Kami sudah melihat gerak-gerik Adit Bosborot dari jaman dulu ketika dia masih tergabung di RNRM (Dulu masih Rock N Roll Mafia), berkecimpung di beberapa brand fashion dan saat dia membuat Keepkeep Musik bersama sahabatnya Michael Lesmana. Kini selain menjadi selector yang selalu hadir di event-event subculture, Adit juga ternyata berkerja dibalik layar untuk menjadi music director di beberapa tempat. Selain memiliki selera musik yang cukup versatile, Adit juga memiliki fashion-sense yang sedikit out-of-the-box. Mari berbincang dengan Adit mengenai tips-tips menjadi selector, brand-brand favoritnya dan juga sedikit mengenang masa-masa RNRM pada saat awal dibentuk…
“Tugas lo sebagai selector adalah membuat orang senang, kasih lah mereka senang, gausah ribet, buat aja mereka senang dengan pilihan lagu lo, maupun itu lagu mainstream pop, atau idealis, blend aja, lama-lama lo juga tau cara buat mereka seneng.â€
Halo Dit! Apa kabar? Akhir-akhir ini lagi sibuk mengerjakan apa saja?
Baik-baik.. Sehat-sehat.. Akhir-akhir ini lebih sibuk jadi music director dan buat event. Lagi konsen di AOM dulu..
Lo juga menjadi music director untuk beberapa tempat. Biasanya apa aja yang lo lakukan sebagai music director dan bagaimana awalnya lo diajak oleh beberapa tempat itu untuk menjadi music director?
Iya sih kalau sekarang. Kan ada beberapa outlet kaya AOM, Yabe Izakaya, Nona Manis dan mungkin nanti (mereka) bakal buka beberapa outlet lagi. Yang gue lakuin sebagai music director sih studi market nya dulu, kaya AOM emang lebih resto dan cocktail bar jadi emang observenya kesana dulu sih baru mikirin vibes-nya mau dibuat seperti apa. Kalo Yabe Izakaya apakah mau dibuat Jepang banget kah, atau misal kalo Nona Manis kan mungkin bisa dibuat lebih mainstream, karena marketnya mainstream dan lokasi di Jalan Braga, jadi emang gimana menjaga suatu tempat biar engga katro aja sih haha.. biar ada standard yang kita set cukup tinggi tapi tetap ga sombong. Dulu juga sempat jadi music director di radio OZ jadi ada bekal untuk setting mood orang dari pagi, kerja, kuliah sampe mau tidur, jadi agak gampang untuk nyeting feelings dan mood.
“Kalau ada konsep yang baru mungkin gue akan mengembalikan Keepkeep seperti dulu. Gue gak butuh greed dari FnB dan bullshit lainnya hahaha..â€
Lo juga salah satu founder Keepkeep Musik. Bisa ceritain awal histori Keepkeep sampai sekarang?
Keepkeep mungkin sudah hampir 7 tahun kali ya. Dari awal memang kita berangkat dari musik, record store ya. Jadi berarti tugas gue dan Michael untuk giving back to community ya bikin gigs di area belakang. Ga melulu tentang records store. Apapun itu yang community based dari skateboard, otomotif dan lain-lain. Tapi semenjak pandemic dan reopen, ya emang kita lebih aktif dulu. Sekarang lagi buat konsep baru dan belum menemukan partner yang cocok. Yang gue kerjain sekarang pun dan yang membuat gue tetap “zen†itu adalah nonton konser atau festival, itu tuh yang ga dilakuin Keepkeep sekarang kayaknya. Gue tuh ga membutuhkan kopi dan FnB sebenarnya di Keepkeep. Visi misi gue agak berseberangan aja sama yang sebelah sana. Jadi gue udah ga nyaman. Gigs terakhir yang gue buat di Keepkeep adalah showcase Efek Rumah Kaca dan itu juga karena gue masih mencoba dengan pihak yang satu lagi. Pengen nya balik ke Keepkeep yang dulu. Kalau ada konsep yang baru mungkin gue akan mengembalikan Keepkeep seperti dulu. Gue gak butuh greed dari FnB dan bullshit lainnya hahaha..
Dulu kalau tidak salah lo juga sempat menjadi personil RNRM saat masih memakai nama Rock N Roll Mafia ya? Lalu sempat menjadi managernya juga? Bagaimana keterlibatan lo dengan RNRM dari dulu sampai sekarang?
Dulu RNRM memang konsepnya mafia, berbondong-bondong seperti hyena. Jadi emang based nya dirumah Hendra di Sarijadi, semua alat-alat dari groovebox, sampler, synth ada di situ. Gue dulu sempat minta kado ultah pas SMA turntable dan coba-coba groovebox juga. Waktu di Batukaras pertama kali kita main ditanya panitia nama band nya apa ya Rock N Roll mafia disitu kita bikin mendadak. Terbentuknya emang organik, album pertama main nya rembukan, dulu sempat cover Underworld, Primal Scream, dan personil-personil sih kita konsepnya jamming kali ya. Hendra bikin bagan, Imot dan Gerry ngisi jadinya ya kaya gitu aja. Bocah-bocah sok ngerti elektronik aja dulu. Abis itu mulai tau ngeband itu seperti ini.
Pas album “Outbox†udah tau skill gue ga sehebat yg lain, yaudah gue jadi manager disitu sampe album “Prodigalâ€. Album pertama dirilis Groove Recordings, kedua sama Ffwd Records dan ketiga sama Organic Music. Manage RNRM dari jaman rave party Bandung masih jaya, sampe era Jakarta Movement, Embassy Playground. Sebelum DWP sih ya yang masih relate. Electronic scene nya masih asik ya, Chicane masih ke Jakarta. Itu scene rave yang masih relate sama kita. Lalu masuk Ekky dan RNRM menjadi lebih pop dan new wave. Sekarang sih apa ya, kalau disebut keluarga terlalu cliche, tapi udah ga bisa seaktif dulu, ngeband juga kita bukan Maliq & D’essentials, bukan main job nya. Beberapa orang doesn’t pay the bills with RNRM mungkin hahaha… Jadi lebih ke garap materi masing-masing dan disatuin, dijahit dan jamming. Udah beda kota, udah pada nikah, ada yang udah nikah lagi. Jadi keterlibatan gue sih selama konteks nya gue bisa bantu ya gue bantu RNRM sih. Referensi juga udah beda-beda, itu PR besarnya. Gue sih pengen nya balik lagi se-raw dulu kaya Chemical Brothers. Karena kita bisa dibilang salah satu, bukan pioneer ya, tapi salah satu yang memulai main elektronik di Indonesia, harusnya terserah kita, Anak-anak generasi baru mau ga mau harus look up ke kita. Either lo suka ato engga. Gue ga bilang kita bagus cuma harusnya gak usah ngikutin scene elektronik yang sekarang sih. Gatau sih itu cuma pandangan gue aja.
Program AOM Sundown sangat menarik dengan mendatangkan WSATCC, Diskoria sampai Jamie Aditya. Konsep dan kurasi apa yang lo terapkan di AOM Sundown?
Terima Kasih hehe. Dulu sebenarnya garap AOM itu se-simple apa yang gue lakuin di Keepkeep sih. Emang itu playground gue sih. Kalau di Keepkeep gue undang White Shoes, Krowbar, Fariz RM, Polyester Embassy.. Itu kurang lebih sama kaya elu lah Tang, elu juga punya kewajiban. Sama kaya Grimloc lah cuma Grimloc kan lebih high standard dan underground haha. Gue pengen kaya gitu juga cuma ga mungkin ya kalau di AOM kan resto dan cocktail bar haha. List kurasi sebenernya udah banyak dan pengen ngasih tau banyak kok yang kece-kece, pernah kece atau akan kece. Baru 4-5 kali kita bikin AOM Sundown tuh. Kurasi nya sih segampang apa yg menurut kita bagus.
Kadang nemu band baru secara random kaya misal gue menemukan Jangar di Custom War Bali. Ngobrol berteman tapi ga mungkin juga gw taro di AOM, tapi kalau di Keepkeep bisa. Kalau di AOM mungkin lebih intimate aja, cuma mungkin agak intimidating tempatnya sedikit fancy. Cuma ga sama sekali kok, semua juga naik kursi, naikin air mancurnya. Lo di AOM nge DJ juga ga harus nge mix juga, asal pilihan lagunya bagus dan bisa jadi selector yang asik. Konsepnya sih sesimple asal performanya bagus dan cocok sama tempatnya. Kita selalu ngasih tau limited space. Lo beli cocktail dan lo bs liat musik intimate session yang asik. Kemaren terakhir BAP dan Batavia Collective. Udah banyak yang dikeceng, nanti mungkin ada juga White Chorus dan lain-lain juga.
Album-album yang akhir-akhir ini nyangkut di telinga lo apa aja?
Anjir gue sebenernya ga denger band-band baru haha. Gue cuma ke hook si Tujiko Noriko yang album “Crepuscule I & IIâ€. The Smile gatau 2023 bukan? Haha.. Sama boygenius. Itu aja yang gue dengerin terus-terusan. Mungkin ga semua yang gue sebut itu rilisan 2023 tapi ini yang gue denger akhir-akhir ini. Yang lokal paling Collapse yang kemarin yang ada “Rute Menuju Ivoryâ€, Leipzig yang album baru sama Asylum Uniform. 3 band ini ngelakuin semuanya dengan benar, gimmick, video klip dan perform-nya semua dipikirin dan tidak pretensius. Boygenius gampang aja buat telinga gue, dan mereka emang superband. Oh iya satu lagi White Chorus yang “Limboâ€. Sedikit UK Garage seperti NewJeans jadi gue suka haha..
Dulu juga lo sempat berkerja di industri fashion. Beberapa brand lokal dan luar yang lo sukai apa saja?
Iya gue dulu sempet di 16 Dscale dan Anti Sweden. Kalau brand lokal yang gue suka dan gue pake Ican Harem, La Creme dan Moral. Kalau brand luar Comme des Garcons dan Yohji Yamamoto karena mungkin mata gue terbuka gara-gara mereka. Kalau di Jepang gue bisa pake apa aja kaya rok, kalau disini di judge hahaha, jadi curhat anyengg.. Gue kurang suka brand yang naro brand di tees nya. Gue suka yang polos-polos, cuttingan, layers dan siluet. Jadi yang gue pake paling Vearst karena cutting dan siluetnya bagus. Maternal juga jaket kulitnya sangat bagus. Sebenernya pake apa aja asal siluet nya bagus dan cocok di gue.
Problem nya cuttingan sih kl gue tuh. Siluet tiap orang tuh kan beda-beda. Gue belum nemu produk lokal yang pas kalau buat celana, karena gue suka drop crotch kaya Rick Owens. Gue diajarin sama senpai gue di Jepang katanya lu gak apa-apa kelihatan lebih fashionable dari customer selama respectnya tetep dijaga. Jadi dress to impress itu gapapa, kalau lo berpakaian bagus ya udah menghormati sekitar lo juga. Kalau sepatu sih Compass. Urusan gue dengan sneakers selesai setelah menemukan Compass. Siluetnya si Velocity gue bantu test harian naik motor jalan lari nge-gym. Dan compass Velocity ini sangat compact, bisa gue pake fitness, ke konser sampe Jakarta fashion week, Joyland sampe disko. Gue udah ga perlu beli yang lain kalau untuk sneakers. Anyeng kaya pesan sponsor gini haha. Sisanya kaos polos gue tuh Merchons beli di Tokopedia haha. Kalau umur udah 50-60 mungkin pake Standard Denim. PMP dan Bastards of Young gue juga pake yang simple-simplenya haha..
Top 5 Fashion item wajib lo apa aja?
Mungkin since gue bolor kacamata gue harus stand out. Gue pake bowler hat, pork pie hat, barrette hat. Jaket kulit itu penting. Mungkin jaket gue pake buat intro aja pas duduk dilepas haha. Handbag harus, gue sih lagi hustling buat beli mens handbag walaupun itu Celine, Yves Saint Laurent atau LV. Itu juga berfungsi kaya intro jadinya. Atau tote bag brand sendiri. Yang penting satu lagi ya sepatu lo sih.
Sebagai seorang selector, apakah lo menyesuaikan lagu dengan tema acara dan crowd atau lo lebih cuek saja memutarkan lagu favorit lo?
Kalau nyesuain dengan acara udah pasti dan ngeliat juga lo diundang ke acara apa. Crowd juga pasti. Cuma yang paling esensial menjadi selector itu lo diundang di acara itu untuk bersenang-senang jadi gausah pengen terlihat sok keren dengan pilihan lagu lu yang berbeda. Yang penting sih seisi ruangan itu seneng. At the end of the day orang bakal ngundang lo karena mereka tau lo bisa bikin orang seneng. Kalau memutar lagu favorit dan memaksakan itu di playlist gue selalu ada momen-nya tapi harus pas timing-nya. Tugas lo sebagai selector adalah membuat orang senang, kasih lah mereka senang, gausah ribet, buat aja mereka senang dengan pilihan lagu lo, maupun itu lagu mainstream pop, atau idealis, blend aja, lama-lama lo juga tau cara buat mereka seneng.
Words & interview by Aldy Kusumah