Warp Records adalah record label independen asal Inggris (Saat ini berbasis di London) yang didirikan di Sheffield pada tahun 1989 oleh Steve Beckett dan Rob Mitchell serta produser musik Robert Gordon. Warp adalah salah satu label pionir dalam musik elektronik yang mencakup berbagai genre elektronik seperti IDM (Intelligent Dance Music), ambient, techno, dan musik eksperimental lainnya. Warp Records mulai dikenal pada tahun 1990-an dengan merilis album-album dari musisi berpengaruh dan pentolan-pentolan elektronik seperti Aphex Twin, Autechre, Squarepusher, dan Boards of Canada. Kini Warp juga menjadi rumah bagi artis-artis dari berbagai genre dari IDM (Intelligent Dance Music), indie-rock hingga hip-hop eksperimental dan pop avant-garde seperti Stereolab, Battles, Grizzly Bear, Maximo Park, Anti-Pop Consortium, Flying Lotus, Oneohtrix Point Never, Danny Brown, Brian Eno, Hudson Mohawke, Kelela, Yves Tumor, Broadcast, dan Gonjasufi.
Warp juga menjadi salah satu label yang bertanggung-jawab atas genere “IDM” atau Intellegence Dance Music”, yang sangat bertolak belakang dengan EDM yang lebih dikonsumsi oleh penggemar musik elektronik mainstream. “Artificial Intelligence”, kompilasi label ini yang dirilis pada tahun 1992 membantu membangun subgenre elektronik yang dikenal sebagai musik dansa cerdas (IDM). Menurut salah satu pendiri Warp, Steve Beckett, album kompilasi ini lebih ditujukan untuk didengarkan sambil duduk, tidak untuk berdansa seperti musik elektronik mainstream. Dan ini tercermin di kover album, yang menggambarkan android yang tertidur di kursi sambil mendengarkan album Kraftwerk “Autobahn” (1974) dan Pink Floyd “The Dark Side of the Moon” (1973). Seolah-olah kamu bisa mendengarkan “Artificial Intelligence” seperti kamu mendengarkan Pink Floyd dan Kraftwerk. Analogi yang menarik. Beberapa media mainstream dan media musik di seluruh dunia menaruh album ini sebagai rilisan esensial bergenre ambient techno. Pada tahun 2014 Rolling Stone memasukkan “Artificial Intelligence” ke daftar “The 40 Most Groundbreaking Album of All Time”. Pada tahun 2017 Pitchfork juga memasukan kompilasi ini ke 10 besar list “The 50 Best IDM Albums of All Time”.
Sebelum menjadi salah satu founder genre IDM, pada awal tahun 1990-an, label ini awalnya diasosiasikan dengan skena techno bleep Inggris, dengan roster artis-artis seperti LFO, Sweet Exorcist, Forgemasters, dan Nightmares on Wax. Warp memang didirikan di tengah-tengah perkembangan scene “bleep techno” di Inggris Utara, yang sering kali dianggap sebagai gaya rave music yang mencerminkan karakter unik musik elektronik Inggris. Sambil mengambil pengaruh dari techno dan house music Amerika, artis-artis bleep juga menggunakan sound synthesizer electro dan suara bass yang sangat heavy. Nada synth yang sederhana (“bleeps”) digabung dengan sub-bass yang terinspirasi oleh reggae sound system, dan instrumentasi yang sporadis, bleep techno juga menggunakan pola drum-machine yang terinspirasi dari breakbeat.
Setelah techno ‘bleep’ yang berasal dari kampung halaman mereka di Sheffield pada akhir tahun 80an mulai padam, beberapa fans Warp Records kecewa karena Warp merilis indie-rockers Grizzly Bear dan Maximo Park, yang albumnya menjadi mesin pencetak uang bagi Warp, dan label itu dianggap sell-out. Beberapa respon dari para penggerutu ini menyayangkan kehadiran band-band seperti ini di Warp, selain mengurangi estetika, ini dianggap sebagai sebuah pengkhianatan terhadap fondasi IDM yang selalu menempel pada karakter Warp Records. Warp juga memiliki divisi indie yang dinamai Gift Records di awal tahun 90an, yang dikenal karena merilis single Pulp. Lalu bermunculan lah band-band seperti Broadcast dan Battles telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan konsisten dalam menggabungkan kecintaan mereka terhadap musik elektronik ke dalam fondasi guitar music.
Walaupun salah satu founder Warp, Rob Mitchell, meninggal di tahun 2001, Warp Records tetap merilis album-album menarik dan mengexplore genre-genre yang jarang dilakukan label lain (Mungkin Ninja Tune Records, tapi itu akan kita bahas lain kali). Warp terus merilis album, dari artis seperti Hudson Mohawke, Flying Lotus, Mark Pritchard, Bibio, Jamie Lidell, Lonelady, Leila, dan Gonjasufi. Artis-arti eksentrik pun ikut menandatangin kontrak untuk bergabung dengan Warp, seperti Brian Eno, Oneohtrix Point Never, Mount Kimbie, Kwes., Darkstar, Kelela, patten dan Jeremiah Jae. Tahun 2013 Warp mulai memasuki ranah industri film dengan album Broadcast Berberian Sound Studio, soundtrack untuk film dengan nama yang sama. Warp merilis split remix 12″ untuk Record Store Day, yang merupakan kolaborasi antara Brian Eno, Nicolas Jaar dan Grizzly Bear. Pada tahun 2013, Warp juga memenangkan Independent Label Of The Year di AIM Awards. Lalu pada bulan Desember 2013 Warp berkolaborasi dengan museum Tate Britain untuk mempersembahkan sebuah showcase musik dan instalasi, Warp x Tate, bersama seniman Jeremy Deller dengan kontribusi musikal dari Oneohtrix Point Never, Patten, Darkstar, Hudson Mohawke dan Rustie. Pada tahun 2019, Warp merayakan hari jadinya yang ke-30 (bergaya WXAXRXP, kombinasi WARP, dan XXX, angka romawi untuk 30) dengan siaran tiga hari berturut-turut di NTS Radio. baru. Selain itu Warp merilis sebuah boxset berisikan 10 set EP (vinyl) yang berisikan beberapa track eksklusif dari Boards of Canada dan Aphex Twin. Label ini juga telah memperluas cakupannya di luar musik, merambah ke produksi film, instalasi seni, dan proyek multimedia lainnya, yang semakin memperkuat statusnya sebagai kekuatan penting dalam budaya elektronik kontemporer.
Berikut ini adalah beberapa album esensial Warp Records favorit kami jika kamu ingin digging lebih dalam:
Aphex Twin – Drukqs (2001)
Boards of Canada – Music Has the Right to Children (1998)
Autechre – Confield (2001)
Squarepusher – Go Plastic (2001)
Antipop Consortium – Arrhythmia (2002)
Nightmares on Wax – Mind Elevation (2002)
Prefuse 73 – One Word Extinguisher (2003)
Broadcast – haha Sound (2003)
Maximo Park – A Certain Trigger (2005)
:
Battles – Mirrored (2007)
Flying Lotus – Los Angeles (2008)
Grizzly Bear – Veckatimest (2009)
Bibio – Ambivalence Avenue (2009)
Oneohtrix Point Never – R Plus Seven (2013)
LFO – Frequencies (1991)
Various Artists – Artificial Intelligence (1992)
Seefeel – Succour (1995)
Plaid – Not for Threes (1997)