Ilustrator eksentrik ini dikenal lewat ilustrasi morbid jokesnya dan sekarang membuat komik Aneka Ria Petaka (bersama Krowbar) yang tayang setiap minggu malam di feeds Instagram Maternal. Arsitek ini juga sebelumnya pernah membuat majalah arsitektur dan komik Brengsek yang diedarkan secara gerilya. Alex juga sempat membuat pameran Konspirasi Tangan Setan bersama Riandy Karuniawan, Morrgth, Biman dan Revan Rajasinga. Mari kita simak interview dengan Alex mengenai kesibukannya dengan crew Keep Keep/Terror Garage, memanage sebuah bar dan band grindcore “jenakaâ€nya yang bernama Muntah…
Â
Â
Lex, lo dulu pernah bikin komik juga kan? Ketertarikan lo sama komik dimulai setelah lo baca apa aja?
Â
Betul, Bad taste comic BRENGSEK sekitar tahun 2001-an sempet gw bikin copy-an nya lagi pas 2015, sebenernya dulu hanya iseng di kampus gambar-gambar terus bikin komik pendek yang akhirnya gw compile dan di publish sendiri. Komik ini ada CD companion-nya yang gw bikin buat musik ngiringin baca, namanya ‘private death party? musiknya gw bikin sendiri cut & paste, asal ada ambience-nya aja waktu itu, terus ada beberapa karakter yang gw buat komik strip beredar di kampus aja, setelah itu gw banyak ngegambar ilustrasi suka-suka jadi hobby gw biar ga stress, sampe akhirnya gw ngerjain ‘Aneka Ria Petaka? buat Maternal bareng ama si Bembie (Krowbar). Oh ya sebenernya ada satu komik lagi yang agak serius, gw develop pas lockdown pandemi kemaren judulnya ‘Balak? tapi ya gitu sambil nulis cerita buntu, jadi lama progressnya siapa tau lo bisa masuk juga Dy bikin script-nya hehe.
Â
Ketertarikan gw sama komik, standar-lah ya kaya anak-anak yang gede di ’90-an, mulai dari komik Donal Bebek, Asterix Obelix, Lucky Luke, Trigan, Storm sampe Tiger Wong sama manga dari Doraemon sampe yang horor-horor kaya Uzumaki. Tidak lupa juga komik-komik terbitan Misurind, Vertigo, tapi bukan komik-komik superhero gitu.. Gw ga terlalu suka. Jadi genre gw kalau baca komik sih dariama ada sedikit action dengan bumbu sci-fi campur horror, makin brutal atau konyol makin asik hahaha. Sampe suatu saat gw liat interview Mike Diana di majalah Wizard yang waktu itu baru beres kasusnya, sampe sempet dilarang gambar karena karyanya terlalu offensive. Itu kaya lumayan ngerubah gw dan jadi trigger gw buat bikin komik, makin banyak ngegambar dan bikin macem-macem.Â
Top 5 Komik favorit gw sekarang:
Superfly – Mike Diana
21st Century Boys – Urasawa NaokiÂ
Uzumaki – Junji Ito
Golgo 13 – Takao Saito
Prison Pit – Johnny RyanÂ
Â
Gimana awal mulanya ide komik Aneka Ria Petaka bisa tercetus dan terealisasikan?
Â
ARP sebenernya idenya Vidi (Maternal), dia ngontak gw hampir setahun lalu buat bikin project ini, tapi buntu ternyata kalau gw kalau ngegambar sambil bikin storynya, jadi sempet ketunda. Akhirnya tiba-tiba ada telpon dari Bembie (Krowbar) dia bilang ke gw “ada project nih dari Vidi“, nah gw langsung keingetan hahaha.. gw bilang langsung ama Bembie “komik Maternal ya..†, “iye..†katanya. Pas deh. Abis itu kita briefing cari nama project-nya dan mulai develop karakternya. Gw bikin ilustrasi, Bembie bikin story-nya, terus lanjut sampe sekarang. Kalian bisa liat ARP di feed Maternal setiap hari minggu malam.Â
Â
Â
Buku apa aja yang udah pernah lo buat selain kumpulan karya lo dan Book of Faces? Ceritain juga proses dan ide pengerjaan buku-buku tersebut..
Â
Memang ada beberapa buku yang gw buat selain komik Brengsek, yang isinya illustrasi dan gw edarin by hand. Kalau ide pengerjaan karena gw suka banget doodling dan gambar udah jadi kebiasaan, terus daripada ga diapa-apain, biasanya gw bikin jadi buku scrapbook yang jumlahnya sangat terbatas. Buat preserve gambar-gambar gw dan dapet apresiasi orang dari situ biasanya suka nambah temen baru, sampe di taun 2015 gw ditawarin bikin pameran sendiri, di Omnispace. Nah di waktu itu gw bikin buku kompilasi gambar-gambar dari taun 2010-2015 dengan produksi yang lumayan niat ngerjainnya, dengan bantuan temen-temen buat treatment kover dan ada apresiasi dari temen-temen gw buat konten. Produksinya juga di cetak offset bukan fotokopian kaya Sebelum-sebelumnya, dengan jumlah cukup gede juga, sekitar 200-an buku yang gw buat. Setelah itu ada buku kompilasi gambar gw lagi judulnya ‘Severed? isinya ya sama dari doodling dan gambar-gambar gw sampe taun 2017 dan yang terakhir gw bikin ‘Book of Faces? taun 2018 untuk di acara zine fest waktu itu.Â
Â
Â
Sudah pernah berkerja dengan brand apa saja selama ini?Â
Â
Selama ini gw lebih banyak ngerjain project-project desain dan illutrasi untuk keperluan TFS dan Keep Keep. Diluar itu gw pernah ngerjain juga buat Maternal, Husted Youth, dan di era awal Bastards of Young bareng ente Dy. Karena hobby gw emang ngegambar, sebenernya agak jarang juga gw kerjain sengaja untuk brand, jadi biasanya kebetulan aja gw crosspath gara-gara temen.Â
Â
Ceritakan beberapa eksibisi-eksibisi yang udah pernah lo ikutin dan beberapa yang paling menarik…
Â
Kalau eksibisi ga banyak yang gw ikutin tapi “Konspirasi tangan setan†kayanya salah satu yang paling berkesan. Ditahun 2010, gw, Morrg, Riandy Karuniawan dan Revan jadi inisiator bikin pameran buat ngebantu si Biman (Rajasinga) tugas akhir. Jadilah pameran ini. Menariknya karena di tahun segituan belum banyak juga yang muncul kepermukaan buat bikin karya dan pameran model gini di galeri. Di tabun 2015 gw bikin pameran karya tunggal di Omnispace, setelah itu belum ada lagi sih kalau eksibisiÂ
Â
Â
Lex, selain jadi ilustrator/seniman lo juga punya kerjaan normal sebagai arsitek, dan juga nge-manage bar OJ’s Tavern. Selain itu lagi disibukkan dengan proyek apa saja? Gimana lo membagi waktu untuk berkarya dan menjalankan kerjaan-kerjaan lain itu?
Â
Rutinitas gw sehari-hari sekarang lebih banyak diabisin malam di OJ’s Tavern, bar yang gw kelola bareng pak John. Kalau siang di kolektif Terror Garage dan Keep Keep Musik, diantaranya nge-develop TFS (Threat for Society) brand yang gw buat bareng sama Terror Garage dan ‘The Kameo’, thrift shop bareng teman-teman di Keep Keep, sambil terkadang ada kerjaan arsitektur / interior sekali-kali hahaha. Kalau buat timing dan schedule-nya memang banyak yang overlap, untungnya lingkungan kerja gw lumayan ngedukung aktivitas gw, jadi bisa bebas ngerjain semua yang gw mau dan selama ini natural aja sih gw jalanin sampai saat ini.Â
Â
Dulu lo punya band grindcore ‘obscure’ bernama Muntah sama si Revan (Rajasinga). Ada cerita menarik mengenai Muntah?
Â
Hahaha ‘Muntah? itu juga kaya mitos si buat gw, mitos yang bener-bener nyenengin. Panjang banget nih kalau gw ceritain. band ini memang ga nyerempet kemana-mana haha cuma ada di sekitaran gw sama teman-teman yang bener deket sama gw aja kayanya. Jadi sebenernya emang udah lama gw pengen bikin band kaya Muntah, niatnya bikin band grindcore dan dikasi unsur-unsur speed kaya musik power violence tapi di kampus gw ga ada yang pas bisa mainin ginian. Baru Di taun 2001 Revan kebetulan baru masuk di kampus gw, pas liat dia dipikiran gw kaya dapet pencerahan, potensi nih bisa gw ajakin nge-band, dulu dia dateng ospek pake sabuk peluru dan T-shirt “Cryptopsyâ€. Di kampus gw jarang banget ada yang kaya gitu. Setelah gw approach, ternyata mau dia, terus gw ajak Dungan, yang terus jadi gitaris The Bohays. Tambahannya Krisna bassis yang selalu absen. Kita mulai brief dan main di acara-acara kampus dan di acara anak-anak balkot di era itu, barengan sama Domestik Doktrin dan lain-lain, tapi musiknya melenceng jadi kaya band grindcore komedi suka-suka aja sih. Ada ep-nya band gw ini ‘Rot ’n Roll Bastard? yang di rekam live dan bener-bener ngawur akhirnya dari lirik, performance dan lain-lain. Mungkin karena band ini ada di hari-hari kita dulu pas ga ada beban sama sekali, semuanya terjadi dan lewat begitu aja, kalau lagi manggung juga sebenernya kita suka bikin performance aneh-aneh sampe pernah satu waktu satu GSG di UNPAR yang tadinya penuh, bubar semua pas kita main, karena kita masang background video brutal, kumpulan klip dari OGRIS.COM, jadi pas gw sadar, sisa yang liat paling beberapa orang dan setelah kita turun dari stage GSGnya langsung penuh lagi hahaha. Oh ya Muntah juga pernah loh di buka sama “The Sigitâ€, karena waktu itu mereka maen sebelum gw hahaha, masa-masa yang happy banget.Â
Â
Dulu lo pernah bikin majalah arsitek juga ya?Â
Â
Yo i dulu gw pernah buat majalah arsitektur interior namanya ‘Room magazine? bareng sama temen-temen arsitek sekangkatan gw 2 orang, sempet bertahan 3 tahun doang dan kayanya memang media yang temanya beginian agak susah buat survive. Ya apalagi isinya bener-bener idealis di waktu itu, tapi itu salah satu pengalaman yang gw ga mungkin bisa lupa, karena realisasinya pengen bikin majalah gaya-gaya majalah yang udah established tapi cuma bertiga dan ngabisin duit cukup banvak pisan saat itu buat bikinnya.Â
Â
Di karya-karya lo gue liat ada pistol Star Wars, Blade Runner sampe reference film Misery, Phantasm, dan Evil Dead. Film-film apa yang paling berpengaruh buat lo selama ini? film-film apa yang dari art-direction menurut lo paling menarik?
Â
Banyak yang jadi trigger gw buat ngegambar, apalagi kalau ga ada ide fresh, Salah satunya gw nginget-nginget film yang gw suka. Film yang berpengaruh buat gw dari gw kecil, ketebak lah Evil Dead dan sequels-nya buat Sam Raimi. Bad Taste & Dead Alive Peter Jackson juga. Gw juga suka banget Star Wars. Film-film silat jaman dulu keluaran Shaw brothers & Golden Harvest. Film-film keluaran Full Moon Production dan Troma Entertainment. Kalau di kotakin kayanya banyak film action, horror, sci-fi, mystery taun ’70-90an. Banyak film yang produksinya menarik menurut gw, kaya gaya film-filmnya John Woo, favorit gw A Better Tomorrow dan Hard Boiled. Film drama, action-thriller tema bales dendam yang asik banget karena film ini ternyata lumayan romantis juga. Kwaidan, film taun 1965 terjemahan ingrisnya “ghost stories†jadi isinya 4 folklore jepang, dengan setting yang pasti spektakuler banget di jamannya, pas di tonton pertama kali, film ini memang luar biasa indah kesannya buat gw. Evil Dead Sam Raimi taun ’81 dengan segala keterbatasan produksinya waktu itu. Salah satu film yang sangat berkesan buat gw adalah Telaga Angker, ini juga film Suzanna yang mantep banget, ga pernah lupa gw sama film ini. Lumayan masih banyak lagi nih film yang berkesan buat gw sebenernya hehe..
Â
Â
Top 5 movie posters?
Â
The Silence of the Lambs (1991)
Rosemary’s Baby (1968)
The Exorcist (1973)
The House by Cemetery (1981)
Suspiria (1977)
Dibalik homage kaos Repulsion dan T-shirt An*l C*nt yang lo pake, ternyata lo mengkoleksi plat Chet Baker dan juga menaruh Whitney Houston dan Reza Artamevia di playlist Spotify lo. Top 10 lagu tersedih paling keren versi lo apa?
Â
Move a mountain – Chromatics
Sound of Silence – Simon & Garfunkel
With You All the Way – Shane Sutton
A Song For You – Carpenters
I Won’t Last a Day Without You – Carpenters
Also Ran – Blueboy
Deserve – Trembling Blue Stars
I?ll Be Seeing You – Billie Holiday
Tomorrow – Sean Lennon
Suicide is Painless – Lady & Bird
The Saddest Song i Ever Heard – For Real
Here i Am – Air Supply
Ada cerita-cerita unik selama lo berkerja di bar dan mengerjakan proyek arsitektur selama ini?
Oh banyak juga cerita-cerita lucu dari keseharian gw, kalau di OJ gw seneng banget ngisengin orang, jadi kalau tempatnya lagi lumayan penuh banyak juga simpatisan yang memang baru pertama ke OJ jadi ga tau posisi toilet dimana dan suka nanya ke gw, biasa nya gw suka jawab “Sorry… Kekurangan tempat ini tuh ga ada toiletnya†biasanya orang yang rada tipsy-tipsy gitu di bilangin begitu mukanya langsung drastis berubah total dan super pucat. Panik dia pikir beneran kaga ada toilet, padahal dia udah kebelet banget. Sama yang suka aneh juga disana banyak konsumen yang mabok dikit nanya tiba-tiba “Mas.. Kalau pintu keluarnya sebelah mana ya?†kaya orang linglung gitu haha! Dia pikir tempat gw kaya Dufan kali ya, pintu masuk sama pintu keluar beda.
Kalau pengalaman gw pas di proyek arsitektur ada juga yang menurut gw lumayan lucu lebih ke tragis sebenernya, waktu itu gw sempet ngerjain project rumah tingal di daerah pluit, jadi singat cerita pas udah waktunya nge-cor struktur, mandor gw waktu itu bandel banget, jadi gw biasanya sebelum aktivitas cor dan lain-lain gw minta periksa keliling yang nyambung sama tetangga. Jadi sebelum gw suruh periksa, dia inisiatif langsung mulai nge-cor dari malem, tanpa sepengetahuan gw. Pagi besoknya mandor gw ini laporan ke gw kalau dia udah mulai cor dari malem tapi ga masuk-masuk katanya. Nah disini gw udah mulai curiga dan bilang kalau seharusnya ga boleh mulai dulu sebelum periksa keliling, tiba-tiba gw terima telpon dari tetangga, dia bilang sekarang lagi di RS dan ada cor-an yang masuk ke rumahnya, jadi minta ditengok dl ruangannya.
Saat itu gw masih tenang-tenang aja sampe waktu siangnya gw lihat ke rumah tetangga, kaget banget gw dan lumayan emosi jadinya. Karena yang di cor-in sama mandor gw ternyata udah lumayan banyak dan gilee bececeran kemana-mana, plafond bobol, sampe nimpa tempat tidur dan meja kerjanya. Setelah gw perhatiin lagi mejanya ada yang kelap-kelip ketutup semen dan batu split yang udah kering. Pas gw tanya “Itu modem ya?†tetangga gw jawab “ Iya mas, ada laptop juga dan kamera disitu“. Waktu itu langsung lemes gw, tapi untung tetangganya baik. Jadi langsung gw perbaiki ruangannnya jadi kaya semula, cuma yang bikin bete gw suru tukang gw ngetokin semen plus batu split yang udah kering semaleman kaya jaman batu dan yang di temuinnya yaitu laptop, modem, dan kamera. Pelajaran berharga banget ini mah jadinya hahaha…
Â