Â
“Krowbar memiliki masa kelam yang ia hendak lupakan; menjadi anak punk. Di era 90-an akhir/awal 2000-an, ia merupakan vokalis (konon) grup thrashcore Bandung, Anjing Tanah. Ia sendiri enggan membicarakan kegelapan masa hardcore/punk itu dan berniat melupakannya. Namun berhubung tak ada pernyataan hitam-putih perihal tersebut di atas kertas kontrak rekaman, kami tetap menceritakannya. Selama lebih dari satu dekade ia banting stir menulis lirik rap, dan semakin intens 3 tahun belakangan atas alasan silaunya kesuksesan rapper-rapper masa kini yang bergelimang harta, membuatnya iri untuk bisa juga mengajukan cicilan mobil sport dan membangun dinasti bisnis obat batuk dan kumur.â€
-Grimloc Records on Swagton NirojimÂ
Â
Sesuai dengan press release Grimloc yang mengatakan album debut Krowbar – “Swagton Nirojim†– sebagai kumpulan lagu rap dengan rima selokan, memang benar adanya kekuatan utama Krowbar selain di musiknya yang eklektik, adalah liriknya yang cerdas, raw dan fun. Dengan lirik-lirik witty seperti “Tamatin Contra tanpa Konami codeâ€, “Waktu lo threesome ama Johnson n Johnson†atau “Jenis kelamin sifat tipikal peran Joe pesci, Di kasur bergerak lincah kek crew rocksteadyâ€, sudah seharusnya Krowbar menjadi salah satu rapper Indonesia yang cukup ikonik. Mari berbincang dengan Krowbar mengenai PAS Band, musik dangdut, live virtual di era pandemi, dan sulitnya menulis lirik hip hop…Â
_____________________________________________________
“Jaman dulu mah hardcore teh kudu edan bro teu bisa setengah-setengah. Kemarin saya nonton Turnstile. Ya hardcore tapi ga hardcore banget, udah blur musiknya. Kalau dulu ga bisa, hardcore ya harus hardcore banget lah pokoknya hahaha.â€
_____________________________________________________
Â
Lo baru merilis single “B.D.S.M.†& “Senggol Bacok†dalam format yang tidak umum (vinyl 7 inch). Ada cerita menarik dibalik produksi single tersebut?
Â
Ga ada yang istimewa sih. Ceritanya nya mah Grimloc lagi bikin Club 7â€. Di jadwal mereka ada rilisan saya. Lo rilis ya “B.D.S.M†sama single baru. Ya udah okey, kenapa engga. Ceritanya gitu doang sih ga rame hahaha. “B.D.S.M†sih udh muncul di kompilasi “Dasawarsa Kebisingan†sebelumnya. “Senggol Bacok†tuh bener-bener single baru. Grimloc banget lah, di zaman sekarang dia ngerilis single baru di format yang tidak umum..
Â
Â
Tentang apa tema lirik “Senggol Bacok† dan “B.D.S.M.†itu?
Â
Emang tentang dangdutan sih tema lagu itu teh. Jadi itu teh single baru untuk side B vinyl 7 inch “B.D.S.M.â€. Si Jaydawn ama Ucok (Herry Sutresna) bikin-bikin beat, trus Ucok tiba-tiba nge Whatsapp beat nya. Emang dangdut banget beat awalnya. Cuma yang versi dirilis sih udah di retouch. Ada vibe dangdut tapi ga dominan kaya yang pertama dikasih. Karena beat nya begitu ya udah tema lagunya tentang dangdutan aja, dan kalau temanya dangdut ya judul paling oke emg “Senggol Bacokâ€. “B.D.S.M.†mah cuma kaya flexing-flexing aja sih. Bahasa sekarang nya mah flexing-flexing hahaha. Kalau jaman dulu mah bragging-bragging bahasanya. Ga ada istimewanya sih lagu itu mah hahaha..
Â
Kemarin sempat melihat story beberapa kawan ada Krowbar format band yang sedang latihan. Ada rencana manggung dengan format band itu dekat-dekat ini?
Â
Kemarin kita live.. Apa ya istilahnya.. Jaman sekarang itulah.. Kurang ngerti juga sih. Live tapi taping. Virtual lah. Tapi ga live.. Live sih cuma ga ditayangin langsung. Kita rekam dulu nanti di edit video dan audionya. Di mixing dulu. Pokoknya di alus-alus lah di jiga-jiga. Live tapi kalau salah bisa diulang hahaha. Buat apa ya itu? Kayanya anak-anak sih cuma buat senang-senang aja.
Â
Biasanya format live Krowbar kan cuma lo, DJ Eone, dan Jaydawn. Kenapa sekarang mencoba format live baru?
Â
Iya biasanya mah paket ekonomis. Ini ide awalnya kerjasama bareng Maternal. Bikin live virtual. Tapi kalau live virtual doang ga seru cuma gitu-gitu aja. Gimana kalau format nge band? Yaudah boleh juga tuh format live band. Kalau di studio garing. Di tempat sempit aja tapi vibe musik nya dapet jadi akhirnya kita di Keepkeep. Karena barudak eta adalah teman-teman saya jadi weh personil live nya barudak eta. Dari dulu teh pengen ngeband ama si Febby (Balcony, Kidsway). Udah kenal Febby lama dari jaman Harder kan. Akhirnya ada kesempatan, pas diajak, dia hayu. Okey. Terus ngajak si Ekky (RNRM, Polyester Embassy). Apa sih istilahnya yang si Ekky mainin? Hahaha synthesizer.. Eta lah. Dia juga hayu. Kebetulan semua yang saya ajakin hayu-hayu wae. Terus si Vidi (Maternal) saya ajak jadi bassist. Dia awalnya bimbang bisi salah cenah. Sok weh cobaan. Tapi pas datang bawa efek nya 4 koper. Kamanaa euy.. hahaha. Seru sih, seru meskipun riweuh tapi seru. Kita cuma bawain 4 lagu dan itu juga ternyata cukup sulit. Diaransmen ulang sebenernya ga jauh dari yang asli cuma karena saya bukan musisi jadi agak bingung juga. 4 lagu ajalah udah cukup daripada maksain banyak tapi jelek hahaha.
Â
Kalau ngomongin rilisan Anjing Tanah – “(Probably) the Most Complete Discography†yang kemarin dirilis Grimloc, bisa lo ceritain dikit ga dari proses pengumpulan lagu sampai pasca produksi nya?
Â
Sebenarnya ini proses panjang. Si Ucok emang udah mo rilis ini lama, dari 2 tahun yang lalu. Cuma problem-nya si Anjing Tanah ini adalah ngumpulin materinya. Karena ini jaman dulu banget dan dulu kita ngeband bener-bener ga mikir dokumentasi dan pengarsipan. Materi ada di gitaris urang nu kudu cek di hardisk na yang dulu. Riweuh lah. (Akhirnya) Kekumpul sekitar 30 lagu sama yang paling ajaib ada materi yang unreleased. Paling ajaib itu sih bisa nemu itu. Liriknya ujung-ujungnya ga komplit soalnya dulu saya nulis di kertas dan ya kertasnya teuing dimana. Dan kalau di dengerin di lagu ga tau juga ngomong apa itu hahaha. Ajaib-nya dulu sempet keluar ada booklet isinya semua lirik tapi kita dapat nya hardcopy jadi harus di transkrip dan di ketik ulang semua liriknya. Yang gitu-gitu yang bikin lama soalnya males juga harus ketik ulang semua liriknya. Jadinya ditunda-tunda terus. Foto band aja di packaging cuma ada 2 kalo ga salah, sisanya ilustrasi. Dulu maen band gitu aja ga ada dokumentasinya. Ya salah juga sih hahahaha.Â
Untuk foto cover yang Winnie the Pooh idenya si Ucok itu. Setiap saya urusan ama Grimloc pasti semua kreatif gitu-gitu selalu sama Ucok. Sebenarnya dia ngikutin cover Infest, cuma di Infest orang dipukul ama orang lagi, berantem. Cuma yang ini diganti sama Winnie the Pooh. Dapet Winnie the Pooh nya di jalan si Eone yang nemu. Cerita behind the scene nya, pas hari-H mau foto, si Winnie the Pooh nya ga ada sampe nyari ber jam-jam. Akhirnya ketemu dan jadi cover yang cukup ikonik haha. Kenapa cuma rilisan saya aja ya yang gitu-gitu? Kalau rilisan Grimloc yang lain kayaknya serius ya hahaha..
Â
Apa aja album lokal klasik favorit lo?
Â
Domestik Doktrin – Manufakturing Karma (2002)
Â
Pada masanya keren ini album. Ya Anjing Tanah juga pengen kaya gitu, tapi ga nyampe. Hahaha..
Â
Â
Balcony – Instant Justice (1997)
Â
Hardcore banget itu! Hahaha. Kover biru kalau gasalah teh. Kalau “Terkarbonasi†secara musik lebih bagus. Cuma gatau kenapa “Instant Justice†lebih ada kenangan nya. “Terkarbonasi†mah udah ga terlalu hardcore lah udah Deftones lah. Jaman dulu mah hardcore teh kudu edan bro teu bisa setengah-setengah. Kalau anak sekarang mah kaya apa ya.. Kemarin saya nonton Turnstile. Ya hardcore tapi ga hardcore banget, udah blur musiknya. Kalau dulu ga bisa, hardcore ya harus hardcore banget lah pokoknya hahaha.
Â
Â
Brain Beverages compilation (1999)
Â
Kompilasi yang ada Homicide, Puppen, ya komplit. Aya kabeh ieu, komplit pada eranya. Kompilasi yang mewakili era. Pada masa ini kover-kover album juga agak artsy-artsy abstrak ya.
Â
Â
Pas Band – Four Through the Sap (1994)
Â
Klasik. Jaman ini saya masih di Jakarta. Baru denger nih yang namanya Bandung underground… Sebelum semua album yang saya sebut sebelum ini, ya denger ini dulu.
Â
Â
Homicide – The Nekrophone Dayz (2006)
Â
Homicide nu hideung nu pertama apa ya judulnya. Nekrophone Dayz ya. CD item mata ditusuk. Ini mungkin hip hop Indonesia yang beda. Jaman dulu kan hip hop Indo rata-rata ya begitu kan. Pertama kali saya tau kalau hip hop tuh bisa beda kaya gini.
Â
Â
Gimana lo menempatkan diri lo saat membuat lirik-lirik Krowbar yang cenderung fun dan low-brow?
Â
Emang ga serius sih. Ya lebih fun lah. Mungkin selera dan karakter masing-masing ya. Saya teh emang ga terlalu musik yang serius-serius gitu. Kalau contohnya Homicide kan Ucok suka musik-musik yang dalek. Musik yang bisa dibilang jero lah. Ga bisa orang teh nikmatin selewat harus yang bener-bener dengerin. Kalau saya teh ga gitu, ga terlalu suka yang musik-musik begitu. Saya lebih ringan orangnya. Dangkal lah hahaha. Kalo peraturan no 1 saya ya, peraturan pribadi saya tuh seorang rapper harus jadi dirinya sendiri. Saya gabisa pura-pura jadi Ucok, saya ga bisa jadi Joe Million saya ga bisa. Saya bisanya begini aja. Lebih cocok buat saya kaya begitu. Ga ada yang berat sih Krowbar mah hahaha…
Â
Susah ga sih bikin lirik hip hop itu? Gimana prosesnya?
Â
Yang pasti lebih susah dari bikin lirik Anjing Tanah hahaha. Kalau di hip hop ada peraturan dalam menulis lirik. Mereka dalam estetika nya ada peraturan. Mungkin kalau musik hardcore atau apa ya lo bikin lirik bikin aja kan. Kalau di hip hop paling basic-nya lo belakang-nya harus ber rima kan. itu sudah jelas aturan nomor 1. Masih ada aturan kedua dan ketiga mungkin yang tau hanya sesama rapper doang, kaya ada wordplay nya harus gimana, metafor nya gimana, punchline nya gimana, rhyme scheme nya gimana, kompleks lah. Emang lebih susah tuh nulis lirik hip hop. Kalau saya mah nulis lirik paling 2-3 hari-an. Lirik hip hop itu panjang, biasanya ga ada yang diulang. Kalau hardcore lirik 4 bar udah masuk chorus, paling liriknya 8-12 bar. Kalau hip hop lebih panjang, 1 verse aja udh 16, malah bisa sampe 24-32 bar. Itu satu verse, belum verse 2 nya. Buat saya mah jauh lebih susah sih bikin lirik hip hop.Â
Â
Lebih storytelling ga sih kalau lirik hip hop? Lirik-lirik lo lebih ke storytelling, personal experience, inside jokes ato ngarang?
Â
Sebenernya ga semua lirik hip hop storytelling sih. Saya sealbum Swagton yang liriknya storytelling cuma “Sabda Malam Sabbathâ€. Karena emang susah tipe lirik yang storytelling, ceuk si Ucok oge. Campur-campur sih. Ada juga sih yang dari pengalaman pribadi terus nge-trigger apa, trus keluarnya apa, ga sama persis juga bisa. Yang ngarang juga ada. Yang penting hasil akhirnya keren hehehe..
Â
5 album hip hop yang ngerubah hidup lo?
Â
Cypress Hill – Black Sunday (1993)
Paling berkesan album Black sunday Cypress Hill, keren banget itu,
Â
Â
House of Pain – Same as it Ever Was (1994)
Ini juga dahsyat..
Â
Â
Masta Ace Incorporated – Slaughtahouse (1993)
Keren pisan ini. Coba deh dengerin. Dahsyat itu.
Â
Â
N.W.A. – EFIL4ZAGGIN (1991)
Antara ini sama “Straight Outta Compton†sih. Sulit milihnya.
Â
Â
Beastie Boys – Paul’s Boutique (1989)
Bagus banget ini album. Hip hop mah 5 kurang buat sy. banyak album hip hop keren mah. nas belum masuk, wu tang belum ada yang disebutkan satupun.
Â
Â
_____________________________________________________
“Saya mo complain juga tapi da hidup saya masih mendingan lah. Masih bisa makan, masih bisa seseurian. Banyak kok ternyata yang lebih susah. Saya mau sok susah ada kok yang lebih susah.â€
_____________________________________________________
Â
Â
Pengaruh pandemi untuk kehidupan profesional dan pribadi lo?
Â
Yah kalau kehidupan profesional mah mandek jelas. Album ketunda harusnya 2020 udah ngerjain album kedua. Karena pandemi dan Grimloc juga banyak urusan gara-gara pandemi. Macet. Akhirnya album pun ditunda. Tadinya mau Grimloc fest gagal. Materi album kedua juga udah jadi basi. tahun depan paling baru bikin materi baru lagi. Yah memang menyebalkan di semua sektor. Saya mo complain juga tapi da hidup saya masih mendingan lah. Masih bisa makan, masih bisa seseurian. Banyak kok ternyata yang lebih susah. Saya mau sok susah ada kok yang lebih susah. Ya saya mah ga mau terlalu banyak complain lah meskipun complain, yah masih bisa seseurian saya mah. Masih survive.
Â
Gimana ceritanya cerita awal dibalik comic strip Aneka Ria Petaka lo bareng Alex Mayatschism yang di publish Maternal Disaster?
Â
Awalnya dari si Vidi idenya. Dia dari dulu pengen bikin comic strip. sok maneh we jieun carita na, trus yang gambar cari siapa gitu. Tadinya mo ajakin si Rico, tapi dia gabisa. Yaudah si Alex aja. Ternyata Alex udah lebih dulu ditawarin. Dia pernah ditawarin duluan haha. Tapi Alex ga bisa bikin cerita, jadi mandek. Jadi berjalan lah sampe sekarang gue ama Alex. Dibilang susah engga susah sih bikin komik ini. Jadi kaya kita lagi kepikiran apa gitu trus ya sudah ditaro di komik itu, dan ada yang mau upload lagi haha. Itu kan kaya pikiran-pikiran tolol doang dan ternyata Vidi suka, kata dia upload aja. Hal-hal disekitar saya aja sih. Kaya misalnya yang ngebahas orang main gitar lagu Radiohead. Saya kan ga suka Radiohead ya, maaf yang suka Radiohead hehe. Menyenangkan sih bisa melakukan hal-hal seperti ini. Cuma kadang-kadang habis ide sampai hari kamis-jumat belum ada ide, jadi nya mepet kaya beban juga. Untungnya Alex jagoan, gambarnya cepet, jadi saya kadang memanfaatkan Alex juga sih karena tau dia jagoan gambarnya hahaha..
Â
Ceritakan sedikit tentang team produksi Grimloc, Napalm Squad (Jaydawn, Eone, Morgue Vanguard), yang banyak berkolaborasi dengan Krowbar..
Â
Iya Jay, Ucok ama Eone tuh emang team produksinya Grimloc. Kalau Public Enemy kan team produksi nya Bomb Squad hahaha. Jadi sebenernya nama Napalm Squad tuh dari folder projekan mereka. Di komputer Jay tuh folder projekan mereka selalu namanya Napalm Squad. Saya gatau ya, soalnya karena saya diluar Napalm Squad itu dan cuma kerja bareng mereka. Gatau apakah disengaja atau asal aja namain foldernya seperti itu haha.Â
Â
_____________________________________________________
“Si Ucok bisa tau orang yang kerja bareng dia itu bagusnya dimana, jeleknya dimana. Dan dia selalu tau cara mengekspos bagusnya, biar jeleknya ketutupan. Jago itu, ga semua orang bisa gitu.â€
_____________________________________________________
Â
Gimana sih proses membuat lagu hip hop itu biasanya? Apa nyari sample dulu atau bikin beat dulu?
Â
Beatmaker biasanya nyari sample. Tapi kalau disebut yang mana duluan bisa dari mana aja yang duluan. Kita ngomongin Swagton aja sebagai contoh. Sebelum ada sample dan bikin beat, harus ditentukan dulu ini album mau kaya gimana sound nya. Konsepnya dulu. Ternyata bikin album teh kaya gini, ini juga saya baru pertama kali ngalamin. “Lo mau gimana?†Dan ada juga visi si Ucok yang lo tuh bagusnya gimana. Kehebatan dia buat saya sih, si Ucok bisa tau orang yang kerja bareng dia itu bagusnya dimana, jeleknya dimana. Dan dia selalu tau cara mengekspos bagusnya, biar jeleknya ketutupan. Jago itu, ga semua orang bisa gitu. Tapi dia juga ga mau semua itu yang menentukan dia, artist nya juga mau nya gimana nanti kita gabungin konsepnya. Dulu intinya teh si Ucok pengen album Swagton ga berisik kaya boom bap. Sample apa yang cocok untuk bikin musik yang ga berisik tapi enakeun. Akhirnya dipilihlah sound-sound psychedelic. Sound psychedelic kan ga berarti musiknya psychedelic kan, musik funk juga kalau pake fuzz udah kaya psychedelic. Si Jay, Ucok & Eone kaya yang ngasih referensi-referensi. “Nih dengerin ini, dengerin itu.â€Â
Â
Mungkin Kalau di musik metal atau hardcore harus ada riff gitar enak dulu kali ya?
Â
Iya betul. Inspirasinya tuh emang dari musik. Nah saya tipe orangnya ga bisa bikin lirik kalau beat nya ga ada, kepala saya kosong kalau ga denger apa-apa. Bahkan kalau denger beat yang saya ga “masuk†pun kosong. Seleksi paling awalnya sih kalau saya denger beat dan saya ga dapet apa-apa dan ga ada ide apa-apa dari beat itu. Ya ga akan dipakai beat-nya. Harus dari musiknya saya mah dapetnya. Kaya “Senjata Pemuas Massal†saya dari denger potongan beat 12 bar pertama-nya aja langsung dapet judulnya. Kalau beat asik langsung kebayang ngisinya gimana, ngomongin tentang apa, kalau beat asik bisa kaya gitu. Sama kasusnya dengan lagu yang “Senggol Bacokâ€.Â
Â
Sesi rekaman “Swagton Nirojim†menghasilkan berapa lagu? Apa semua lagu terpilih masuk ke album?
Â
Di Swagton itu ujung-ujungnya nya semua lagu yang di produksi di sesi nya masuk ke album. Awalnya dari 2 track “Bilangan F.U.†dan “Samsaraâ€. “Bilangan F.U.†itu pelesetan dari buku Dee Lestari yang “Bilangan Fu†hahaha. Beat nya dirubah. Tadi nya boom bap hip hop biasa diubah jadi kaya yang lain. Abis itu semua lagu ngikutin (musiknya) mirip 2 lagu itu. Lalu saya ngetake dan tiap beres take diputuskan masuk ke album, akhirnya jadi 10 lagu dan jadilah album.Â
Â
Cover “Swagton Nirojim†itu dari mana ide nya?
Â
Itu si Glen vokalis band black metal beneran. Asli itu. Kita ga main-main bro hahaha. Banyak band nya dia tuh. Ini ide nya si Ucok, black metal makan di warung. Tadinya mo makan kupat tahu. Cuman pas Hari H, dan berhubung di kita ga ada yang anak black metal, ternyata dandan black metal teh lila bro hahaha. Terus cuaca mendung. Kebetulan di sebelah Grimloc lama ada warung. Cobain foto disitu eh ternyata keren, ini aja covernya.Â
Â
Album berikutnya sound nya akan seperti apa? Seperti “Swagton Nirojim†lagi atau bakal berbeda?
Â
Emang kesepakatan nya kita ga akan bikin Swagton volume 2. Kayanya udah jelas ga akan seperti Swagton lagi. Bakal kaya gimana kita juga belum tahu persisnya seperti apa. Soalnya masih ngulik-ngulik juga. Yang pasti kita akan lebih nge dance dan happy.
Â
“B.D.S.M†dan “Senggol Bacok†juga masuk ke album 2?
Â
Oh engga saya ga pernah masukin single ke album ya, sorry.. hahaha! Saya punya stok lagu banyak, meskipun belum dibikin hehehehe… Pokoknya secepatnya barudak bisa ngumpul deui. Dulu jaman swagton HQ dan basecamp nya kan di rumah Eone. Tempat rekaman oge sekalian. Emang cepet banget dulu proses rekaman nya. Ternyata kalau ga ada basecamp ya susah kaya sekarang ini. Karena yang terlibat orang-orang jaman dulu yang gabisa sistem jarak jauh tea gening. Harus weh panggih, mun teu panggih aya weh nu miss dan salah paham teh hahaha. Kalau anak sekarang mah dari rumah weh Zoom, kirim file kan bisa. Mungkin mereka bisa ya karena hidupnya begitu. Kita kan anak tongkrongan dulu, ya kudu panggih. Jadi secepatnya lah album kedua..
Â
Gimana experience lo kerjasama dengan Ucok, Jaydawn dan Eone, yang bisa diilang veteran musik hip hop?
Â
Kalau sama mereka bertiga ya dari dulu nongkrong sama mereka jadi ya kitu weh. Tapi kalau bikin sesuatu sama mereka tuh, mereka orangnya serius banget untuk hal-hal… Ya Swagton kan album nya gitu ya, jauh dari serius. Tapi mereka pada saat ngerjain ga pernah setengah-setengah, bener-bener harus edan. Meskipun “harus edanâ€-nya menurut kita doang juga sih ya hahaha. Kita kurang peduli juga orang-orang menganggap nya gimana. Apalagi Ucok yang “ieu teh bass drum na kurang.. Kick na euy, ieu kick na euy†wah saya mah udah angkat tangan lah hahaha. Sarua, si Jay juga gitu, rek ngabuskeun kick teh loba tea milihan. “Dug dug dug†asa sararua kitu hahaha. Mereka luar biasa sih pas saya ngeliat kinerja nya mereka ngerjain album. Eone keterlibatannya banyak juga sebelum dia scratch. Tapi paling kerasa kalau dia sudah scratch. Sebenernya dia juga ngedengerin dan banyak ngasih input juga. Mereka semua selalu ada.
Â
Kalau kamu diikat dan dipaksa mendengar salah satu album ini secara keseluruhan, lo pilih mana: Kanye West – Donda atau Drake – Certified Lover Boy?
Â
Astaga.. Ini mah buah simalakama hahaha. Mending gausah dengerin musik lah hahaha. Mending teu kudu lah, bertani weh. Bertani oge sebenerna bisa nya ngadengekeun musik, naha kudu stop dengerin musik haha…