Helvi adalah salah satu driving force dibalik perkembangan musik independen di Bandung. Selain memanajeri Puppen di masa musik independen masih dipandang sebelah mata, Helvi juga sempat membuat record label dan distro Reverse bersama teman-temannya Didit (FFWD) dan Richard PAS Band. Ketertarikan Helvi terhadap musik membawanya untuk mendirikan record label independen FFWD Records yang merilis Mocca, Homogenic, Polyester Embassy dan Heals. Tidak berhenti disitu, Helvi juga memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desin, dimana dia sempat menjadi fotografer PAS Band, membuat kover album Puppen dan juga mendesain kover Burgerkill. Mari simak obrolan saya dengan gitaris Teenage Death Star ini, yang ajaibnya adalah seorang morning person..
Helvi, apa kabar? Sekarang sedang sibuk ngerjain apa saja?
Nteu sibuk sih ayeuna mah hahaha.. Sehari-hari sih masih seperti dulu: ngedesign, dengerin lagu dan mungkin bakal bikin konser akhir tahun atau awal tahun depan sama 3 hundred.
Banyak yang mungkin belum tau lo itu dulu seorang fotografer yang sudah ngefoto Sonic Youth, Foo Fighters, Puppen, Pas Band dan lain-lain. Bisa share sedikit ga pengalaman lo menjadi fotografer di era ‘90an?
Seru sih ya, maksudnya waktu itu kayaknya masih sedikit orang yang motret panggung. Karena gue manager Puppen dan official photographer PAS Band, jadi gue pasti ikut foto dan karena gue juga suka. Kalau foto band gue pernah fotoin Burgerkill, Rocket Rockers.. Seneng sih ngefoto band, karena band itu punya karakter kan personil-personil nya, jadi bisa ditonjolkan yang pendiam atau malu-malu misalnya. Jadi kalau difoto berempat itu si band bakal seru sebetulnya mah. Tapi biasanya band itu semakin sering difoto semakin pede, jadi lebih rileks di depan kamera dan gak malu-malu. Itu yang membuat si foto itu lebih ‘bernyawa’. “Anjing keren kieu euy!â€
Kamera andalan lo dulu saat foto stage dan kover album apa aja?
Karena dulu jaman saya foto itu mayoritas analog, dulu cuma ada 24 dan 36, kalau misal dulu mau beli yang ASA tinggi mahal, jadi harus di push. Cuma kadang yang nge push gak bener nyetaknya. Sampai gue dulu nyari yang cetak bagus itu dimana. Ada tuh dulu dosen UNPAS jago. Kalau foto itu harus bener cahaya nya, karena dulu gak bisa cuci film sendiri, jadi harus ngobrol sama yang nyucinya setelah jadi contact print. Gue dulu suka Nikon, pengen Nikon F4 tapi gak kebeli hahaha. Jadi pakai FM 2 warisan ibu yang kecil dan ringkes, ada juga F3 tapi berat. Biasanya kalau foto live perform ya itu dua diisi film dan dibawa biar ga usah ganti-ganti film. Kalau personilnya banyak gerak gue harus benar-benar nunggu momen yang pas, tapi gue biasanya udah tau nih si Arian bagus difoto di part mana dan spot mana. Yah jaman dulu dari satu roll 36 yang bagus paling 4 sampai 10 aja. Tapi intinya sih foto itu akhirnya gimana kebiasaan kita, kalau kita udah biasa pake suatu kamera dan lensa tertentu yaudah terusin aja tiu, jadi karakter lu si lensa dan kamera yang sering lo pakai itu. Keterbatasan itu yang jadi seru.
Lo juga mengerjakan beberapa kover album. Bisa ceritain ga kover album yang sempat lo kerjain apa aja dan bagaimana proses pengerjaan kover album pada era itu sebelum jaman photoshop dan Adobe illustrator?
Karena dulu sering fotoin PAS Band dan Puppen, sekalian juga gue foto dan design kovernya si Puppen yang Not A Pup EP & MKII. PAS Band yang Four Thru The Sap, Closeminded, Burgerkill – Dua Sisi. Balcony – Instant Justice. Kompilasi Masaindahbangetsekalipisan, Brain Beverages. Jaman dulu belum pakai Photoshop, masih pakai corel, jadi gue foto dulu pakai slide. Misal background nya apa ya gue foto dulu, cuma kan gak secanggih photoshop. DUlu pakai photoshop 1 itu album apa ya lupa. Paling terakhir sh gue ngerjain band nya si Ykha Amelz yang CUTS. Doodle nya dari si Ykha dan Itta gue layout. Teenage Death Star juga gue konsep design nya, si Acong (Sir Dandy) kaya yang ide pengen ada apa aja dalam nya.
Ngomongin musik, apa kabarnya FFWD Records? Apa sedang mempersiapkan rilisan baru?
Heals album kedua. Mungkin Sky Sucahyo.
Apakah lo masih keep up mendengarkan band-band baru?
Masih gue mah soalnya seneng sama musik. Tapi memang sekarang banyak banget yang baru-baru wahh. Band nya banyak, media nya semakin berkurang. Kadang orang itu buth referensi kan ya. “Gue liat review majalah ini keren-keren nihâ€. Jadi lumayan menolong. Sekarang kayaknya kurang yang seperti itu. Kalau ga terlalu suka musik ya tunggu dapet rekomen temen aja, atau yang suka musik tapi udah males diggin juga ya paling nunggu rekomen Spotify. Kalau jaman dulu di radio kan request lagu nih, kalau di Spotify kan yang heavy rotation udah pasti banyak diminati orang. Tapi kan yang banyak di request semua orang belum tentu gue suka juga.
Bagaimana pendapat lo mengenai menjual album di era dimana orang-orang kebanyakan mendengar single?
Kalau dulu memang orang gak ada pilihan juga, disuguhi nya kaset, lo mau suka 1 lagu atau 2 lagu ya dikasihnya 10 lagu di album itu. Sekarang mah bisa diketeng, si band juga banyak yang cuma merilis single. Cuma kalau gue penganut album, jadi kayaknya gak seru kalau cuma bikin single aja. Yang pasti pasar gak akan seperti dulu, sekarang jaman nya udah seperti ini, tapi bukan berarti si format rilisan fisik harus dihentikan, cuma mungkin gak se masif dulu. Tapi band semakin ‘besar’ namanya orang mungkin mau lah beli fisiknya seperti vinyl atau boxset. Kalau band baru mungkin orang memilih “Ah Spotify dulu dehâ€. Mungkin ya. Dan terus mungkin kalau gue beli vinylnya untuk beberapa orang ada nilainya. Vinyl dan kaset sekarang lebih collectible sepertinya. Untuk beberapa orang beli kaset untuk didengar tapi ada juga yang suka untuk koleksi karena lucu packagingnya. Jaman dulu gue untuk beli satu CD harus jual beberapa kaset, karena dulu CD itu import semua. Pertama dapet CD gue itu dapet Soundgarden dan Faith No More. Dulu harganya 25,000, mahal 25,000 di jaman itu, wah harus jual kaset dulu nih haha..
Masih di departemen musik, Teenage Death Star apa kabarnya? Ga akan bikin album kedua? Hahaha
Kabarnya sama aja kayak dulu hahaha. Kitu weh. Album 2 belum tau tuh hahaha..
Siapa di TDS yang paling banyak salah kalau manggung atau latihan? Eh, btw suka pada latihan ga sih?
Gak pernah latihan sih. Tara latihan TDS mah haha. Kalau salah mah ada aja, ada yang kecepetan atau apa, tapi buat kita itu bukan masalah, salah mah wajar. Manggung di luar kota juga ya gak pernah latihan, walaupun sebelum manggung dengenrin dulu materinya pas main tetep aja salah keneh hahaha.
Sekarang di bantuin si Vincent juga ya TDS sekarang?
Kadang sama Vincent. Kadang main bass, kadang dia main gitar. Kalau gue gak bisa dan si Vincent ada waktu dia main gitar, kalau Iyo gak bisa Vincent main bass. Kalau kita semua bisa, Vincent main gitar, jadi gitarnya ada 3 hahaha…
Pengalaman lo di bidang jurnalistik juga sudah terekam oleh Trolley Magazine. Gimana awalnya lo membuat si Trolley itu? Soalnya terasa seminal sekali pada saat dulu dibaca..
Sebetulnya dari dulu pas jaman reverse gue pengen banget bikin majalah, cuma karena sibuk ngurus reverse dan managerin band, akhirnya tertunda tuh. Setelah Reverse nya gak ada, gue bikin FFWD dan sekalian bikin si Trolley. Yaudah gue ngobrol sama si Gustaff, dia cari orang-orang, gue juga cari orang. Jadi deh, semudah itu sih. Jaman itu sih karena teman semua ya semudah itu membuat sesuatu. Pokoknya mah konsep Trolley dulu membahas sesuatu yang dibaca kapan pun masih oke dan gak terlalu basi pembahasan artikel-artikelnya.
Ngomongin konser-konser musik yang sedang ramai, lo juga ada EO bernama 3 Hundred ya? Sudah ngedatengin band apa saja?
Akhir tahun ini atau awal tahun depan sepertinya kita mau bikin. Kita memang gak ada target harus bikin berapa konser. Ketika misalkan kita lagi mau dan timing nya tepat, yaudah ktia bikin. Kita udah datengin Mogwai, Ride, Shed 7, Phoenix, The Horrors, Black Rebel Motorcycle Club, Kings of Convenience, lupa siapa lagi..
Btw si RIDE dan DIIV ribet ga riders nya? Yang riders nya aneh band apa aja?
Ga ada sih yang ribet. Sebetulnya riders itu gak ribet, kan ada technical dan hospitality. Ya biasa aja masih aman. Karena mungkin yang kita datengin itu band rock jadi beda hospitality nya sama Beyonce, BTS atau Michael Jackson. Sering nya sih suatu band pengen ampli tertentu dan kita ga ada ya dicariin yang similar. Kalau misal band nya ga mau pake itu ya berarti dia harus bawa amplinya.
Pendapat lo tentang EO-EO acara festival yang event nya cancelled?
Kalau gue bilang sih mereka itu gak niat jelek, cuma kurang persiapan aja. Kan yang disiapin itu banyak faktornya. Kaya jaman dulu pas Puppen dan PAS Band main, panitia nya ada yang ngilang. Sebetulnya mereka ini gak siap, cuma pengen bikin konser tapi kurang persiapan kapital atau orang-orang di lapangan.
Challenge yang lo hadapi pada saat dulu memanajeri Puppen? Apa yang lo terapkan untuk membawa Puppen ke ‘next level’ nya?
Wah apa ya. Mungkin anak-anak sekarang lebih jago-jago daripada gua hahaha. Kalau kata gua mah band itu modalnya lagu, gak ada dua. Bukan masalah band itu pada jago main instrumen nya tapi menurut gua itu lagunya. Ketika si band dan manager udah yakin ini lagunya bagus dan layak buat orang tau, ya itu diusahakan. Tiap band dan tiap orang beda-beda sih. Mudah ga sih? Hese.
Lo megang Puppen, PAS dan Pure Saturday itu beda. Puppen itu dulu gak bisa masuk kemana-mana. PAS Band lumayan lah, PS bisa masuk radio-radio. Gigi? Kemana-mana bisa itu mah. Berarti gue harus cara jalan lain nih karena si Puppen susah kemana-mana. Tiap band formula nya beda. Lebih mudah mungkin pada jaman itu memasarkan Gigi daripada Puppen. Sekarang beda lagi soalnya segala jenis musik udah bisa diterima. Kalau jaman sekarang suka atau tidak suka kita harus memanfaatkan media, semua harus bikin konten. Gak ada yang salah sama itu tinggal masalah kemasan nya. Tapi pada akhirnya yang orang dengar kan lagu nya.
Top 5 konser terbaik yang pernah lo hadiri?
BRMC & Mogwai di Bandung. Lo dateng ga yang pas gue bikin Mogwai di Dago Tea House? Sound nya wow kan.
Spiritualized. Ini bukan gue yang bikin, dulu tahun berapa ya nonton di Jepang. Bagus aja, wah keren lah mereka membawakan lagu-lagunya versi live. Ada choirnya.
Rancid pas di Melbourne. Emang bagus banget mereka perform dan lagunya.
Manic Street Preachers di Nagoya, Japang.
Guns ‘N Roses pernah nonton tahun 1993. Kalau ngomongin stadium rock mah. Kalau yang format reuni kemaren di Jakarta ga mau nonton ah hahaha…
Words & Interview by Aldy Kusumah
Photos by Feri Alan