Arend adalah owner/creative director dari Woodensun, sebuah brand yang berbasis di Bandung. Dia juga salah satu founder dari High Tables, sebuah perusahaan screenprinting dan embroidery. Baru-baru ini Arend juga sempat mendesain untuk koleksi terbaru dari Elder Statesman, sebuah brand luxury dari Los Angeles. Mari berbincang dengan Arend mengenai passion-nya dalam mendevelop fabric terbaik, menjual di pasar global sampai bertemu Bobby Cool Superman is Dead…
“Kalau misalnya culture bootleg ini terus berkembang dari designer, orang produksi, R&D, penjual-penjual di Tamin sampai tempat produksi ga akan dapet rejeki. Sesimpel itu aja sih gue mikirnya. Banyak profesi yang hilang kalau gue harus dagang seperti itu. Walaupun gue dengar dagangnya bagus, tapi tidak menggiurkan buat gue. Duit mah hanya sekedar kertas.â€
Halo Arend! Apa kabar? Sedang sibuk mengerjakan apa saja sekarang di Woodensun?
Lagi sibuk persiapan design SS25, dan SS24 mau launching bulan Maret. Placing-placing order buat SS24 sih paling sekarang-sekarang..
Lo juga baru-baru ini mendesain koleksi terbaru nya Elder Statesman FW24 ya? Bagaimana cerita dibalik kolaborasi tersebut dan design apa yang lo terapkan di koleksi itu?
Si Bailey Hunter creative director Elder Statesman via DM dan nawarin gue untuk ngerjain project FW24 nya. Mereka kontak gue November tahun 2023, pengerjaan tuh sampe Januari soalnya Februari sudah harus photoshoot, jadi gue ngerjain sekitar 2 bulan dari design produk, grafis sama konsep judul untuk FW24 nya, cuma ada beberapa artist yang ikut andil untuk fotonya, bagus banget kan tuh fotonya.
Jadi collection ini tuh pengen ngangkat orang-orang kantoran alias hustler yang mimpi-mimpinya terbunuh karena kerjaan 9 to 5 mereka. Gue tetep memakai DNA gue lah membahas psychedelic dan alien cuma diterapkan ke konsep hustling mereka. Mereka juga pengen gue tetep menonjolkan karakter gue. Gue banyak banget kirim gambar, kirim 12 gambar yang dipakai cuma 6. Mereka lumayan selektif.. Mayan anjing sih banyak revisi hahahaha.. Sejujurnya gue teh gatau itu brand yang se-luxury itu. Pas dapet kerjaan nya gue langsung cari ide dan akhirnya memakai karya lama gue yang pernah dipamerkan di eksibisi Art Jakarta dulu. Karena lagi mentok ide dan creative block jadi akhirnya pake title gw yang dulu yang berjudul: “How to Survive as a Freethinker Personâ€.
Bagaimana awal histori dan konsep dibalik Woodensun? Kenapa memutuskan untuk terjun juga ke industri streetwear?
Dulu tuh berdua gw sama si Kur, pas awal-awal kuliah di Itenas (design produk & DKV). Awalnya mah kita bikin furniture, rak vinyl gara-gara kita butuh dan banyak yang order kaya si Ofri (Norrm). Kita berdua bikin furniture itu di backyard rumah nyokap. Lalu kita beli alat sablon dan alat press skateboard. Nama Woodensun itu juga karena kita pada awalnya berurusan dengan perkayuan, terutama membikin papan skateboard dan cruiser board. Pokoknya dulunya mah bisnis furniture kita, carpenter hahaha..
Pernah salah import plywood jadi bangkar.. Terus capek juga kuliah sambil ngerjain produksi skateboard. Ternyata untuk marketing papan skateboard tuh harus modal gede, sponsor dan banyak lah uang yang harus dikeluarkan untuk biaya marketing, karena kita ga mampu akhirnya shifting ke clothing. Gw inget banget pernah bikin baju 30s pake sablon pigmen sewarna cuma bikin 6 pieces dan jual ke anak-anak aja. Belum pake woven label dan belum ngerti bisnis clothing sama sekali. Cuma ngeliat cara dagang si FUCT dan Baker Skateboard.
Gara-gara gue berbasis ilustrasi akhirnya diseriusin bisnis konveksi sablon. Tahun 2015-2016 ada brand surfing Australia Eat Your Water order di kita gara-gara melihat postingan gue. Dari order pertama sampe sekarang mungkin udah order ke 40an, dianya grow dan kita juga grow. Uang dari sini malah digolang ke Woodensun. Akhirnya 2017 si Woodensun itu ownernya gue, Aldiansyah, Kur dan Tama. Darisitu mulai mencoba nge DM toko-toko luar mulai dari koneksi Australia. Selama setahun gue nge DM dan nge-email toko-toko ada lebih dari 100 toko ga ada satu pun yang nyangkut hahaha.. Ternyata gue belum tau konsep SS dan FW, jadi gatau kapan store buying dan kapan si store itu ga buying, ternyata gue nawarin selalu pas waktu store-store gak buying hahaha! Ada email dibales aja udah happy banget kita hahah.. Akhirnya ada 1 store kecil di Singapore yang membeli sedikit. Dari situ mulai apal kapan harus nawarin atas dasar konsep SS dan FW. Mulai belajar sambil ngobrol-ngobrol sama Ginar (Mankind) dan Theo (Deva States). Akhirnya ada beberapa yang nyangkut 2019 dapet 3 store di Berlin, UK dan Hongkong. Lalu darisitu difokuskan banget si Woodensun ke clothing brand, dan mulai bikin full-range bukan T-shirt aja, mulai belajar cut-n-sew, pecah pola dan printing. 2020 akhirnya bikin High Tables, awalnya ada di House of the Sun, dulu gw sempat bikin compound di Sukajadi, isinya ada Norrm juga. 2 tahun nyewa tempat itu ke TNI lalu harus pindah karena ada kebijakan mereka yang ga masuk akal. Akhirnya kita pindah ke Arcamanik untuk fokus bikin konveksi jahit dan sablon, sekalian ada kantor Woodensun juga dengan staff yang proper dari sales, admin, orang produksi dan lain-lain. Lalu pas pandemi 2020 sampe 2022 anehnya orderan Woodensun dari luar makin banyak. 2023 akhirnya kita ikut agen Complex Minds di London. Mulai ada showroom di Jepang dan London, mulai tertata lah sebagai brand seasonal yang mengandalkan bisnisnya dari wholesale. Mereka menjadi sales, distributor dan PR-nya Woodensun yang mengenalkan kita ke luar negeri.
Jadi si Woodensun lebih fokus ke pasar luar negeri ya?
Betul kita lebih fokus ke pasar luar sekarang. Karena direct customer disini hese oge. Jujur aja pasti gue udah pasti kalah sama brand lokal lain kalau cuma mengandalkan direct customer. Karena itu juga gue bikin Mex-Tex, apalagi ya yang gue bisa menangkan selain ilustrasi, cutting dan sablonan yang bagus? Yaudah kita coba bikin fabric sendiri. Awalnya terinspirasi dari si Human Made, mereka bikin fabric sendiri. Sempat baca satu artikel kalau si Nigo bikin fabric sendiri. Gue beli bajunya Nishimoto X P.A.M. wah enak banget bahan double-knit gini, gue coba pakai ke pantai enak, dan di tempat tinggal gue daerah Lembang enak juga, fitting loose. Gue kasi ke pabrik untuk direcah dan akhirnya orderlah ke pabrik, tetapi gagal. Akhirnya kita nemu pabrik yang bisa, develop sekitar 6 bulan dari 2022 ke 2023. Akhirnya muncul untuk kita pake di SS23-nya si Woodensun, dan responnya bagus. Karena kita terlalu fokus di bahan ternyata metoda sablon-nya gak diperhatikan. Untuk bahan seperti ini ternyata tekanan gesut nya beda dan seharusnya pakai mesin. Jadi dapet reject lumayan banyak dan gue lumayan stress, dan kita perbaiki di FW23. Di tahun ini sih udah aman banget karena udah keulik sablonan dan lain-lainnya. Gue pengennya si Mex-Tex pengen berdiri sendiri dan dijual ke beberapa brand temen-temen. Semoga pas artikel interview ini tayang si Mex-Tex sudah launch hahaha..
Departemen WDSN Research Lab mendevelop bahan Mex-Tex untuk koleksi Fall/Winter Woodensun. Apa kelebihan Mex-Tex jika dibanding bahan-bahan yang biasa kalian pakai sebelumnya?
Gue selalu punya kendala seperti ini.. Brand yang dagang di 2 season kadang pake bahan baju yang sama. Kalau misal di Fall/Winter pake bahan 20s gramasi tinggi, nah itu teh ga ada fungsinya, karena pemakai tetap kedinginan dan mereka harus layering, jadi baju teh ketutupan jaket, kecuali mungkin di club. Si SS dan FW bisa kita akomodir dengan si Mex-Tex karena kita aman di cuaca panas, fabric-nya menyerap keringat, gak terlalu panas karena 100% cotton. Di FW yang cenderung dingin bahan tetap hangat untuk dipakai. Jadinya gue gak harus ganti-ganti bahan, cuma yaitu hpp aing membengkak hahaha.. Soalnya treatment nya banyak, harus pigment-dye, washing lagi.. Harus pakai plascharge.. Semacam teknik discharge tapi plastisol nya masih kerasa. Respon dari toko-toko yang beli produk kita bagus sih. Sebenarnya ini adalah jawaban dari apalagi yang bisa kita jual selain design, sablon dan ilustrasi. Semua menjual itu kan? Semua menjual cut-n-sew, brand value dan sablon. Nah gue coba lebih lagi dengan mencoba menjual fabric. Dan kemungkinan akan di branding Mex-Tex by High Tables.
Unsur-unsur psychedelic, alam, sci-fi dan design yang ramai selalu menjadi ciri khas graphic si Woodensun. Brand-brand atau designer grafis inspirasi lo siapa saja?
Si Sk8ting (Caveempt), Fergus Purcell (Aries), Erik Brunetti (FUCT). Erik lebih ke filosofi dan brand-nya sih. Gue lebih terinspirasi oleh artis-artis sih untuk visual kaya karya-karya si Stewart Armstrong,
Fashion selalu beririsan dengan musik. Band-band dan subgenre apa aja yang menginspirasi lo saat mendesain atau membuat sebuah konsep untuk
Woodensun?
Nah awalnya suka tema-tema sci-fi dan psychedelic awalnya dari musik. Gue suka banget genre itu lah. Gue suka banget era flower generation, gue suka setelan-nya, tripping-nya dan apostle-nya. Apostle tuh kaya nabi pemimpin cult-nya, misal si Timothy Leary. Konsep nya tuh kan mereka memakai LSD dan pikiran nya jadi lebih terbuka. Kalau si Timothy Leary gue suka karena dia membawa keterbukaan pikiran dia ke universitas karena dia professor juga. Dia pernah eksperimen memberi LSD ke mahasiswa-mahasiswanya dan menyuruh mereka membuat jurnal. Dia banyak menyumbangkan ilmu di pergerakan ini di buku-bukunya. Dia turunan nya banyak banget sampe ke politik dan spiritual. Nixon aja sampai ngomong dia itu adalah “the most dangerous person in the world without a weaponâ€. Karena dia bisa membuat pikiran orang terbebas, sementara Nixon ingin membuat Amerika anti freethinker. Kalau sci-fi awalnya waktu kecil dari suka komik Spawn dan Transmetropolitan… Gue suka grafisnya, gue suka Star Wars dan Dune versi Jodorowsky…
Kan ga jadi dibuat Dune versi Alejandro Jodorowsky? Proyek ambisius yang rencananya diperankan Salvador Dali dan Mick Jagger, dengan musik dari Pink Floyd? Hahaha..
Enya teu jadi filmna da bakal mahal pisan produksi nya hahaha.. Salvador Dali jadi Emperor.. Musiknya Pink Floyd.. Yang jadi Timothee Chalamet-nya si Mick Jagger atuh hahaha.. Sempet Juga David Lynch bikin Dune tapi Jodorowsky cabut dari bioskop pas nonton yang versi Lynch hahaha.. Si Jodorowsky juga pengen buat Dune tanpa membaca novelnya juga, emang jeprut. Nah gue suka illustrator yang gambar pesawat-pesawatnya dan bangunan-bangunan di Dune versi Jodorowsky..
Si Chris Foss dan H.R. GIger?
Akhirnya Chris Foss kerja untuk Star Wars, dan Giger juga akhirnya kerja di franchise Alien dan Prometheus. Nah dari film-film ini sih sebenarnya gue suka science fiction. Lumayan lah dikit-dikit si sci-fi ini diterapkan di design-design Woodensun tapi tetap diimbangi dengan unsur-unsur psychedelicnya. Biar ga terlalu berat-lah untuk konsumen-konsumen kita..
Tapi so far konsumen lo relate ga sih dengan tema-tema desain yang lo buat?
Nteu hahaha! Pada akhirnya gue harus mencoba relate, ga bisa naif juga harus melihat keadaan trend sekarang itu gimana. Kalau harus mengedukasi konsumen kan hoream ya, ngapain juga. Mungkin masih ada juga konsumen Woodensun yang suka ilustrasi alien dan full-artwork psychedelic. Tapi ada juga yang suka misal kaya design “Retired Hippiesâ€, walaupun cuma tulisan doang tapi masih berhubungan dengan tema psychedelic. Atau tagline “Idea of Utopia†yang masih berhubungan dengan science-fiction. Untuk ilustrasi mungkin memang terlalu berat, tapi dengan tagline dan wording bisa lebih komunikatif. Jadi orang masih bisa relate dan mencari tahu konsep dari si Woodensun itu sendiri. Komposisi koleksi si Woodensun tuh pasti gini: Heavy graphic 50%, tagline 30%, logo doang 20%.
Dari 3 ini yang paling laku yang mana?
Yang tagline sih.
Berarti harusnya yang tagline 80% ya? Hahaha..
Kalem lah eta haha.. Kalo kebanyakan yang tagline jadi kaya ngejual quotes.. Kurang suka sebenarnya gue ke brand yang ngejual quotes. Misalnya nih ada satu collection gue gasuka tapi anak-anak gue suka. Pas gue liat yang pake nya kayaknya “aduh kayanya ga ngerti ini yang pakenya†haha.. Tapi ya gapapa juga karena Woodensun untuk semua kalangan. Karena gue sama anak-anak dari awal pengen nya Woodensun itu buat semua orang dan relate ke segala genre dan style. Untuk memperluas market juga. Kenapa anak hardcore gak bisa pake baju psychedelic? Karena DNA nya masih beririsan juga.
Pendapat lo mengenai kultur diskon harga coret?
Saya sih sebenernya menyayangkan karena Indonesia tuh sebenarnya lagi diliat sama negara-negara luar. Kaya kemaren gue showroom di Jepang, kata mereka tuh “Indonesia is risingâ€. Kalau misalnya kita kompak dengan membuat streetwear culture di Indonesia jadi lebih bagus lagi, levelling up. Mungkin harga coret ini tuh pengaruh dari e-commerce juga ya? Jepang juga punya e-commerce kok tapi mereka ga melakukan hal itu. Harga coret itu teh kaya menjual paksa ke konsumen, dan mungkin konsumen disini kebanyakan belum siap untuk harga baju 300-450 ribu, tapi mengapa gak kita coba untuk edukasi kalau bahan nya bagus, dan ini bukan sekedar lo beli prodak tapi ya lu part of the scene juga. Sayang lah udah ada Hypebeast juga di Indonesia, harusnya platform seperti itu kita manfaatkan, kita coba jualan di luar. Kaya si Deva States, Paradise Youth dan Public Culture kan udah kenceng jualan di luar negeri, kalau lebih banyak brand Indo lagi kita bisa bikin Indonesia community di worldwide. Nah itu adalah visi gue dan Theo (Deva States) membuat toko Karat di Seminyak Bali itu. Pengen nya menampung beberapa brand dan mengajak showroom dimana, mencari buyer bersama-sama. Karat masih renov mungkin opening di bulan Juni. Banyaknya sih brand Asia dan Australia.
Ada peribahasa “there is nothing new under the sunâ€. Tetapi ada brand-brand yang “menjiplak/meniru†dan meng-glorifikasi bootleg culture ini. Gimana opini pribadi lo mengenai hal ini?
Kalau gue sangat tidak setuju ya. Impact nya akan berbahaya. Gue kan punya konveksi, orang R&D dan designer. Kalau misalnya culture bootleg ini terus berkembang dari designer, orang produksi, R&D, penjual-penjual di Tamin sampai tempat produksi ga akan dapet rejeki. Sesimpel itu aja sih gue mikirnya. Soalnya kalau gak salah mereka bikin di China, otomatis gak harus punya designer, gak harus punya orang R&D, gak harus punya runner yang beli bahan ke Cigondewah. Pabrik-pabrik yang punya fasilitas untuk bikin bahan jadi ga dibutuhkan, designer produk ga harus punya. Banyak profesi yang hilang kalau gue harus dagang seperti itu. Walaupun gue dengar dagangnya bagus, tapi tidak menggiurkan buat gue. Duit mah hanya sekedar kertas. Mungkin untuk orang yang sangat berpikiran bisnis akan sangat tertarik, tetapi kalau memikirkan secara ekosistem, si trend jiplak-jiplak ini kalau terus berkembang otomatis kita cuma import-import aja terus. Gue takutnya banyak yang ngikutin cara bisnis ini dan konsumen banyak yang mengamini. Padahal kan kaya sepatu Compass keren kan? R&D nya keren, branding keren, kolaborasi nya keren, hustlingnya tuh keliatan. Soalnya Indonesia tuh lagi diliat sama pasar global. Untungnya media yang punya kredibilitas kaya Jeurnals atau Hypebeast tidak mengangkat hal itu lah. Soalnya Research & development itu bagian dari design di industri kreatif. Petani aja R&D heula.
Film-film favorit lo apa aja Rend?
Fight Club gue suka pisan. Ternyata orang bisa jadi gitu ya? Bisa se-stress itu karena kerjaan 9-to-5, dapet schizo dan punya dunia sendiri. Mad Max 1 dan 2 gue suka. Yang pertama kan dia lone wolf gitu kan. Yang kedua yang rebutan minyak. The best semua sih Mad Max sampe yang Fury Road. Kostum keren, dunia dystopia-nya gue suka. Agak ngebahas religi, Dune part 2 yang terbaru juga kayanya based on Al-Quran banget, ada Imam Mahdi. Star Wars mah gue suka semuanya. The best lah itu franchisenya. Itu juga terinspirasi dari Dune. Prometheus gue suka, kalau Alien waktu kecil nonton dan gue takut banget. Waterworld maneh apal teu?
Kevin Costner? Yang mirip Mad Max tapi di air ya?
Nah itu! Film science fiction pertama yang gue pernah nonton kayaknya. Gak laku itu film, dulu ada di Layar Emas RCTI.
Pertanyaan terakhir: pengalaman “bad trip†atau “good trip†yang paling berkesan?
Gue gak pernah bad trip yang sampai merugikan orang, misal besoknya ada banyak orang yang dirugikan.. Tapi yang paling jeprut gue pernah nih pas di Bali, waktu itu lagi party sama beberapa orang yang namanya gausah disebutkan lah untuk yang gini-gini.. Gue teh udah missed flight 2 kali waktu mau pulang ke Bandung. Nah flight yang ketiga ini tuh gua gaboleh miss lagi, dan si flight ini tuh jam 7 pagi. Jam 1 subuh gue udah tidur dan pasang alarm. Taunya ada yang iseng nempelin acid di bibir gue. Iseng weh si eta meh urang missed flight deui. Terus dibere hacep oge. Jadi kebangun tuh jam 3 subuh hahaha.. Jadi ga tidur kan, tapi untungnya udah siap packing. Keadaan itu “tarik†pisan lah, gokil pisan. Jam 5 pake Gocar ke bandara. Dijalan minta ke Indomaret minum Bear Brand 3 kaleng. Untungnya mayan bisa melewati boarding pass walaupun skip-skipan. Inget gak inget. Tiba-tiba gue inget ada di smoking room Ngurah Rai lagi ngobrol sama batu. Gue denger nama dipanggil sama airport, nah gue terakhir inget tuh duduk di sambil liat langit. Bangun-bangun gue di posisi yang sama tapi keadaan koper ada, hp dan dompet hilang. Lihat jam di KFC udah jam 2 siang.. Eh ini dimana kok ada KFC? Ternyata gue ada di Airport Kertajati, Majalengka. Dari Kertajati ke Bandung harus pake travel, hp dan dompet ga ada. Iseng ke KFC ternyata ada dompet gue di ketinggalan KFC. Terus ada OB ketawa-ketawa aja tiap ngeliat gue, lalu gue tanya aja lihat hp gue ga ke OB, kata dia coba tanya Air Asia. Kata OB nya “Mas bolak-balik cari hp nanya ke beberapa orang terus mas tidur dan mengigau, saya bangunin takutnya mas ketinggalan travelâ€. Saya bilang aja saya jetlag capek banget soalnya baru dateng dari Dubai, masa jetlag dari Bali da eweuh hahaha..
Nah hp saya ketemu tuh di di Air Asia, statusnya si hp ketinggalan di pesawat udah 2 kali bolak-balik dari Kertajati ke Bali. Pas di Bandung besoknya bangun pagi cek hp tiba-tiba ada message dari Bobby Superman is Dead. Gue sama sekali gak kenal sama Bobby SID. Kata dia “Saya udah di Kozi Coffee Bandung ya Rend, jadi kesini ga?â€. Sebelum message itu gak ada message yang lain. Lalu dia nelpon “Oke mas saya kesanaâ€. Pas saya dateng beneran ada Bobby Cool SID. “Gimana Rend yang design tolak reklamasi-nya, bisa diproduksi kapan?â€. Wah saya ngomong aja “Bli maaf banget saya ga inget apa-apa dan saya ga inget ketemu bli Bobby? Bisa ga diulang lagi pembicaraan kita dari awal..?â€. Ternyata mas Bobby duduk disebelah saya dan selama di pesawat kita ngobrol, ternyata saya nawarin produksian ke dia selama skip itu, dan akhirnya dia jadi order hahaha..
Words & interview by Aldy Kusumah
Arend Photos by Aldy
Woodensun Photos taken from Woodensun Archives