Sebelum menggunakan alat tiup dan instrumen elektronik, Tesla Manaf adalah gitaris jazz yang sangat handal. Semua itu dia tinggalkan di tahun 2017: dia nekat berhenti bermain jazz dan mulai menekuni instrumen alat tiup & elektronik. Uniknya, Tesla mempelajari instrumen-instrumen barunya itu dari nol. Mari berbincang dengan Tesla mengenai rekaman di bunker Tentara Belanda, mempelajari alat tiup karena pandemi dan sintingnya musik Merzbow..
“Gue bikin musik tanpa referensi. Gak ada guidebook sama-sekali. Kalau jelek ya jelek aja ulang dari awal. Kalau bagus yaudah itu kepunyaan gue sendiri dan ga ada orang lain yang sound nya kaya gini.“
Tesla! Kita mulai dari pertanyaan sejuta umat dulu ya: Dulu kan lo gitaris jazz, gimana transisi lo dari jazz ke experimental music yang menggunakan instrumen Cornet dan electronics?
Anjirr sudah puluhan ribu orang nanya gue ini nih hahaha.. Dari 2017 tuh gue udah mentok banget di jazz, apa yang gue pengen dari jazz dan instrumen gitar udah kesampaian semua di tahun 2017 itu. Gue pengen ngasih kejutan ke diri gue sendiri: ga pengen main gitar lagi. Karena ntar suara dan musik yang gue ciptain akan gitu-gitu aja bunyinya. Gue pengen milih instrumen elektronik yang ga gue pegang sebelumnya dan memasuki skena yang ga pernah gue datengin sebelumnya. Akhirnya gue nekat disitu.
Belajar dari nol semua ya berarti? Cornet / Trumpet sebelumnya sudah bisa?
Dari nol banget. Cornet gabisa. Baru belajar iseng pas pandemi. Gue belum pernah pegang terompet sedikitpun, apalagi niup. Nekat-nya gue beli pake seluruh tabungan gue saat itu. Ah bodo deh, sikat aja daripada gue bengong pas pandemi. Sekarang jadi instrumen jagoan gue.
Video performance “Larynx†yang kerjasama dengan Maternal itu gimana konsep awalnya?
Sebenarnya itu cuma ngasih tau ke khalayak luas kalau gue tuh ada 2 format kalau manggung: format elektronik dan format organik. Disitu gue maen elektronik, sample dan main gitar, Tapi main gitarnya ga dipencet, cuma disentuh doang permukaan senarnya, biar suaranya senarnya terdengar seperti perkusi…
Kalau video performance lo yang collab bareng Ssslothhh itu gimana awalnya?
Si Dinar (drummer Ssslothhh) yang ngajak, dia nge message di Twitter ngajak collab bareng. Wah udah ga mikir lah, Ssslothhh nya keren gitu. Lalu mereka ngasih kesempatan dan porsi cukup banyak ke Kuntari. Bebas nih Tesla mau ngapain aja. Bener nih bebas? Akhirnya kirim draft materi, mereka cocok dan kita cuma sekali latihan langsung cocok, yaudah besoknya langsung syuting video nya.
Lo juga sempat memakai konsep improv dalam bermusik ya?
Sebenarnya konsep improv ini di 2019-2020 awal, pas alatnya masih electronic. Tapi pas album “Last Boy Picked†keluar dan format electronic dan cornet ini udah terbentuk, ga improvisasi lagi sih kasarnya sekarang tuh. Memang ada improv ditengah-tengah tapi tetap ada pattern atau pola di dalam setiap lagunya.
Banyak musisi/band pop mainstream ingin go international tapi ternyata yang malah go internasional malah yang eksperimental seperti Senyawa atau Gabber Modus Operandi (GMO). Bagaimana pendapat lo mengenai ini?
Ya sesimple ini aja sih mas, musisi pop dan mainstream banyak banget, jutaan orang kali yang berebut floor dan porsi yang sama. Kalau mas denger Senyawa atau GMO ya cuma mereka aja yang seperti itu di dunia ini.
Kadang dibanding musisi pop yang sangat effort untuk go international, musisi eksperimental lebih terlihat effortless ya bisa menembus batasan-batasan bahasa..
Sebenarnya mereka ada effort juga sebenarnya, meskipun kita ga melihat di depannya gimana, tapi ada agent nya, si mas Wok the Rock (Yesnowave). Biarpun musiknya bagus atau se-original apapun, kalau ga pintar mempromosikan dan tidak mengerti brand image atau strateginya kemana akan sulit juga dijual pada akhirnya. Misal Senyawa bagus tapi main nya di acara Kemenkraf atau Kemendikbud, atau main di Dubai Expo atau acara kedutaan Austria, orang-orang juga ga akan bisa dengar. Management, agent, label dan kemasan itu penting banget. Harus tau mereka bakal dijual kemana, diarahkan kemana, siapa yang nonton, strategi marketing yang jelas..
Tapi kalau ngomongin marketing, lo juga ga ada Instagram ya? Hahaha..
Hahaha.. Kan media marketing bukan Instagram doang.. Masih ada Twitter hehe.. Sebenarnya strategi gue juga udah pasti ada, arahnya mau kemana. Cuma ga ngotot banget, dari 2 tahun pandemi ini udah jadi pelajaran banget ya. 2 tahun kita disuruh berhenti dan istirahat. Ambisi boleh tapi jangan terlalu berlebihan ingin ini ingin itu. Kalau kita tetap usaha terus, dan musik kita bagus, target dan jualan nya jelas, cepat atau lambat pasti ada waktu nya kok.
Di album “Last Boy Picked†itu cover siapa yang mengerjakan? Dan kenapa memutuskan untuk co-release dengan 2 label (Orange Cliff dan Grimloc)?
Itu yang bikin si Nitya Putrini dan yang layout si Anindito (owner Orange Cliff Records). Kalau ketemu Nitya dari saran Dito, kata Dito si Nitya kayaknya bisa translate isi kepala lo untuk album “Last Boy Pickedâ€. Akhirnya cocok dan dibikin sama dia, bagus banget. Karena waktu itu mau di release oleh Orange Cliff, awalnya gue bilang boleh ga gue co-release sama Grimloc. Akhirnya gue ajukan ke mas Ucok (Grimloc) lalu dia oke yaudah deh co-release bareng. Kalau Orange Cliff itu dulu tahun 2020 album pertama Kuntari yang “Black Shirts Attracts More Feather†dirilis mereka, jadi pas “Last Boy Picked†pengen sama mereka lagi. Kalau Grimloc itu gue suka udah lama. Gue akhirnya nekat kontak mas Ucok. Taunya dia suka banget dan akhirnya kita collabs di banyak kesempatan, kaya remix di “Fatehâ€, dan split album Roman Catholic Skulls X Kuntari.
Ketika membuat komposisi, kapan lo memutuskan bahwa sebuah lagu itu sudah selesai?
Proses gue bikin lagu malah bisa bulanan dan tahunan, tapi itu ga pernah masuk ke draft. Apa yang ada di kepala dicatat dulu dan sengaja ga dibawa ke meja recording. Karena apa yang kita bunyiin sekarang tuh akan beda dengan apa yang kita bunyiin 2 bulan atau tahun depan. Karena referensi kita berjalan terus, referensi terhadap sound juga berjalan terus. Keinginan juga banyak berubah pastinya. Catat aja dulu apa aja yang penting, bikin moodboard, kerangka berpikir, instrumentasi apa aja, manggung nya ntar gimana. Setelah arah nya jelas baru coba dibuat konsep dan pola-polanya. Lalu dicoba latihan. Kalau bagus jalan terus ke rekaman, kalau ga bagus semua moodboard yang sudah dibuat bertahun-tahun itu coret aja udah. Konsep nya ga bagus, mulai lagi dari awal.
Kalau semua draft direkam malah bakal numpuk ya?
Iya mas. Waktu di jazz dulu tiap ada ide gue rekam. Kalau di jazz jelas kan: bunyi gitar seperti apa, ada bunyi drum, piano, bass dan alat tiup. Semua instrumentasi lebih jelas karena kita ada referensi, pasti ada referensi musik barat. Misal Bebop di New York atau Swing di New Orleans. Karena ada referensi ga ada ketakutan untuk buat musik. Suara gitar dan drum pengen kaya gini ah. Ada kali 300-400an lagu gue di hardisk yang belum direkam secara benar. Tapi di musik di genre gue yang sekarang ini, gabisa kaya gitu karena gue jalan tanpa referensi apapun. Walaupun dengar dari kiri-kanan ada inspirasi tapi ga pernah ada sound yang baku dan pasti yang bisa kita colong sedikit pun. Semua mulai dari nol, trial and error nya gila-gilaan. Gak ada guidebook sama-sekali. Kalau jelek ya jelek aja ulang dari awal. Kalau bagus yaudah itu kepunyaan gue sendiri dan ga ada orang lain yang sound nya kaya gini.
“Album Last Boy Picked kita buat dari nol sampai jadi album selama residensi 3 hari. Tiap hari nya latihan 12 jam.â€
Yang album “Black Shirt Attracts More Feather†lo rekaman di bunker tentara kan ya? Untuk ambil reverb ruangan nya kah? Lalu bagaimana proses recording yang “Last Boy Picked�
Yes bener, itu bunker bekas tempat tentara Belanda ngumpet dari tentara Jepang jaman dulu gitu. Bunkernya tuh panjang banget dan reverb-nya bagus banget. Kalau “Last Boy Picked†itu kita residensi 3 hari di Leitstar Studio Kebon Jeruk, tempat nya teman namanya Dhani Siahaan. Jadi sebuah rumah besar dan ada recording studionya. Kita semua berempat ngumpul disitu, dari pagi jam 10 pagi kita latihan sampai jam 10 malam, tidur, makan, istirahat, mandi segala macam disitu kaya residensi aja. Biar ga mikir apapun dan fokus ke musik. Kita buat dari nol sampai jadi album selama 3 hari. Tiap hari nya latihan 12 jam.
Kalau musik electronic apa lo juga dengar band-band avant-noise dan experimental Jepang?
Banyak sih tapi ga pernah dijadiin referensi atau apapun. Musik noise nya juga banyak denger cuma kan ga terlalu nyaman kalau didengar tiap hari…
Coba tiap hari dengar Merzbow mas..
Hahaha udah gila. Udah pasti nih orang sakit kalau tiap hari dengerin Merzbow. Paling nyaman tuh nonton live nya dari band-band seperti itu. Kerasa power dan adrenaline nya. Energinya kerasa banget.
Words & interview by Aldy Kusumah