Saleh Husein yang lebih dikenal dengan panggilan Ale adalah gitaris dari White Shoes & The Couples Company dan juga The Adams. Permainan gitar Ale sangat versatile: dia bisa memainkan riff-riff power pop di The Adams tetapi bisa juga bermain lead melodius dengan progresi chords yang sedikit jazzy/bossanova di WSATCC. Mari berbincang dengan musisi veteran ini mengenai manggung 5 kali dalam sehari, kesibukan baru nya di Bakmie Sedjuk dan lupa chord saat manggung…
*Sesi interview dilakukan pada tanggal 19 Oktober 2023.
“Gue pernah dalam 1 hari itu manggung 5 kali hahaha..â€
Ale, dengan banyaknya lagu White Shoes dan The Adams, bagaimana sih lo bisa menghafal riff-riff gitar dan melodi dari setlist kedua band tersebut? Apalagi keduanya mempunyai jadwal panggung yang cukup padat
Yang pasti sih kita kalau latihan pakai setlist, tapi kalau ngomong lupa udah pasti lupa gue hahaha. Lebih sering sih lupa White Shoes. Gue kadang bingung ini lagu yang mana ya? Siapa dulu yang mulai ya? Ada beberapa lagu yang jarang dibawain tiba-tiba ada di setlist. Tapi begitu kita main udah aman sampe belakang. Tapi ada momen dimana gue nge-blank pas harus nge lead. Ya gue sih cuek aja jadi improvisasi aja. Kadang nge blank kadang gue juga suka pengen jahil, misal gue pengen bedain lead nya nih.. Karena ini part nya part gue selama bar nya sama ya menurut gue ga ada masalah. Apalagi di lagu white shoes di part yang agak jazzy suka gue mainin dengan lead yang lain, biasanya mereka nengok aja bingung haha.. Tiba-tiba ada juga sih momen gue ngeblank pas nyanyi harus teriak tiba-tiba bingung abis ini part yang mana ya?? Terutama di The Adams ini.. Hahaha..
Memang lagu kita banyak, WSATCC dan The Adams sama-sama punya 3 album, The Adams itu punya EP 1 atau 2 kalau ga salah. Lebih banyak White Shoes, 3 album tapi EP nya banyak.. Gue pernah mainin 32 lagu di konser White Shoes, dan itu belum semua lagu haha..
Membicarakan jadwal panggung, bagaimana jika jadwal White Shoes dan The Adams bentrok?
Kalau bentrok sudah pasti sering karena 2 band itu udah jadi high demand di acara-acara. Kalau kasusnya hari yang sama tapi kota nya sama masih bisa kita crack masalah itu. Gue pernah dalam 1 hari itu main 5 kali hahaha.. Ada yang di Bekasi, sisanya di Jakarta. Kalau bentrok nya di luar kota biasanya siapa dulu nih yang di booking duluan. Misalnya Adams dapet tawaran duluan, langsung info ke White Shoes atau kebalikannya. Dan informasi antar 2 band ini yang ngatur Adit dan Dindin. Mereka berdua yang koordinasi untuk ngomongin jadwal. Atau kalau sepanggung bareng kita bisa ngatur crew nya biar sama, ngegabungin team. Kalau memang udah bentrok dan jadwal udah diambil dan misal gue ada pameran di luar negeri atau apa ya mau ga mau digantiin. Kalau di White Shoes suka dibantu Hans, atau gitar gue dibantu sama flute namanya Hari dia yang mainin flute untuk gantiin lead-lead gitar gue. Kalau di Adamas biasa diganti Vega Antares. Kadang kaya kemaren gue ga ada jadinya Pandu main gitar dan kita nyari bassist. Karena part gitar gue lumayan nyebelin dan sibuk harus sambil nyanyi hehe..
Denger-denger lo juga ada kesibukan baru dengan Bakmi Sedjuk ya Le? Gimana tuh ceritanya?
Awalnya sesederhana sih, gue diundang jadi salah satu narasumber podcast mereka. Lalu salah satu chief nya yang bernama Igor ngajak ngobrol gue dan kita jadi intens komunikasi. Sedjuk itu dibawah SMN (Sedjuk Media Network), dimana disitu ada designer, programmer, anak muda semua. Temen-temen ini butuh programming dan creative speciality di setiap outlet Sedjuk. Nah Igor ngajakin gue buat bantuin di SMN. Nah gue kan hampir ga bisa nolak kalau ada orang minta bantuan sama gue. Menurut gue SMN itu seperti sebuah agency dimana klien nya itu si Sedjuk. Dan tidak menutup kemungkinan si SMN ini bisa mengambil kerjaan diluar Sedjuk, karena team nya banyak. Lalu kita meeting dan pengen dengerin pandangan-pandangan mereka. Jadinya gue jadi think-thank lah di wilayah kreatif yang termasuk programming. Buat gue kalau di industri kreatif atau sekumpulan kolektif itu memang teman-teman perlu banyak main. Main itu kan secara fisik nongkrong atau nonton acara. Tapi perlu diajak “main†juga biar teman-teman ini berfikir. Ini yang sejauh ini lagi gue built di SMN.
The Adams saat manggung itu set panggung nya tidak berisik: Kalian tidak menggunakan ampli, pakai drum elektrik dan menggunakan in ear monitor. Gimana tuh teknis nya dan ngulik nya berapa lama? Apakah memangkas waktu check sound?
Karena di The Adams itu ada Ario yang punya kesadaran yang lebih terhadap sound. Dia mikir kalau kita pake floor monitor wedges di panggung sanget apalagi di tempat kecil, suara gitar gue bakal kenceng dan bisa berbalik ke backdrop dan penonton. “Gimana kalau kita pakai in-ear monitor?†Awalnya gue banget yang nolak, ah ga asik pasti ga bisa komunikasi sama penonton. Ternyata bisa aja kalau ada mic todong ke penonton, jadi gue ga ngerasa pake in-ear monitor. Akhirnya semua monitor wedges dan ampli panggung gak kepake, tinggal drum nih masih berisik. Soalnya drum akustik. Akhirnya kita pake drum elektrik, taunya kita nemu drum elektrik dengan bentuk drum akustik. Jadi kalau lo liat Adams manggung ya kaya pake drum akustik aja. Ternyata drum roland ini pernah dipake drummer nya Slipknot hahaha.. Kaya waktu itu Firman (TDS) dan Khemod (Seringai) nonton kita dari backstage dan mereka kaget “Anjir ga ada suara apa-apa gini di panggung cuma kletak-kletok†hahahha.. Dan teknisnya tuh tiap personil ngatur in-ear monitornya masing-masing pakai hp.
Awalnya belanjaan alat memang banyak tapi biasalah ngutang-ngutang hahahaha! Selama kita masih seneng dengan upgrade, terlepas dari membuat lagu, si The Adams ini bagusnya secara individual semua pengen nge-enhance performance lo. Kita juga punya mixer monitor dan FOH yang kecil. Anak-anak The Sigit juga sempet nawar mixer kita kalau dijual hahaha.. Kare secara audio ini outputnya aman dan bagus banget. Mau venue seperti apapun ya tetap aman. Kita pengen nya panggung clean aja ga ada ampli, wedges dan itu ga ada masalah. Check Sound jadi lebih cepet. Semua di wrapping dan bubar. Jadi di semua acara kita cuma minjem panggung dan speaker output. Sisanya semua sistem dari kita. Dan sistem ini juga bukan sistem yang mahal, jadi kita selalu cari posibilitas yang lain. Anak-anak tuh ngulik yang gini-gini jadi audio nya jadi bagus juga.
Sebagai seorang gitaris, top 5 pedal efek favorit lo apa aja dan kenapa?
Sekarang ini sih apa ya? Gue pake Line 6 Helix untuk pre-amp. Enak banget ini sound nya padahal efek digital. Tapi kalau mau sih gue pengen Fractal FM5 haha. Pernah pas rekaman dipinjemin Kemper tapi gue gasuka bentuk dan suaranya. Mau nambah lagi nanti mungkin dan bakal ditaro di mixer monitor nantinya. Biasanya gue minta tolong Ario settingin hahaha. Lalu pake Proco Rat. Dia punya suara kotor yang oke buat gue, gak terlalu digital dan ada fuzzynya, walaupun ga se fuzzy Big Muff. Karena diskusinya di The Adams antara gitar sama gitar harus saling melengkapi, dan warna nya harus lain. Otomatis pedalnya harus beda. Ada satu lagi gue pake Ibanez Tubescreamer 808. TS ini selalu ada disetiap lagu rock dan metal dari jaman dulu. Gue pake di lagu pelan kaya “Timur†atau “Hanya Kau†biar ada crank nya dikit ga clean-clean banget. Boss Space Echo RE-202 menarik sih. Bisa ngasi ruang, dia itu digital tapi juga analog katanya. Satu lagi Boss Metalzone aja deh hahaha! Favorit gue banget tuh walaupun bunyinya begitu.. Hampir semua anak band pasti semua pernah nyobain metalzone. Tapi gatau ya anak sekarang. Tapi di era ‘90an ‘2000an tuh metalzone pasti ada di setiap rental studio hahaha. Dan kepake banget. Apalagi di jaman Saparua dulu lo ga bawa metalzone salah masuk acara tuh hahaha..
Kecintaan lo terhadap lagu-lagu Indonesia tentunya sangat besar mengingat The Adams dan WSATCC menggunakan lirik berbahasa ibu. Lagu-lagu Indonesia favorit lo apa aja sih?
“Pemudaâ€-nya Chaseiro. Terus Margie Segers yang “Semua Bisa Bilangâ€. “Badai Pasti Berlalu†udah pasti lah, dan banyak nya sih yang kece-kece soundtrack film-film Indonesia jaman dulu. Bukan sound design ya tapi yang lebih ke scoring..
Sebagai musisi yang cukup veteran, apa menurut lo iklim bermusik sekarang berubah dengan adanya Tik Tok, marketing Social Media dan banyaknya strategi yang dilakukan band-band baru yang mungkin dulu tidak dilakukan musisi-musisi generasi lo?
Hmm.. Tapi jangan lupa dulu kita pernah ada RBT jangan lupa hahaha… Gue gatau gimana cara nikmatin, sambil nunggu lo dengerin lagu orang yang dipotong reff nya doang dan lo dapet duit, gue ga ngerti sih itu.. Sistem itu akhirnya ga kepake di kita dan kita gamau ada itu dulu. Kalau melihat dalam konteks ber-media sosial ya, kita dulu punya MySpace ya. Jaman itu kita pake untuk digging musik pas jaman hp belum ada kamera. Lalu ada Napster untuk download per lagu album-album yang susah lo dapetin dulu di Indonesia. Dan itu semua terjadinya di warnet. Gue kalo gasalah masih SMA itu, semua band hardcore dan metal dulu gue dapet dari Napster.
Kalau anak sekarang itu gue ga ngerti iklimnya gimana cara mereka menikmati lagu, apakah mendengar lagu full, album full atau mendengar potongan musik di Tik Tok dan Instagram. Tapi gue ga yakin itu menikmati musik ya, cuma bisa jadi untuk membangun mood dan ambience dari visual yang lagi ditawarin sama dia. Kalau dengerin musik doang lu ga mungkin pake platform IG atau Tik Tok, kecuali nonton live mungkin. Mungkin untuk penikmat musik dia akan masuk ke Spotify, Bandcamp, Soundcloud dan lain-lain tuh, Al. Tapi sebagai intro pintu awal orang menemukan musik baru bisa juga dari Tik Tok dan Instagram. MIsal lu ngepost lagunya keren banget, gue klik dong dan gue cari full nya di Spotify atau Youtube. Menurut gue menarik dan bagus juga tuh ada lagu di IG dan Tik Tok, beda lah sama RBT masa kita nanyain “woy tadi lagu siapa tuh di RBT lo?†hahaha..
BTW, WSATCC apa kabar nih? Rencana berikutnya buat White Shoes apa aja nih?
Kita lagi mau bikin satu single sebenernya tapi masih on process, dan belum dijalankan karena kemaren kita kesandung pandemi jadi yang keluar album “2020†itu, dan kemarin baru dirilis dalam versi vinyl Japan version, jadi kemarin kita tour ke Jepang, Korea dan Taiwan. Sekarang ini kita mau rayakan juga di Jakarta dengan cara listening session lalu kita main mungkin, tapi belum fix sih. Kesibukan nya selain manggung ya itu aja mungkin lagi sibuk mempersiapkan.
Waktu tampil di AOM Bandung, lo terlihat cukup atraktif di panggung. Apa itu cara lo untuk menikmati lagu saat sedang perform?
Gue emang kalo manggung dari dulu ga bisa diem. Karena cara gue menikmati lagu itu dengan bergerak. Dirumah aja kalau dengerin vinyl gue joget-joget sendiri Al, sampe di videoin sama bini dan anak gue. “Jir ini lagu bikin badan gue bergerak nih, dance-able bangetâ€. Ada lagu yang buat lo dengerin doang, dan ada yang memang bikin lo joget. Kalau WSATCC lebih ritmis, jadi bandan lo udah pasti gerak, kaki-kaki lo ga mungkin diem. Kalau The Adams lebih band rock yang jumpalitan juga lah hahaha.. Katanya sih lebih maskulin ya, kalau White Shoes lebih flamboyan dan feminin, lebih dance-able.
Pendekatan lo bikin lagu The Adams & White Shoes gimana?
Kalau Adams itu mungkin lebih kepengen audionya yang “nyanyi†ya. Walaupun berdasarkan jam session, ya kita biasanya pas lagi latian suka tiba-tiba mainin Metallica dan Rancid haha.. Abis ketawa-ketawa baru bikin lagu. Pandu dan Gigih lebih banyak terinfluence melodic punk. Kita selalu musik duluan. Kalau White Shoes variabel nya lebih banyak bisa tiba-tiba jazzy banget, disko atau orkes melayu. Kalau Adams itu di album Agterplaas lebih pengen memperlihatkan suasana urban Jakarta, walaupun gue dan Gigih di Tangsel, Pandu dan Aryo di Bekasi. Tapi karena kita banyak berkecimpung di Jakarta apakah bisa musik kita mewakili kota nya? Kota Jakarta itu seperti apa? Noisy, kalau di jalanan ga hati-hati bisa ketabrak. Jadi kita translate ke lagu “Esok†timecode nya berubah-ubah. Pake sound design jalanan juga, ada suara mobil-motor dan jalanan di lagu “Lingkar Luarâ€. Jadi ada yang progresif banget juga. Jadi musik kita itu sangat visual.
Words & interview by Aldy Kusumah
Photos taken by Jin Panji