Bersama Pas Band dan Puppen, Pure Saturday adalah salah satu pionir band sidestream yang merilis albumnya secara independen. Energi mereka untuk bergerilya dan membuat musik yang mereka sukai terasa sampai sekarang mereka sudah berkarya selama 29 tahun. Mari berbincang bersama Iyo, Ade dan Arief “Toep†mengenai single terbaru mereka, kolaborasi degnan Burgerkill dan mitos pedalboard Arief yang dari tahun 1994 sampai sekarang konon tidak berubah.
“Kalau ada yang berpikiran main band itu harus punya visi-misi ya silahkan bikin PT aja! Hahahaâ€
Single “Fleeting Away†yang baru kalian rilis ini tentang apa tema liriknya?
Ade: Jadi si Fleeting itu kan pengertian nya sekilas, away nya cuma emphasize aja, penekanan aja. Lagu ini tentang mengingat sekilas tentang apa aja, gak cuma masa kecil aja. Ada 2 momen: Cerita sekilas tentang yang sudah lewat dan juga tentang hari ini dan kedepan nya, pas lirik “Another ship comes inâ€.
Iyo: Iya gitu hahaha. Band nya aja udah 30 tahun ini Tang, jadi apa yang kita semua udah lewatin, kerjakan dan kontribusi sayang kalau cuma lewat doang. Ini sebenarnya bukan buat band aja sih, untuk segala macam. Faktor “U†juga kali ya. Sampai sini juga semua ini adalah yang harus kita nikmatin dan syukurin, berlaku buat semua orang sebenarnya bukan cuma buat band ini doang.
Arief: Ya garis besarnya sih sama aja ya Ade. Apa yang udah kita lewatin bisa kita tuangkan di lirik lagu itu. Kata Iyo tadi selama 30 tahun kita berkarya ada pasang-surut, susah-senang dan semua proses itu kita nikmati. Jadinya bukan buat cerminan kedepan, tapi kalau menurut saya cuma bercerita mengenai masa-masa itu. Kilas balik.
Apakah ada rencana untuk memfollow up single “Fleeting Away†dengan album? Atau EP mungkin?
Arief: Kalau pembicaraan terakhir sih ya mau ngeluarin beberapa single dulu, jadi belum ada obrolan yang lebih jauh dari itu.
Ade: Mungkin kalau single nya udah keluar 10 kita jadiin album, atau EP-EP. Sekarang sih single aja dulu lah..
Apa bahasa pernah menjadi halangan untuk kalian membuat lagu? PS sepertinya terlihat effortless membuat lagu dalam bahasa Indonesia dan Inggris..
Arief: Album pertama hampir 80% pake bahasa Inggris dan sisanya Indonesia. Kunaon nya?
Ade: Biar keren aja dulu mah haha. Buat saya pribadi cari perbendaharaan bahasa Indonesia buat si PS mayan susah. Buat saya pribadi susah bikin lirik bahasa Indonesia. Apalagi sekarang banyak band-band folk senja kayaknya gampang gitu bikin lirik Indonesia. Dulu mikirnya gimana ya bikin lirik Indonesia tapi ga umum. Mau ga mau perbandingan lirik bahasa Indonesia kan dulu sama band-band yang liriknya menye-menye..
Iyo: Sayangku.. “Getek†bahasa barudak nya sih..
Arief: Padahal belum tentu bahasa Inggris kita dulu itu benar juga haha..
Iyo: Dulu malah pernah di protes orang Australia, si Platon (Sutradara) sampe bilang “lo pake bahasa ibu lo dongâ€. Ketika kita mendengar band-band ‘90an kan liriknya manis semua. Lagu lama yang gue suka liriknya tuh Keenan Nasution yang “Nuansa Beningâ€. Nah itu liriknya bagus banget dan memakai bahasa baku. Referensi saya juga banyaknya lagu berbahasa Inggris. Dinyanyikan enak bahasa Inggris, pas saya coba artikan malah “getekâ€. The SIGIT juga sama masalahnya, jadi bertahan pake bahasa Inggris. Karena referensi aja sih kayaknya. Pas album kedua PS (“Utopiaâ€) sepertinya anak-anak PS sudah menemukan jalan keluar dari hambatan lirik berbahasa Indonesia tersebut. “Coklat†dan “Kosong†juga bahasanya ga cheesy. Rambunya sih kalau di kita kalau bikin lirik yang “getek†yaudah ganti hahaha..
Arief: Kalau menurut kita sih ya itu tadi, kita sendiri yang membuat batasan dan rambu-rambu nya. Mungkin menurut kita liriknya cheesy menurut orang lain bagus. Di album kedua kita balik 80% liriknya bahasa Indonesia, tidak seperti album pertama. Sekarang sih ga dikonsep kalau bikin album harus bahasa apa atau gimana, ya mengalir aja.
Ade: Untuk beberapa single yang berdekatan dengan “Fleeting Away†ini ada beberapa lagu yang saya bikin berlirik Indonesia dan juga Inggris. Cuma kebetulan aja yang jadi duluan yang Inggris. Baru ada obrolan gimana kalau single berikutnya yang Indonesia misalnya. Single sekarang aja jadi setelah 5-7 tahun. Kebayang kalau harus bikin album 10 lagu, 70 tahun mungkin baru beres hahaha..
Menurut mitos, pedalboard Arief “Toep†dari awal PS ngeband sampai sekarang ga berubah-ubah, apa itu benar?
Arief: Bukan pedalboard nya, lebih tepatnya sih si efek Boss ME-8 nya. Justru di album pertama saya ga pake efek sama sekali, yang ada aja disitu hahaha.. Baru punya efek sendiri tuh di album kedua, si Boss ME-8 multi-effects itu.
Iyo: Oh nu suara wah-wah itu?
Arief: Iya. Sebenernya udah males bawa efek itu, soalnya ga semua lagu kepake. Ada lagu “Labirin†yang intronya saya isi ternyata pake efek lain gak dapet, harus pake si ME-8 itu. Efek itu teh udah sempat hilang. Saya beli lagi. Saya pernah beli pedal Boss Dynamic Wah dan Auto-Wah ternyata gak dapet juga pake efek itu. Terus pernah coba ME-50 dan ME-80, ternyata ga dapet. Akhirnya beli lagi si ME-8 jadul itu yang dipake sampe sekarang. Makin kesini tuh saya makin males bawa banyak-banyak, saya pernah bawa pedalboard gede pisan ternyata repot dan kalau manggung pake pedaltrain itu ngabisin tempat di panggung. Makin kesini saya kurangin pedalnya. Sesuai kebutuhan aja.
Album PS favorit masing-masing personil?
Ade: Album PS favorit saya mah “Greyâ€. Orang bilang album itu progresif padahal cuma karena 2 lagu itu aja, padahal lagu lainnya ga progresif. Saya sih suka album itu karena hampir semua karakter PS dari album sebelumnya ada di situ. Semacam album “alter ego†nya si PS, mau bikin yang kayak gimana hayu. Idealnya buat PS sih bikin album ya seperti itu, ada yang digambar pake DAW Fruity Loops, ada yang ngejam dan ada juga yang dibikin di studio. Lengkaplah lagu Indonesia ada, lagu bahasa Inggris ada, dan tentunya ada almarhum mas Yockie Suryo Prayogo disitu.
Iyo: Saya sih suka album kompilasi PS yang dicover band-band lain hahaha! Aralus eta bener. Seneng aja danger respon band-band lain ke lagu-lagu PS. Dan hasilnya bagus-bagus. Yang ada band lu juga kan? Lagu-lagu PS sih udah beres kan. Ternyata ada level selanjutnya, kan beda pemikiran dan treatment tiap band gak keotakan aja sama gue mah aransmen kaya gitu haha.
Arief: Nanya ka urang mah mending album nu dibenci weh hahaha! “Time For A Changeâ€. Karena lagu-lagu lama direkam ulang…
Ade: Royalty na teu cair-cair nepi ayeuna hahaha..
Arief: Bukan dibenci sih, cuma menurut saya konsepnya paling ga jelas. Kita terjebak romantismenya dulu. Pas jadi eh kok gini? Secara finansial ga ada. Orang juga pasti membandingkan lagu PS lama dengan yang direkam ulang, bukannya saya kebawa opini orang lai, tapi saya juga menilai album itu gagal, kecuali 2 lagu baru yang “Pagi†dan “Spokenâ€. Sisanya sih yang rekam ulang gak dapet aja spiritnya.
Ade: Terlepas dari “Spoken†dan “Pagi†album itu memang sedikit blunder ya. Di satu sisi ada bagusnya juga ada album itu, jadi pendengar gausah mencari materi yang lama, bisa denger yang versi itu di Youtube atau Spotify. Absurd haha..
Hmm.. Lalu lagu PS favorit masing-masing personil apa aja?
Iyo: Hese kieu pertanyaan na..
Ade: Favorit teh ada yang favorit didengar atau dimainin kan ya..
Arief: Kalau favorit dimainin buat saya sih masih tetap yang â€Labirinâ€.
Ade: Random yah, gimana momennya. Kadang-kadang latihan nih mau bawain lagu apa? Tiba-tiba nyobain bawain “Belatiâ€. Sekarang lagi senang banget saya bawain dan dengerin “Belatiâ€. Lagu itu udah lama banget ga dibawakan live. Beberapa kali manggung terakhir dibawakan kok enak? Padahal lagunya ga jelas. Mungkin baru sekarang baru nemu enaknya haha. Jujur di PS ada beberapa lagu yang pas dibawain ga enak ternyata pas didengar lagi oh ternyata salah chord nya hahaha..
Arief: Bener yah pas kemaren latihan dibawain enak. Siga ngagerung-gerung motor lagu na hahaha..
Iyo: Kalau saya sih “Mereka†hahaha. Karena anjing.. ngeselin laguya. Maneh dengekeun weh engke lagu “Mereka†dari album “Eloraâ€. Coba bawain juga tuh lagu hahaha. Sampai kita-kita aja ga bisa-bisa bawain nya. Pas udah bisa juga tetep ga enak. Ah rudet lah pokokna mah lagu itu..
Time signature gitar dan vokalnya juga terdengar tricky ya di lagu “Mereka†ini..
Ade: Ah pokoknya ini lagunya cenderung bikin panas pas latihan. Resiko sih lagu itu bisa bikin pasea pas latihan hahaha.. Jadi harus mood nya bagus baru bisa dibawakan..
Arief: Di lagu ini kita didikte oleh teknologi. Jadi ini adalah salah satu lagu yang digambar dulu di DAW Fruity Loops. Kita nyontek dari hasil gambar itu, kan digambar sih tinggal digeser-geser, pas dimainkan ternyata rumit hahaha..
Ade: Pas ngerjain lagu ini si PS lagi horny-horny nya ngerjain lagu pakai komputer. Si Ade-Udi lagi seneng-senengnya ngegambar lagu. Mereka produktivitasnya tinggi pisan dan kerumitan nya gak disaring haha. Hampir 70% materi di album “Elora†digambar walaupun ga utuh semuanya. Materi 50% tinggal kita kembangkan. Ternyata sulit mengembangkan nya karena cenderung kaku seperti vokal yang tanpa sustain dan lain-lain. Album ketiga itu begitu prosesnya, itu album pertama Iyo masuk. Nah di album “Grey†kita udah nemu pola nya, kaya ngegambar lagu cuma 30% maksimal, kesana nya dikembangkan sendiri.
Iyo: Si lagu “Mereka†itu tuh tight banget untuk gue sih, ya buat PS juga lumayan tight. Kaya gabungan musik prog, metal dan pop. Ada double-pedal segala, rudet lah itu lagu hahaha..
Setelah ngeband selama 29 tahun, apa aja sih yang belum kesampaian buat si PS? Atau kalian lebih mengalir saja?
Ade: Loba sih sebenarnya sih yang belum kacumponanâ€. Atau sudah semua kali ya? Hahaha.. Ya mungkin segampang berangan-angan pengen tour diluar. Pernah tapi cuma kunjungan. Eh tapi tour di Indonesia aja belum ya? Hahaha..
Arief: Can beunghar oge sih hahaha..
Ade: Kalau umur band nya udah hampir 30 tahun sih agak sangsi juga bakal kaya hahahah..
Iyo: Moal hahaha..
Arief: Tapi saya pernah ngobrol sama anak-anak lain juga sih, kalau di jalur seperti kita ini ya harus siap-siap aja kalau cuma gini-gini aja. Tinggal kita harus memilih mau tetap di jalur ini aja atau gimana? Harus siap. Tapi ya memang kalau dari segi finansial sih ya memang belum.
Kalau dari segi artistik sudah tercapai semua?
Ade: Ya pengen rekaman yang proper dengan standar band luar. Mungkin kaya Sting album “Ten Summoner’s Taleâ€. Nyewa kastil misalnya untuk rekaman..
Iyo: Udah sih tapi level sewa villa di Puncak aja pas sama si Burgerkill..
Arief: Itu mah tapi cuma proses kreatif dan workshop bikin lagu bareng aja, bukan recording. Banyak sih yang belum tercapai, saking banyaknya yang belum tercapai jadi paroho deui haha..
Ade: Jadinya ya fokus kita sekarang “kita bikin lagu baru aja yuk?â€. Yuk.
Kan dulu si PS pernah workshop bareng Burgerkill untuk kolaborasi bikin beberapa lagu bareng. Bahkan sampai sewa villa di Subang untuk beberapa hari. Proyek itu gimana kelanjutannya? Apakah pengen diterusin?
Iyo: Mana sih itu master file nya? Ada 5 lagu kalau ga salah, cuma ga tau itu masternya kemana. Ditelan bumi..
Ade: Kalau pengen diterusin sih ya pengen-pengen aja terlepas dari sekarang kan Eben udah engga ada. Ya intinya harus ngobrol lagi si PS dan BK. Terakhir pernah ngobrol sama almarhum Eben mau nerusin proyek ini “ayo urang teruskeun ieu lebarâ€, Eben pengen ngobrol lagi setelah dia ngerjain collab Godbless atau Dewa. Jadi kita latihan dan direkam. Lalu di backup ke CD. Ada 7 track kalau gak salah tapi ada beberapa track yang sama.
Iyo: Lagu yang Eben nyanyi ada? Bisa di convert ke mp3 kan?
Ade: Ada udah di backup ke komputer.
Iyo: Nah boleh deh nanti kita denger lagi dan obrolin..
Arief: Wah saya sih mau pisan nerusin…
Ade: Yang pasti sih secara musik ada karakter si Burgerkill dan PS nya. Kalau pas kita bikin itu di tahun 2008 mungkin belum banyak yang musiknya seperti itu, cuma mungkin kalau sekarang sih mungkin banyak ya yang seperti ini. Saya sih dengan sangat senang hati pengen nerusin ini. Temen-temen BK juga pengen nerusin ini, almarhum Eben juga. Cuma kan sekarang formasi PS udah beda udah ga ada Adi-Udi, dan si BK juga dulu pas di Subang ada Eben, Vicky dan Abah Andris. Memang harus dirembukin lagi soal proyek ini. Cuma terakhir Kimung yang menemukan dokumentasi visual nya. Eben kan rajin tuh arsip dan dokumentasinya tertib pisan. Rekaman demo pas latihan ada udah saya selamatkan dari CD disimpan di Soundcloud, dan dikasih ke temen-temen BK juga.. Intinya semenjak pulang dari Subang itu kita belum pernah ngobrol lagi bareng Burgerkill kelanjutan proyeknya mau gimana.
Definisi Pure Saturday untuk masing-masing personil? Hari sabtu yang seperti apakah itu?
Ade: Hari sabtu yang bisa mengisi saldo hahaha! Keluar dari rumah mo ngapain hari sabtu kalau nggak manggung? Untuk apa ke Jakarta kemaren nonton Mr. Big kalau engga sekalian manggung di event yang sama dengan mereka.
Iyo: Definisinya mungkin ya band untuk wisata weekend. Kalau saya pribadi sih hari sabtu yang sempurna adalah memancing..
Arief: Kalau misalnya dulu sih nama PS nya itu dari ngumpul tiap hari sabtu. Kalau sekarang sih ya jadi sebuah band aja yang mudah-mudahan bisa menghasilkan. Mau hari Sabtu atau Minggu juga kita ngeband.
Iyo: Jadi kaya udah bagian dari agenda kehidupan. Jadi kalau ada yang nanya ini band mau dibawa kemana harus gini harus gitu, emang harus gitu? Kalau ditanya prioritas ya ini band prioritas. Tapi kita udah lewat masa-masa itu, jadi enggak ngoyo aja..
Ade: Ya masa-masa itu udah selesai. Kaya rilis single juga “perlu ga sih kita rilis single lagi? Atau manggung aja?†Tapi kalau dipikir-pikir selama band nya masih ada dan masih bisa berkarya yaudah bikin lagu aja. Mau orang suka atau engga yaudah. Kita udah melewati fase yang “yuk kita mau bikin lagu yang gimana nih sekarang?†atau survey dulu market.. Bahh! Pusing lah! Urang nyieun lagu kalau mau denger dengerin, kalau engga yaudah. “Kok lagunya kaya gini?†Yaudah banyak band lain yang bagus denger aja yang lain hahaha..
Iyo: Kita musisi emang ya? Teuing. Si Toep kerja di bank. Bankir dan kolektor. Bangtor haha. Kalau Ade mungkin musisi full-time ya hampir tiap weekend biasanya manggung. Kalau saya sama Toep kan musisi bukan.. Punya band iya hahaha..
Ade: Urang musisi ge sisi teuing hahaha! Maneh musisi tapi ngagugulung bakar lauk! Hahaha! Jadi mau dibawa kemana? Ya jadi bagian dari hidup aja. Menghasilkan? Harus kalau sekarang mah. Kan isi dari lagu “Fleeting Away†itu ya membahas ini. Dulu ada masa nya kita dapet duit dari ngeband belanja, dipake nakal atau main. Kalau sekarang ada setoran, ada kewajiban lain-lain. Ada momen kaya “ngapain pergi dari malam pulang pagi kalau dapet nya cuma segini?†Ngapain ahaha.. Kalau ada yang berpikiran main band itu harus punya visi-misi ya mangga bikin PT aja! Hahaha.. Kita mah berkarya aja lah, bikin musik ajalah.
Words, interview and photos by Aldy Kusumah