Angga adalah salah satu gitaris yang cukup ikonik. Bukan hanya piawai dalam membuat riff keren, tampil prima pada saat perform live, dan merekam part-part gitar ajaibnya dengan sound yang berkarakter, Angga juga mampu bermain dan aktif di beberapa band secara sekaligus. Band-band tersebut juga aktif manggung, touring. Memiliki songlist yang banyak dan memiliki variasi genre yang cukup berbeda diantara satu sama lainnya. Mari berbincang dengan Angga mengenai gitar pertamanya, efek favoritnya dan tips bagaimana dia bisa menghafal part-part gitar sebanyak itu…
“Culture anak-anak band di Jepang rata rata kita harus dateng dari awal dan nonton sampai beres acara.”
Halo Angga! Apa kabar? Sedang sibuk menjalankan rutinitas apa saja nih diluar band? Untuk pembaca yang belum tau, bisa ceritain sedikit ga sekarang lo lagi aktif di band-band apa saja?
Haloo.. Alhamdulillah baik, gimana kabar nya team Jeurnals baik juga yah? Hehe..
Kalo diluar band saya kerja di Maternal Disaster sama jadi family man aja. Kalau band sekarang ada 5 hahaha, lumayan banyak.. Yang aktif sekarang ada: Asiaminor, Billfold, Suissac, Ssslothhh & Collapse.
Bagaimana awalnya Angga jatuh cinta dengan instrumen gitar? Apa gitar pertama Angga dan lagu apa yang membuat lo ingin menjadi gitaris untuk selamanya?
Awal nya karena di cekokin sama kakak sepupu, dari dengerin musik Nirvana, Soundgarden, sama Tool dan rata rata 90’s musik lainnya, dari situ mulai belajar ulik-ulik gitar, karena gitar instrumen yang paling umum juga kali yah, jadi nya belajar nya gitar. Gitar pertama dulu sempet custom bentuk nya Fender Jim Root, karena belum punya uang jadi nya dulu custom gitar nya hahaha. Awal dengerin lagunya Soundgarden yang Blackhole Sun langsung amazed sama riff-riff nya dari situ mulai deh pengen jadi gitaris.
Jika membicarakan Billfold, bisa ceritain ga bagaimana pengalaman tour ke Jepang kemarin? Ada experience unik disana? Bagaimana cerita prosesnya bisa diundang dan berangkat kesana?
Pengalaman nya seru banget, walaupun kita main nya memang di tempat-tempat kecil tapi dari segi alat nya semua nya proper banget. Kalau experiencenya jadi tau juga culture anak-anak band disana yang rata-rata kita harus datang dari awal dan nonton sampai beres acara, setelah beres acara ada kebiasaan minum bareng “Kanpai”. Untuk proses kita berangkat ke Jepang kita lihat ada band MUTE dari Kanada maen di Jepang, dan kita kontak teman-teman di Jepang untuk bisa jadi opening nya band MUTE, karena kita dapat 2 titik untuk jadi openingnya kita nambah dan cari 2 titik lagi. Sekalian liburan juga hehe.
Lo juga memperkuat Ssslothhh yang tadinya adalah formasi trio menjadi kuartet seperti sekarang. Bagaimana awalnya lo gabung sama Ssslothhh?
Awalnya karena memang saya suka sama musik SSSLOTHHH, dan memang saya ngga pernah maenin genre seperti itu, jadi tantangan dan experience baru buat saya. terus kebetulan karena memang semua kenal di ajak lah saya sama Dinar dan teman teman yang lain untuk mengisi part-part yang tadi nya ngga ada di musik Ssslothhh biar kerasa penuh dan tight.
Apa yang membuat lo mengiyakan ajakan Dika saat dia mengajak lo untuk bermain dan menjadi personil Collapse? Apa yang lo sukai dari musik Collapse sebelum dan sesudah lo bergabung?
Ya masa iya menolak ajakan nya Andika Surya, yang menurut saya dia jenius dalam hal apapun, apalagi di musik ya, terus memang saya sudah ngefans banget sama Collapse jadi langsung jawaban nya GOW ketika diajakin jadi personil nya Collapse. yang saya suka dari Collapse musik nya beragam aja, semua ada disitu, dari RnB, pop sama Metal juga ada yang diramu jadi musik nya Collapse.
Band baru lo, Suissac terdengar heavy, sedikit eksperimental dan catchy di saat yang sama. Bisa ceritakan sedikit proses pembuatan lagu sampai recording dari EP Magnanimous? Bagaimana awalnya lo dan Ekky mendapat ide untuk membuat sebuah band baru?
Proses nya lumayan cepat dalam pembuatan EP magnanimous, yang biasa nya saya punya Riff gitar langsung di kasih ke mas Ekky dan langsung digambar sama anak-anak yang lain, dan Alhamdulillah nya di bantu sama Aldead dari HEALS dan FUZZY I, yang dimana saya ngefans juga sama Aldead nya. Dan dia mau jadi produser di album EP Magnanimous ini, yang ngebuat musik nya jadi makin-makin hehe.. Kalau awalnya memang dari obrolan biasa pas ketemu nongkrong sama mas Ekky, yang sama-sama pengen buat band rock.
EP terbaru dari Asiaminor yang berjudul “Constellation” dirilis tahun 2023 kemarin. Part-part gitar lo di EP itu terdengar heavy dan teknikal di saat yang sama. Sound seperti apa yang lo cari untuk Asiaminor? Bagaimana lo mendapatkan sound heavy tersebut?
Pengennya Sound yang modern-modern heavy gitu sih, dapetin sound nya lumayan agak pusing juga, karena nyoba beberapa ampli sampe dapet yang kita mau. Dan akhir nya sesuai dengan apa yang kita mau untuk karakter sound nya.
Lo tergabung di beberapa band dengan genre nya cukup variatif. Apakah lo mengalami kesulitan untuk menghafal setlist dan songlist dari setiap band yang lo jalankan? Bagaimana cara lo untuk bisa transisi antar genre dan playstyle yang berbeda?
Kalau kesulitan alhamdulillah nya ngga ada sih, mungkin karena sering di mainin, kalau lupa-lupa ada hahaha.. Paling untuk transisi nya harus rubah settingan efek-efek gitar aja karena setiap band beda-beda settingan nya.
Membicarakan gear, bagaimana rig rundown lo saat ini? Apa efek dan gitar favorit lo saat ini? Apakah lo mempunyai notes setting efek untuk setiap band lo?
Kalau gitar beda-beda setiap band nya, karena tuning nya rata-rata berbeda. Kalau untuk efek, saya pake yang ada yang biasa saya pake, memaksimal kan yang ada untuk efek nya hehe. ada Tuner, Ibanez Ts9 DX, Bloody Pedal dari Maternal disaster, ada reverb Skylar, sama Delay nya Dl4 Line 6. Kalo Notes pasti ada karena tadi setiap band beda-beda settingan nya hehe..
5 album favorit Angga yang sangat mempengaruhi permainan gitar lo apa aja?
– Soungarden – Superunknown
– Tool – Lateralus
– Silverchair – Diorama
– Poison the Well – Tear From the Red
– Queens of the Stone Age – Songs for the Deaf
Words & interview by Aldy Kusumah
Photo by @darkofmoist & @jehan_alimathin