederhana tapi tetap mewakili karakter yang ingin disampein di tiap lagu.
Miska: Proses album “Katus” lebih ter-manage dengan baik karena di album ini kita udah punya manager yaitu Pram, jadi secara konsep dan kepengenan kita di sound dibaca: BM-BM kita jadi lebih mudah diwujudkan aja, Kang.
Opay: Kalo dari segi produksi “Katus” lebih kompleks dari “Karet” ngejar karakter organik (drum khususnya) dibandingkan dengan “Karet” yang banyak ngandelin proses equalizing setelah proses record drum.
Kalo untuk materi Swellow sebetulnya dari awal memang punya “stok materi” yang demo nya sudah ada berbarengan dengan “Karet” diantaranya “Penjara”, “kita semua kalah(awalnya judulnya “Anggur”)”, “antrian” dan juga “pasien” yg mana itu peleburan 2 materi lagu. Nah semua melalui proses merekam demo ulang, baru cari referensi karakter soundnya baru take instrument + vocal. Timeline nya lebih tersusun di proses produksi.
Pada lagu ‘Penjara’ kalian berkolaborasi dengan Harlan Boer. Apa yang membuat kalian memilh Harlan sebagai kolaborator? Bagaimana awalnya kalian berkerja sama?
Idam: Dari dulu sih slalu kepikiran pengen feat sama bang Harlan, gw fans berat karya-karya doi soalnya haha,, langsung kepikiran aja kayaknya lagu ini yang cocok sama karakter vokalnya, kebayang bakal ada vibe-vibe Lou Reed-nya gitu tadinya haha. Tapi berhubung bang Harlan lagi stay di Belanda akhirnya suruh coba take vokal pake hp aja, eh ternyata aman sih hasilnya, lo-fi gimana gitu hehe. Puas sih untuk hasilnya diluar ekspektasi gw malah.
Miska: Kalau mundur ke belakang awal Swellow terbentuk memang belum ada Vokalis yang tetap gitu ya, Wak. Bahkan lagu-lagu di materi album “Karet†kalau ga salah lumayan lama 2-3 bulan tanpa ada vokalisnya, sambil mencari vokalis yang cocok beberapa lagu di kasih ke temen-temen, ini ide dari Idam jadi makannya Ada Harlan Boer dan Alfi dari Gascoine yang isi vokalnya. Ini bisa menjawab dari segi lirik emang terpengaruh besar sama Harlan Boer ya.
Kalian memilih tema-tema keseharian sebagai bahan bakar lirik. Apa yang membuat kalian tertarik untuk mengangkat hal-hal biasa tersebut dan bagaimana kalian memolesnya agar lebih spesial?
Bayu: sebenernya untuk lirik kita gak memang mengkonsepkan cerita-cerita keseharian, tapi karena memang lebih sering ketangkep aja tema-tema kayak gitu. Dan secara penulisan pun kita gak ada treatment khusus paling cuma nyamain moodnya aja ke musiknya, secara bahasa juga yang biasa kedenger aja.
Menurut teman saya, kadang lirik Indonesia yang super-cheesy pun akan terdengar keren kalau musiknya juga keren. Bagaimana menurut kalian?
Bayu: setuju sih gw
Opay: Yuuups
Idam: Sempet bilang ke bayu c dulu “bay lirik mah nyontek weh rumahsakit, zeke khaseli jeung harlan boer haha.
Bayu: 3 ini inspirasi sih
Miska: Secara preferensi personal saya selalu suka dengan lagu yang pake lirik bahasa Indonesia, mungkin karena bahasa ibu aja ya, jadi lebih gampang menyerap konten dan konteks lagu dalam lirik berbahasa Indonesia. Tapi ada beberapa lagu/secara progresi chord dan notasi vokalnya ga cocok pake bahasa Indonesia, atau sebaliknya, jadi bener kata Abo harus saling mengisi antara lagu dan lirik, begitu pun konten dan konteks lagunya. Tambahan, sebenernya kelebihan menggunakan lirik bahasa Indonesia adalah lebih mudah memunculkan karakter musik/band secara keseluruhannya, misalnya kalau musiknya mirip banget dengan Pavement atau GBV tapi liriknya bahasa Indonesia niscaya akan terdengar ga mirip deh hehe…
Abo: Kang maap nambahin, Kayanya ga gini menurut pendapat ane, Soalnya ada case bisa jadi musiknya biasa aja, karena lagu liriknya Bahasa Indonesia (Indo in general termasuk lirik super-cheesy) jadi keren keseluruhan lagunya hahaha. Kayanya penentuan lirik Indo atau asing tuh agak sulit soalnya musti kawin aja si musik dan liriknya jadi semacam timbal balik gitu.
Kenapa memilih periode akhir ‘90an dan awal ‘2000an sebagai referensi? Apakah kalian tumbuh di era itu?
Idam: Iya musik era2 itu 90-00s cukup membekas sih buat gw, jadinya malah mentok buat gw untuk nyari source referensian sound, selalu balik dengerin band era-era itu, udah yg paling kena sih buat gw. Sampe sekarang pun gw masih intens dengerin Pure Saturday terutama album utopia, selalu jd mood booster gw tuh album.
Bayu: karena emang kebetulan dulu tumbuh dan denger referensi kayak gitu kali ya jadi kebawa-bawa hahaha…
Opay: Di era itu sebetulnya gua sih ga mengalami nya langsung (masih TK)🤣🤣. Tapi sampai sekarang masih berkutat di era 90an ke 00an untuk eksplore referensi sound, lirik, komposisi musik dll apapun itu.
Kalian menyebut Kitchens of Distinction, Ride, Sonic Youth dan GBV sebagai inspirasi dan high-rotation playlist selama menggarap ‘Katus’. Lagu terbaik mereka versi kalian apa saja dan kenapa?
Opay: Ngikut wa Idam kalo gua mah kang🤣🤣🤣🤣ðŸ™ðŸ¼ðŸ™ðŸ¼
Idam: Wkkk bisaan.
-Kitchens of Distinction
“The 3rd Time We Opened the Capsule”
Sound delay dan reverbnya jadi referensian gw buat lagu tak berdaya.
-Ride “today”
Simple song tapi jleb di produksiannya gawat lah.
-Sonic Youth “providence”
lagu temen ngahuleng sambil ngopi dan ngudud.
-GBV “tractor rape chain”
Ini lagu pokoknya chordnya gw bgt haha,referensian gw di lagu segar.
Miska: Kalau Sonic Youth, Saya suka lagu “Karen Revisited†dari album Murray St, Lee Ranaldo yang nyanyi, makannya di lagu “Nyali†Idam yang nyanyi hahaha, suara gitaris emang khas ya.
Ride – OX4 intronya yahud.
Kitchen of Disctinction – Come on now
GBV – a salty salute (Bassline yang catchy)
Bayu: Kitchen of Distiction – The 3rd time we opened the capsule, gw pribadi suka gaya vokalnya sih dan salah satu inspirasi juga.
Ride – Leave them all behind
Sonic Youth – superstar
GBV – Iam a Scientist, tema yang diangkat unik
Abo: Kalau eug
Kithcen of Distinction – the 3d time we opened the capsule
Ini part lagu nya ancur bagus bgt wkwk pernah berandai2 sambal ngaca pura2 manggung bawain lagu ini hahaha…
Ride – Sennen
Nempel terus dari Pertama ngedengerin.
Sonic Youth – Jams Runs Free
Karena mood lagu nya agak gelap trus part outronya bagus banget.
GBV – Gold Star for Robot Boy,
tema liriknya bagus banget, ngebayangin bisa jadi premis anime mungkin yah.
Stephen Malkmus atau Robert Pollard? Kenapa?
Idam: Robert pollard – jagoan klo bikin artwork, album solo nya bahaya2,produktif parah haha..
Abo: Wah ini mah, King op Indie rock apa prince op indie rock, agak syulit nih wkwkwk.. Ane Malkmus deh, suka persona panggungnya, slacker, bangor dan sama apa ya, keliatan kaya ga jago main gitarnya, tapi kayanya aslinya jago deh wkwkwk plus kayanya karena Malkmus main gitar kalo dipanggung, sedangkan Pollard engga.
Miska: Iyah ini sulit Kang wkwkw.. Kalau wajib milih lebih berat ke Robert Pollard, mungkin karakter vokalnya lebih suka aja. Ga merdu tapi enak didengerin.
Matador Records atau Sub Pop? Kenapa?
Abo: Matador, soalnya hamper semua favorit ada disana hahahahaha…
Idam: Iya sama persis gw juga.
Miska: Sub Pop, karena ngerilisin Koes Barat-nya Alan Bishop.
GBV atau MBV? Kenapa? Hahaha
Abo: Edyan hahahah.. Ane GBV, soalnya kalo bikin lagu kaya MBV, loba keterbatasan alat alias epek jeung gitar na mahal wak naujubilah. Lebih produktip.. Iya wak wkwkwk minjem bulldog suarana lo fi tapina lo fi gembel alias lo fi beneran wkwkwkw…
Kalo jadi GBV, pake epek hiji bulldog ge udah aman gow keun jigana hahahahaha…
Bayu: hahahah.. gw MBV deh, karena album isnt anything.
Idam: Aduhhh migrenn.. MBV aja lah,,duluan tau mbv soalnya daripada GBV, pamali.. Haha urang boga tah efek buldog bo,, pakenya di Texpack.
Miska: MBV, sound di lagu-lagunya lebih variatif, jadi ga bosen kalau dengerin.
Menurut kabar, kalian sedang merencanakan tour dengan Collapse dan Skandal ya. Bagaimana awalnya rencana itu terjadi dan berapa kota yang akan dikunjungi?
Miska: Ya bener Kang, Rencananya kami akan menjalankan ibadah tour *syaelah bersama Collapse dan Skandal (Hometown Tour) di 3 kota asal kami masing-masing yaitu Jogja, Bandung, Bogor dan terakhir di Jakarta. Tour berlangsung di akhir bulan Agustus. idenya datang gara-gara pernah main bareng sama Collapse di Jakarta, terus 3 band yang terlibat waktu rilisnya pun di tahun yang sama, yaudah kenapa ga tour bareng aja biar bisa patungan budget tournya juga hahaha..
Tempat makan yang akan kalian rekomendasikan untuk para band yang sedang tour ke kota kalian? Dimana saja comfort food terbaik kota Bogor versi Swellow?
Idam: Sepanjang jln.Veteran sih di daerah Merdeka terutama malam hari banyak jajanan dari mulai doclang, bubur ayam, sate dan lain-lain rasanya enak-enak dnn harganya masih terjangkau lah..
Bayu:
-Soto Ace Bogor, di dalem Pasar Anyar, Borobudur.
-Seafood Bonex 69, di Boper (malam)
-Doclang 405, di Gunung Batu jembatan Cisadane.
Abo: Doclang di seberang Stasiun Bogor kaneee..
Miska: Mie Bangka di daerah Boper Permai Kang. Kayanya itu okay buat temen-temen yang lagi tour ke Bogor.
Opay:
Rekomendasi pagi :
Toge Goreng / Bubur Ayam Kabita di Jl. Rumahsakit II (depan pintu masuk IPB Pascasarjana).
Siang
Siomay parkiran pool damri br.siangm
Laksa bogor gg. Aut
ayam goreng warung doyong
Malem :
Bubur ayam pak kumis depan toko terang jembatan merah
Nasi uduk gg. Tangkil jl. Ceger R3
Beberapa orang bahkan sudah menyebut “Katus†sebagai album of the year. Bagaimana tanggapan kalian?
Idam: Jujur gw ini album bisa kelar aja dah alhamdulillah, berasa plong akhirnya beres sesuai timelinenya pak bos Pram hehe, gak nyangka juga sama respon orang-orang sama album ini, nuhun pisan pokokna mah.
Bayu: Semoga ya Kang Hahaha. Karena ini album kerasa bareng-barengnya juga sih secara pengerjaan udah libatin banyak temen. Bagi kita album ini sih secara perjalanannya spesial.
Miska: Kaget juga kang, tapi senengnya juga alhamdulilah kerja anak-anak terbayarlah. Puji syukur.
Lalu album of the year versi kalian masing-masing tahun ini apa saja? (lokal / luar dengan alasan nya)
Swellow: Yo La Tengo – “This Stupid World”. Bisa dibilang “makin tua makin jadi”, lu bisa denger unsur krautrock sampe noise pop di album ini ditambah lagi untuk produksinya yang keren juga. Edan lah.
Word & interview by Aldy Kusumah
Photos by Rendyka Widya