Decky Sastra adalah salah satu icon custom culture lokal: tipografi raw nya yang khas mungkin sudah sering kamu lihat di motor-motor custom BBQ Ride sampai di kap mobil-mobil custom. Decky pun mendirikan brand nya, Raw Type Riot, yang ter-influence gaya American vintage dan Japanese classic. Mari berbincang dengan Decky mengenai perjalanan karir nya dari seorang mahasiswa design, menjadi illustrator freelance sampai mengerjakan proyek destinasi wisata di Pangalengan…
Halo Decky. Sebelum mendirikan Raw Type Riot (RTR) kan lo suka bikin jaket dan helm custom, bikin artwork-artwork dan lettering menggunakan mobil/motor sebagai media.. Bisa ceritakan sedikit tentang background Decky?
Jadi awalnya itu di 2017 memang basically setelah yang tadi dibicarain, emang bener Decky itu suka bikin artwork, lalu memulai ikut banyak event-event, dan pas ikut event tersebut memang belum punya merchandise, jadi kepikiran untuk memulai bikin si RTR. Awalnya juga cuma bikin 2 lusinan. Alhamdulillah RTR lahir di BBQ Ride 2017. Dan itu juga stok langsung sold out. Di tahun berikutnya langsung lebih fokus untuk bikin artikel-artikel outer. Awal karirnya emang seperti itu karena basicnya DKV Unikom design. Lalu merambah ke handwriting dan lettering manual. Akhirnya keluar lah aliran desain yang disebut si “Raw Type†ini..
Lalu bagaimana lo transisi dari seniman menjadi brand owner dan creative director di RTR?
Jadi transisinya memang secara organik saja sih ‘a. Jadi sebelum 2017 itu Decky sering design-design freelance dan pernah juga jadi in-house designer di Unionwell, dan juga di Von Dutch USA. Udah kebentuk dari situ cuma emang belum berani bikin brand. Nah di RTR ini mulai coba untuk ngehandle dan bikin brand. Jadi design bisa sendiri, dan gara-gara Decky juga sering main kesana-kesini akhirnya bisa memperkenalkan prodak dan bisa jalan sampai sekarang.
Gue ngeliat influence American vintage dan Japanese classic di RTR. Sebenernya influence dan referensi lo saat bikin brand RTR ini apa saja?
Ya sih bener banget. Karakter dari RTR itu memang mengusung American style dan vintage Jepang sih. Awal-awal sih lebih seneng ke vintage military akhirnya berkembang di 2017 akhir itu udah mulai develop si varsity jacket. Jadi memang banyak terinspirasi dari brand-brand Jepang gitu. Kalau untuk yang technical nya seperti yang kita ketahui Neighborhood, WTAPS, Visvim. Kalau vintage nya itu lebih kaya ke Sugar Cane & Co terus The Real McCoys dan Toy McCoy. Kurang lebih seperti itulah..
Display si RTR kemarin di USS menarik juga ya. Seperti scene high school Amerika lengkap dengan loker dan varsity jacket nya. Bisa ceritain sedikit tentang konsep display tersebut?
Iya bener. Di USS kemarin itu kita coba menyajikan untuk mengkuatkan karakter varsity ini yang lebih populer digunakan di American high school, dan ekskul-eksul universitas disana. Kita mengangkat tema ini tuh kaya loker-loker sport gitu biar nguatin karakter varsity jacketnya. Karena kita dari 2017 memang sudah mengusung tema varsity. Karena sekarang kan semua brang lagi bikin varsity gitu hahaha. Ya meskipun memang varsity itu sudah ada dari jaman dulu kala. Cuma kita ingin menampilkan varsity yang kuat secara detail, pemilihan bahan, bordir teknikal sampai ke kualitas packagingnya. Kita coba ngambil jargon “The King of Jacketsâ€. Itu yang pengen kita kuatin.
Dengan banyaknya event-event custom culture yang lo ikutin dan aktifnya lo di komunitas otomotif, sudah pasti lo sangat jatuh cinta dengan dunia otomotif. Motor atau mobil klasik apa yang awalnya membuat lo suka dengan otomotif?
Otomotif atau custom culture itu emang sangat mempengaruhi gaya-gaya design soalnya di era itu secara tipografi sangat di highlight. Design-design gambar jelek pada saat itu malah menjadi ciri khas yang otentik. Dan tentunya sangat-sangat berpengaruh ke stylenya si RTR. Kalau ngomongin otomotif dari awal tuh sebenenernya lebih seneng ke motor-motor vintage. Kaya Honda Bebek. Lalu berkembang di masa pandemi ini, karena kita ga bisa motor-motoran kemana-mana akhirnya jadi ngulik mobil Jepang.
Mobil atau motor favorit lo apa saja? Dan wishlist yang belum kesampean lo punya?
1. Honda C102
2. Honda C50 New old stock,
3. Harley-Davidson Sportster 1200 sekarang lagi bangun
4. Astrea 800 warna biru
5. Kalau mobil yang sering dipake sekarang itu Toyota Raum CBU (built up).
6. Jimny Katana Long yang saya suka itu di-convert jadi JDM style
7. Honda Stepwagon.
Kalau wishlist sih pengen Jimny JB74 yang baru, modern-klasik dapet. Kalau motor mungkin pengen punya Harley Sportster Ironhead yang belakangnya pake boot tail..
Kalau unit bisinis lo yang lain: Motor Nasional dan AI Diary Studio itu konsepnya seperti apa?
Untuk Motor Nasional lebih kaya forum hobby yang Decky kumpulin di Instagram. Mengenai informasi motor, informasi kelangkaan. Kaya ngumpulin temen-temen yang suka motor tua dan lebih ke tips n trick dan lain-lain. Kalau AI Diary Studio ini basic nya design-design juga dan kita ngerjain konsep rumah, konsultan dan tahun ini sekarang kita lagi menggarap salah satu destinasi wisata di Pangalengan, yang akan dibikin sekeren mungkin hehehe…
Seniman-seniman influential yang lo look up siapa saja? Yang sangat menginspirasi style lo sampai sekarang ini?
Wah banyak banget ya. Kalau seniman diluar tuh ada Ed “Big Daddy†Roth yang pencipta Rat Fink itu. Kalau yang jaman sekarang itu ada Ornamental Conifer..
Lalu brand-brand favorit lo apa aja?
Jujur banget ya ini, saya seneng banget sama Easthood hehe. Itu brand nya almarhum Mas Dany ya. Selain kenal juga sama almarhum, saya memang senang konsep Easthood dari dulu masih di Dago Atas. Saya udah punya beberapa koleksi dari stylenya yang horod. Walaupun sekarang lebih ke musik teteplah itu brand favorit. Kalau luar banyak juga yah.. Fundamental, Visvim, Moon Eyes mungkin ya kalau brand custom culture nya…
Pendapat Decky soal industri fast fashion vs slow fashion gimana? Brand-brand yang akan sustainable versi Decky idealnya seperti apa?
Sebenernya fast-fashion dan slow-fashion sama-sama bergerak di industri kreatif ya. Mereka udah punya visi yang berbeda dari segi jualan maupun bisnis. Tapi pada akhirnya yang menurut saya akan bertahan adalah yang secara value brand nya itu kuat banget. Dan punya karakteristik yang otentik dan tentunya punya pembeda aja sih dari brand-brand lain. Itu aja sih yang terpikirkan saat ini hahaha…
Interview by Aldy Kusumah
Photos by Decky Sastra archive’s