This dude needs no introduction. Dendy Darman adalah salah satu pionir dari masa-masa keemasan brand fashion lokal yang sudah membangun brand 347 dari tahun 1996. Mari berbincang dengan Dendy mengenai budaya diskon, Nyi Roro Kidul, dan koleksi Jenglot..
“Kita punya pengalaman, dan mereka (generasi muda) punya energi. Kalau digabung keren banget.â€
Den! Apakabar 347 sekarang? Lagi banyak collab ya?
Lagi banyak collab supaya bisa gabung lagi sama darah muda. Soalnya kan dulu juga gue tuh banyak energi di masa itu, masa muda. Karyawan 347 sekarang regenerasi juga, karyawan nya anak-anak sekarang. Energi nya pasti lebih banyak. Lo juga dulu pas di jaman Ripple kan masih seumuran anak-anak generasi sekarang jadi banyak energi. Kalau seumuran gua kan udah banyak aspek lain kaya keluarga dan lain-lain.
Gue liat kemaren lo sempat juga collab sama White Chorus, Bleu House dan Couch Club ya?
Sebenarnya pas 3 band itu bikin satu musi bareng-bareng. Pengen nyambungin generasi aja sih sebenernya, jauh banget kan generasinya. Mereka appreciate sama kita dan kita juga appreciate sama mereka. Sekarang harus jalan lagi yang kaya gitu soalnya energi itu dapet dari banyak ketemu-ketemu orang, bikin sesuatu bareng, beredar lagi. Kita punya pengalaman, dan mereka punya energi. Kalau digabung keren banget.
Kemarin collab lo sama Compass yang 25 sepatu seru juga ya. Ada yang pakai lukisan Nyi Roro Kidul-nya Basuki Abdullah?
Iya! Itu collab nya dibikin se-organik mungkin. Mereka sampai effort bikin 25 sepatu untuk 25 tahun umur 347. Padahal biasanya mereka bikin satu model itu 1000 pcs, kemarin 1 varian nya cuma 100 pcs dibikin terbatas. Yang 24 itu dari archives lama, tapi 1 design itu bener-bener discuss dan akhirnya keluar yang Nyi Roro Kidul. Dia dikeluarin terakhir, setelah siangnya rilis yang 24 model, malam nya rilis yang Nyi Roro Kidul.
Tapi yang design Nyi Roro Kidul itu ga boleh dipake kan sepatu nya?
Ga boleh! Ceritanya panjang itu. Kita pengen tidak ada yang disakiti lah. Masa sih diinjak jadi sepatu, sebenarnya konteksnya bukan itu juga. Lukisan nya aja diambil dari Basuki Abdullah, jadi kita beli royalty lukisannya untuk dipakai di desain sepatu. Awalnya kita pengen setiap sepatu Nyai Roro Kidul itu box nya digembok, jadi kalau orang beli ga bisa dibuka karena kunci nya kita simpan di kantor kita ga dikasih ke pembeli hehehe. Tapi teknis nya susah banget. Kalau Compass tuh retail era sekarang, gue juga menyaksikan kalau mereka menjual barang itu ga sampai 10 menit. Gue takjub aja betapa majunya informasi sekarang bisa seperti itu jualan nya. Jaman gue dulu tuh udah berubah banget sama jaman sekarang, Tang. Budaya nya udah beda. Lo bayangin kita dulu bikin baju, abis bikin butuh berapa bulan untuk orang tau, sekarang cuma butuh berapa menit untuk menghabiskan. Gila sih. Salutlah sama anak-anak sekarang.
“Lo bayangin kita dulu bikin baju, abis bikin butuh berapa bulan untuk orang tau, sekarang cuma butuh berapa menit untuk menghabiskan.â€
Pendapat lo mengenai trend marketing diskon gimana?
Sebenarnya ini cuma trend nya saja, dan kenyataan nya sudah terjadi. Gue aja sekarang mikir harus ikut gitu? Kalau enggak kan kita jadi closeminded gitu. Tapi kalau gue sih mikir mungkin pada akhirnya akan kembali pada track nya. Nah sekarang ga tau tuh siapa yang jadi leader nya tuh yang gitu-gitu hehehe.. Mereka memang bikin jalur baru dan akhirnya jadi budaya baru di industri retail. Harus diakui bahwa market leader nya seperti itu. Ya kita ikuti saja dulu, tapi gue juga punya cita-cita untuk mengembalikan trend nya kembali seperti dulu. Trend diskon ini sementara, hanya karena dibikin hype.
Dan bahkan sudah ada sebutan seperti “generasi diskon†ya di budaya retail sekarang..
Tapi ada beberapa orang juga yang beli barang karena memang suka dan ga ngejar diskon. Ini cuma dampak dari sosial media aja. Pada prinsipnya gue sih tetap aja bikin design dan produk yang bagus. Walaupun gue mau diskon juga, kalau design nya datang dari studio gue ya gapapa. Wayahna weh harga nya sekarang dibalikin lagi ke tahun 2000 hahaha..
“Walaupun gue mau diskon juga, kalau design nya datang dari studio gue ya gapapa. Harga nya sekarang dibalikin lagi ke tahun 2000 hahaha. (Padahal) Kita dari dulu bikin harga pelan-pelan naik “
Iya nih Den, harga kaos diskon sekarang kaya balik ke harga tahun 2000an lagi ya..
Agak kacau sih sebenarnya. Kita dari dulu bikin harga pelan-pelan naik. Anggap aja ini hiburan buat customer. Customer lah yang sekarang ini diuntungkan. Yang ga boleh di gue itu kalau gue bikin sesuatu karena barang model tersebut lagi laku, kecuali kalau gue memang suka trend yang lagi laku itu. Mungkin 7 tahun yang lalu gue itu udah engga ada di management unkl. Gara-gara social media ini gue juga udah 2-3 tahun ini jadi director nya lagi. Karena menurut gua ini bahaya, ini masa-masa krusial. Kalau salah gaul, ato apa.. Ke kiri ke kanan nya harus hati-hati lah. Makanya gue ada lagi. Analogi nya kalau di industri musik, karena Aldy tuh di musik, mungkin lo harus ikutin jalur bagaimana major label menyebarkan lagu nya, tapi lagu lo tetap lo yang bikin dan ideal buat lo. Yang pasti sih secara dibuat nya harus idealis, tapi cara penjualan nya adaptasi aja. Gue ga bisa idealis kalau jual barang, tapi kalau bikin barang gue bisa idealis. Pada prinsipnya buat gue sih barang nya idealis. Buat gue konteks itu masih on track lah, ga sakit hati banget. Ga jual diri lah hehehe..
Lo juga jual pernak-pernik di DFO store ya?
Ini salah satu hiburan gue juga sih. Mungkin gue tuh harus cari hiburan untuk membayar toleransi gue. DFO store tuh design sendiri, retail sendiri, kalau ada yang suka beli, kalau enggak ya gak papa juga. Itu obatnya hahaha. Ekspektasi gue dulu pas membangun 347 itu mungkin terlalu ideal, tapi di perjalanan nya gue harus toleransi dan adaptasi. Jadi gue harus punya obat. Iya kan? Harus banyak obat nya, kalau habis tinggal makan setengah, jangan sampai kosong hehehe..
Kalau Dendy & Darman Studio (DDS) sekarang lagi ngerjain apa aja nih, Den?
Banyaknya resort, dan mau lebih fokus ke rumah-rumah kecil. Gue cita-cita awalnya bikin DDS ini kan untuk bikin rumah buat teman-teman gue yang tadinya ga kepikiran untuk punya rumah. Lo pasti bisa punya rumah, berapa lo dapet sebulan nih. Rumahnya gausah gede-gede. Concern kedepan nya mo kesana sih. Sekarang sih lagi bikin project resort dan rumah pribadi. Soalnya untuk bikin stock rumah-rumah kecil gitu kita harus nabung dulu. Sebenarnya pengen bikin kawasan aja sih. Gue kan besar di lingkungan yang banyak anak-anak kreatif, tapi mereka kadang punya penghasilan tapi gatau mengolah uang nya. Jadi kaya berat banget untuk punya rumah padahal itu bisa direalisasikan dengan berbagai cara.
Btw kenapa DDS pake logo The Cramps sih Den? Lo suka banget The Cramps atau gimana?
Itu iconic aja sih logonya. DDS kan awalnya kan organik. Gue itu bukan arsitek tapi seniman grafis. Cita-cita gue itu suatu hari nanti kalau DDS besar akan pameran arsitek. Nanti pas kita masuk poster pameran arsitek dan logo kita bakal masuk, nanti yang bikin posternya akan bete “anjing ini log apaan sih” hahaha. Sebenarnya cuma itu goal gue pake logo The Cramps. Kaya pas lo design poster pameran, pasti ada kan yang “kenapa logo ini harus masuk ya†hahaha.. Akan gue challenge semua designer-designer dunia dengan logo gue yang akan mengganggu Biennale lo hahaha..
Pertanyaan terakhir nih: Koleksi Jenglot lo udah nambah belum?
Ohh nambah dong. Bukan Jenglot lagi tenang nanti bakal ada yang baru. Nanti bentar lagi gue posting kalau Jenglot dan teman-teman nya udah pada dateng. Jenglot kan buat pemula buat gua. Jenglot itu ga akan bagus kalau di sebelahnya ga ada Keyboard Roland Juno-60. Kalau Jenglot di sebelahnya ada Roland Jupiter 8 beda ceritanya.
Words & interview by Aldy Kusumah
Photos take from Unk347’s archive