Syagini Ratnawulan atau Cagi, dikenal lewat karya-karya nya yang sudah pernah mengikuti berbagai eksibisi. Brand tas dia pun cukup ikonik, dan pada awal pandemi Cagi sempat mendirikan sebuah brand baru juga. Mari berbincang dengan Syagini mengenai seni rupa, warteg dan gegar otak..
“Dulu gue pernah gegar otak tahun 2012. Gue ga berkarya selama 2 tahun. Tapi pas mulai lagi karya gue jadi dingin dan lebih science, ga pernah ngomongin rasa lagi dan ga ngomongin lagi tentang hal-hal sosial.â€
Halo Cag, apa kabar? Bisa ceritain sedikit ga tentang brand-brand lo?
Tang! Hi! Jadi kalau SRW itu dulu gue diwariskan sama bokap gue. Karena dia udahan, dan dia dulu punya pabrik leather crafting bikin bag golf dan lain-lain. Tahun 2008an dia bilang udah ga ngelanjutin lagi. Kan ada pegawai, penjahit dan mesin. Gue coba aja pake satu mesin dan seorang penjahit. Ternyata berbakat juga kayaknya gue bikin tas hahaha. Awal mula temen-temen beli dan akhirnya dikasih merk.
Dulu karena gue gak punya duit, jadi coba untuk mengolah dari kulit-kulit bekas. Jadi design SRW sekarang tuh yang paling laku yang kaya scale kulit ikan. Yang awalnya dari waste management kulit. Walaupun sebenarnya organik. Ujung-ujung nya gue pake kulit baru juga. Cuma kalau ada waste kulit yang ga kepake tetep gue pake di design itu. Intinya pemberdayaan pegawai dan pengrajin. Dulu ga terlalu profit oriented, yang penting membuka lapangan pekerjaan awalnya. Tapi itu memberi gue ruang untuk berkreasi awalnya.
Kalau ADA NIR itu proyekan pandemi Tang. Karena pas awal pandemi itu siapa yang mau beli tas, keluar rumah aja engga karena lockdown haha. Untuk menghidupi pegawai akhirnya kita bikin baju, masker dan baju tidur. Sekarang udah bikin baju pergi juga. ADA NIR diambil dari NIR ADA yang berarti tidak berbentuk atau abstrak. Seperti biasa kita bukan orang-orang ambisius tapi berkreasi ajalah disini, ambisi nya di tempat lain.
Dulu gue sempat liat karya-karya lo lebih ke drapery dan white-on white, dan sekarang lebih bermain gradasi dan transisi warna. Bisa ceritain transisi konsep karya lo dari dulu sampai sekarang?
Gue juga sempat mempertanyakan nya kenapa gue jadi kaya a different person. Yang tadinya putih semua dan ada rasa. Beda banget sama gue yang sekarang. Tapi lo inget ga dulu gue pernah gegar otak tahun 2012. Abis pameran yang loker-loker itu gue ga berkarya selama 2 tahun. Tapi pas mulai lagi karya gue jadi dingin dan lebih science, ga pernah ngomongin rasa lagi dan ga ngomongin lagi tentang hal-hal sosial. Lebih ke hal yang fundamental seperti mempertanyakan tentang warna. Manusia ga akan bisa berteori tentang warna karena warna sudah ada duluan disini sebelum manusia. Karya-karya baru gue itu seperti lebih unlearning semua yang gue percaya sebelum tahun 2012. Banyak hal yang sebenarnya hanya teori manusia dan bikinan manusia. Mungkin setelah gegar otak itu gue jadi koclak gitu ya? Gatau tadinya normal terus jadi gila, atau tadinya gila jadi normal gue juga nggak tau..
Top 5 karya seniman lain yang menjadi favorit lo apa aja?
Dulu gue suka banget sama Christo karena karyanya bersifat megah tapi sementara, kaya nutup-nutup gedung besar, pohon. Tapi itu proses yang panjang, buat gue lebih ke proses menjadi karya semegah itu terus diturunin dalam sebulan.
Felix Gonzalez Torres. Jadi dia tuh meninggal karena AIDS di umur 46 tahun, dia tuh gay. Dia bikin karya di detik-detik kematian nya yang membuat dia hidup selama nya. Jadi semacam module yang bisa diteruskan. Kaya permen-permen numpuk di satu sudut, lampu-lampu yang dipajang, dan kertas fotokopian ditumpuk. Hal-hal yang akan selalu ada sampai kapanpun dan bisa dipamerkan oleh orang lain. Keinginan dia untuk hidup selamanya itu terealisasikan.
Kalau kaya KAWS atau Daniel Arsham gitu gue ga relate aja sih jadi ga bisa komentar. Mungkin cuma eye candy aja. Kalau buat gue tuh karya yang gue suka mungkin yang ga bisa gue bikin kaya Christo atau Torres. Atau drawing yang pake garis-garis “kasian†penuh rasa dan tidak tegas. Kaya seniman perempuan namanya Nadya Jiwa, dia pake rasa banget gambarnya. Sesuatu yang gue ga punya.
Pendapat lo soal orang-orang yang cuma dateng ke gallery buat selfie aja dan ga terlalu interest ke karyanya?
Ya buat gue gapapa sih kalau mereka datang ke galeri cuma buat bikin konten dan selfie. Kan kata Tokopedia juga “mulai aja dulu†ya. Itu mungkin entry point mereka ya untuk mengerti dunia seni. Asal jangan ngerusak karya gue aja ya foto-foto sambil salto. Urusan selfie atau pencitraan urusan mereka lah. Ada yang nge tag brand nya dan bikin video klip di pameran gue. Tapi ada juga batas-batas yang seharusnya jangan dilewatkan. Selama masih foto-foto ya itu masih apresiasi ke karyanya.
Denger-denger lo mau bikin warteg juga ya?
Kayaknya gue tuh orangnya kebanyakan ide juga ya. Pengen bikin segala. Alasan nya gue bikin warteg ini sebenarnya kan nyokap gue itu kan catering dengan quantity yang besar. Gue cuma pengen mensosialisasikan makanan nyokap gue yang legend itu, yang sampai orang-orang tuh dateng ke rumah nyokap cuma karena pengen coba makanan nya. Gue pengen bikinin tempat buat nyokap biar orang-orang jadi bisa makan dan beli ketengan. Karena harga makanan di catering nyokap gue juga sama dengan warteg-warteg yang ada. Jadi balik lagi ke memberdayakan pegawai-pegawai nyokap gue juga. Nyokap gue kan namanya Anita Ratna Komala, dan namanya nyokap Arin (Sunaryo, suami) namanya Heti Komala Sari, jadi nama warteg nya Klub Komala. Kita-kita yang seumuran gini kan pengen nya makanan rumah, yang selalu menjadi kebutuhan dasar lah.
Top 5 band punk favorit lo?
Pasti gue pilih yang ciwi-ciwi ya.. The Cramps karena ada si Poison Ivy gitarisnya. The Slits, terus ga dipungkiri gue suka The Ramones. Kenapa gue selalu merasa Kate Bush itu bagian dari pergerakan punk di tahun itu. Sama Siouxsie and the Banshees.
Words & interview by Aldy Kusumah
Photo courtesy of Syagini Ratnawulan