Mungkin kita mengenal suara vokal Anindita dari album “Curiouser & Curiouserâ€-nya Santamonica yang cukup seminal dan ramai diperbincangkan oleh media di era tahun 2000an. Ternyata Dita memutuskan untuk merilis single baru dari proyek solonya, Sistine di tahun ini, yang menurutnya akan memanjakan telinga para penggemar neo-soul / hip hop seperti seperti SZA, Kali Uchis dan Jorja Smith. Mari berbincang dengan Dita mengenai aksen Jamaica Jorja Smith, Karedok, dan unsur kapitalisme dalam wabah pandemi ini..
Â
Kemarin Santamonica baru ngerilis EP Remix ya? Bisa elaborasi sedikit mengenai itu?
Â
Jadi gue ama Iyub (Santamonica, Sugarstar) udah lama banget ga rilis apa-apa karena kita berdua sibuk banget ngejar cuan. Jadi inspirasi kita tuh kaya ilang gitu. Karena pandemi dan setahun lebih dirumah terus proyek-proyek banyak yang postponed juga kan. Iyub mulai terinspirasi lagi untuk bikin musik. Kalau mau bikin album, walaupun kita udah rekaman banyak lagu baru, kita pikir waktunya ga tepat kalau rilis pas pandemi gini. Susah konser juga, mo bikin aktivasi juga ribet. Yaudah kita keluarin mini album dulu aja. Sebelum EP ini Iyub juga ada proyek sama Joox. Proyek nya tuh kaya collab antara artist baru dan artist lama. Gue sama Kimokal kan genre nya mirip. Trus sama-sama duo juga. Kebetulan mereka punya judul lagu “Wanderlust†juga sama judulnya dengan lagu Santamonica yang jaman dulu. Kenapa engga Kimokal ngecover lagu “Wanderlust†Santamonica dengan versi mereka, dan Santamonica melakukan hal yang sama dengan lagunya Kimokal yang “Wanderlust†juga.Â
Â
Ternyata animo orang-orang tuh pada bagus banget. Media-media tuh masih excited sampe masuk NME Asia, padahal kita bikin video klipnya juga cuma pake iPhone doang gue. Sutradara yang biasa kerja ama kita, Arya Wijaksana, dia pake footage-footage fashion shoot dia yang dirombak. Karena dulu kita sering bikin video fashion buat Elle Magazine. Digabung ama footage yang gue shoot di kamar pake iPhone. Album mungkin awal tahun depan ya, semoga sih udah bisa konser lagi. Karena gue ama Iyub lumayan perfeksionis. Mo rilis apa-apa tuh kita harus bener-bener pikirin konsepnya segala macem. Kalau sekarang beda sama dulu. Dulu formulanya kita udah tau: videoklip dan keluarin fisik, udah beres. Kalau sekarang kan beda, digital. Jadi mending single, single, single dan baru album keluar. Kita lagi mikirin caranya juga biar mateng.
Â
Â
Â
Dulu EP “189†lo yang sebelum album “Curiouser and Curiouser†masih agak bossa nova ya?
Â
Dari album pertama ke album kedua tuh kalau kita konsepnya harus nyambung. Walaupun gue sama Iyub evolved secara musik dan segala hal dalam hidup. Udah berapa belas tahun kan. Untuk menjembatani album ke satu dan kedua walaupun Santamonica ada perubahan tetep ada rasa Santamonica nya juga. Dan ini dikasih liat nya di mini album itu. Sebenarnya kan EP “189†itu dibagiin limited edition pas gue ama Iyub married. Masih bossa nova, jazzy, swing, waltz. Yang ini beda. Sebenarnya ini adalah remix-an kita sendiri pas live PA kalau ga mungkin bawa full band, jadi di remix, jadi agak electronic disco-techno gitu-gitu. Dan ada beberapa temen juga yang mau nge-remix. Dan beberapa lagu gue nyanyi ulang karena kualitas rekaman nya dulu kurang bagus.
Â
Â
Lalu lo juga ada proyek Girls Girls bareng Iyub ya?
Â
Nah itu masih proyek yang bareng Joox. Iyub punya ide udah lama banget, kaya mo bikin talent show tapi audisinya digital. Kalau talent show yang lain-lain di TV kan orang kan datang. Kalau kita engga kan, karena sudah ada teknologi. Dan Gen-Z ini kan apa-apa digital, apa-apa social media. Kenapa kita ga pake platform itu untuk audisi. Rencana nya kita bikin girlband yang belum ada di indonesia, secara look keren fashion-nya dan musikalitas-nya juga bagus. Ga ada Korea atau Jepang-Jepang nya sih, soalnya kita pengen unik. Bajunya juga kerjasama ama designer dari shanghai gitu. Sekarang lagi ada proses masalah kontrak sih sebenernya. Ini kan 4 orang yang punya karir sendiri diluar Girls Girls. Kedepannya kita lagi rundingin sih sama member-membernya.
Â
Kalau solo projek lo dengan moniker Sistine itu gimana ceritanya?
Â
Jadi sebenarnya gini, gue kan dari awal suka hip hop. emg musikalitas gue sama iyub tuh ada yang sama dan ada yang beda juga. Gue ngasi influence ke dia kaya bossas, hip hop. Dia ngasi ke gue kaya Cinematic Orchestra, Battles. Di Santamonica sendiri gue tuh kaya pengen bikin musik yang menurut Iyub ga cocok buat lagu band Santamonica. Akhirnya gue bilang ke Iyub kalau gue tuh pengen bikin solo album dari lagu-lagu yang kemaren ga kepake sama Santamonica. Kata Iyub “ngapain pake lagu2-lagu bekas. Udah bikin yang baru aja sini konsepnya deh yang kerenâ€. Kenapa gue pake nama dan moniker Sistine tuh karena suka Michaelangelo yang menurut gue renaissance enlightening lah. Kalau dipikir-pikir secara nama Santamonica juga masih ada nuansa biblical nya juga walaupun gue ga beragama Katolik. Jadi masih nyambung-nyambung lah, dan gue juga terinspirasi pas gue kesana, ke Sistine Chapel. Tapi alesan paling pentingnya sih gue ga mau pake nama asli gue biar orang-orang ga bingung. Biar pekerjaan gue diluar musik jadi nyaru dengan musik gue. Jadi kalau orang nyari musik bisa browse nya Sistine. Kalau mau pekerjaan fashion gue yang profesional bisa pake nama asli gue. Biar ga jadi ambigu dan bingung, kenapa dia fashion director dan stylist tapi kok ada musik hip hop nya. Jadi gue pengen memisahkan pekerjaan profesional dengan proyek musik pribadi gue.
Â
Â
Apakah pekerjaan lo sebagai fashion director di Elle dan stylist freelance berpengaruh ke output-output musik lo?
Â
Jadi dulu gue emang kerja di Elle Indonesia sebagai fashion director, 8 tahunan lah. 2017 gue udah ga kerja lagi di majalah. Sempet punya bisnis salon Toni & Guy yang di Kelapa Gading, PI dan di Kemang dengan owner yang lain juga. Sempat juga bisnis kosmetik dengan beberapa teman gue, Nude Cosmetics. Tapi gue ngerasa hairdressing bukan passion gue, gue ga bisa melakukan sepenuhnya karena basicnya gue ga ngerti. Dengan franchise juga banyak limitations kan produknya harus pake ini itu, ga bisa bebas juga. Akhirnya ga gue terusin, yang kosmetik juga ga gue terusin karena direction nya berubah. Karena gue mau ngerjain sesuatu yang sesuai dengan passion gue juga. dan gue juga ga bisa 100% di bisnis itu karena masih megang Elle dan ngerjain iklan juga. Gue mikirnya print media udah masa lalu, dan gue udah merasakan the golden years-nya. Lo harus bisa adapt dengan perubahan, kalau lo ga bisa adapt ya elo akan tertinggal. Dan memang semuanya mau ga mau harus move ke digital. Karena gue liat dalam musik juga gue gak bisa pake formula lama kaya dulu. Semua pake analog synth bla bla bla kaya jaman dulu. Ternyata sekarang Iyub juga ngerasa bikin pake midi juga oke nih. Asal lo bisa ngerti cara manipulasi-nya agar sesuai dengan standard lo.Â
____________________________________________________________
Â
“Lo harus bisa beradaptasi dengan perubahan tapi lo juga ga merubah identitas lo. Soalnya kalau gue disuruh nyanyi pake aksen Jamaica kaya Jorja Smith ya gue ga bisa hahaha.â€
____________________________________________________________
Â
Lalu gimana cara Santamonica tetap terdengar “organik†walaupun beradaptasi dengan teknologi dan musik kontemporer?
Â
Beradaptasi dengan platform nya, strategi bisnis dan media-nya. Tapi diri lo sendiri kan ga bisa sekejap berubah langsung. Misal gue tiba-tiba berubah jadi afrobeat atau suara gue jadi aksen Jamaica hahaha. Itu kan bukan diri gue, gue gamau merubah hal-hal seperti itu. Lo harus bisa beradaptasi dengan perubahan tapi lo juga ga merubah identitas lo. Ga sell-out dalam arti disini gue ga memaksakan menjadi sesuatu yang gue ga suka dan ga bisa. Soalnya kalau gue disuruh nyanyi pake aksen Jamaica kaya Jorja Smith ya gue ga bisa hahaha.Â
Â
Â
Kalau ngomongin influence, lo di Santamonica sekilas terdengar seperti perpaduan dari Stereolab, Battles dan Astrud Gilberto. Sementara upcoming single proyek solo lo (Sistine) terdengar kekinian dengan pengaruh kontemporer dari SZA, Kali Uchis, Jorja Smith dan Doja Cat. Bisa elaborasi sedikit?
Â
Gue tipe orang yang selalu melihat talent-talent baru. Ada juga kan orang yang stuck kaya “kalo gue udh Cocteau aja Cocteau! Heavy metal nya ini aja yang lama-lama. Yang baru-baru ga mau dengerin†. Ya buat gue sih good music is good music. Gue kagum ama Jorja Smith, Kali Uchis, SZA. Buat gue ya gue ga bisa kaya mereka. Gue kagum sama performance dan musikalitas mereka. Lagu-lagu nya gue suka banget. Influence itu ya gue juga ga mencoba menjadi seperti mereka. Influence mungkin dari beat nya.. Gue juga ga berubah total. Lo kalau denger Sistine juga tau itu tetep suara gue. Lucunya gini Dy, selama bertahun-tahun orang pikir vokal gue kalau nyanyi tuh kaya di efek-efek in dan autotune gitu. Pas ketemu dan gue nyanyi ternyata suara gue emang gitu. Paling cuma di layer tinggi-rendah aja, dan reverb-chorus dikit.Â
Â
Dystopia tahun 2020-2021 menurut lo?
Â
Gue ngeliat nya kaya apa ya, sebenarnya manusia tuh udah bisa memprediksi dirinya sendiri. Apa-apa yang terjadi itu dari mulai perang, wabah pandemi, ya bisa dibilang itu ego nya manusia sendiri yang bikin itu. Bukan dari alam. Mana ada alam kaya gitu. Alam cuma memastikan bahwa kita ga over-populated. Gue ngomong ama beberapa orang yang memang geneticist, dokter dan mereka real people bukan artikel dari internet. Menurut mereka tuh mutasi-nya nature ga kaya begini. Kalau dibilang virusnya dari kelelawar yaudah beratus-ratus tahun orang di Sulawesi Utara makan kelelawar ya ga ada masalah. Setelah diperiksa secara mutasi genetiknya ya ga terlihat natural. Aneh. Mereka sih bilangnya allegedly it’s man made. Kalau dilihat dari sequence genetik nya segala macem. Gue sih sceptical about all the conspiracy theories. Tapi ya people are greedy. Semua perang yang ada itu karena keserakahan manusia, mau jualan senjata, mau punya power disini, bisa punya power over oil lah, political interest nya lah. Jadi ya gue sih ga heran kalo ini dibuat untuk kepentingan kapitalisme dan controlling the population.Â
Â
Jadi kaya survival of the fittest ya?
Â
Iya karena yang diuntungkan big pharmacies kan. Yang dirugikan UMKM, small independent companies. Ya balik lagi, semua berubah dengan cepat dan kita harus beradaptasi. Ini kan survival of the fittest. Lo kemaren lockdown banyak kan yang kena depression, anxiety, mental issues segala macam. Kalau lihat dari perspektif negatifnya ya memang menyebalkan. Kalau gue selalu berusaha untuk melihat sesuatu dari sisi yang “yaudah mau gimana caranya sekarang soalnya lo harus surviveâ€. Menurut gue positive mindset itu membuat lo jadi ga sakit, elo menjadi lebih beruntung dalam hidup. Resilient dan looking at the silver lining nya lah.Â
Â
Â
Looking at the bright side?
Â
Iya. Gue awalnya hidup kaya di flip lah. Sabtu-Minggu lo biasa pergi ama temen-temen atau clubbing misalnya. Tapi setelah harus banyak dirumah, gue akhirnya menyadari selama bertahun-tahun itu gue banyak mengejar hal-hal yang sifatnya instant gratification. Bukan-nya melihat ke dalam diri sendiri: Apa yang gue pengen? Lo tuh siapa? Purpose hidup lo apa? Hidup lo tuh maunya gimana? Are you happy being with yourself? Gue ngerasa kalau sendirian gue kesepian. Gue harus ada temen-temen yang bisa ngasih gue energi. Ternyata pada saat gue sendirian gue bisa liat apa yang gue missed-out dalam hidup. Ternyata gue kangen musik dan berkarya. Gue selama ini banyak abandon myself. Ga ngurus diri sendiri cuma ngurusin orang lain, ngurusin pekerjaan doang, ngejar karir ngejar cuan. Tapi diri gue terbengkalai.
Â
Selama ini mungkin orang-orang ngerasa taking for granted ya dulu bisa makan di pinggir jalan, bebas kemana-mana tanpa masker dan lain lain…
Â
Iya. Kebebasan kita dulu hilang, bisa kemana-mana ga pake masker, ketemu temen, pelukan sama temen. Kemaren-kemaren tuh gue juga ngerasa taking for granted aja semua-nya. You don’t know what you’ve got till it’s gone. Tapi gue seneng secara soul, spiritual dan mindfulness, gue merasa menjadi lebih baik dengan gue discovering myself dan lebih mencintai diri sendiri. Klise ya semua orang bilang meditasi atau apa tapi buat gue beneran ngebantu banget. Dulu gue suka merasa bersalah kalau taking me time atau liburan. Sekarang kaya tidur jam 9 malam dan bangun pagi nginjekin kaki di rumput aja udah blessing. Orang ngajak party gue prefer tidur, kalau party gue minum, besok gue hangover kehilangan satu hari dalam hidup gue. Buat apa? Jadi ini adalah momen krusial dimana lo bisa flip hidup lo jadi lebih baik atau going downhill..
Â
____________________________________________________________
“Mungkin juga karena jaman dulu generasi kita ga terlalu digital. anak-anak jaman sekarang gue lihat social skill nya agak kurang. Gampang kecewa, awkward. Tapi mungkin generasi kita dulu juga dulu ignoring the problem atau emang denial aja hahaha.â€
____________________________________________________________
Â
Kemarin Sugarstar sempet rilis single baru kan? Dan ada lagu “Delirious†featuring lo juga kan di salah satu lagu nya?
Â
Sugarstar itu kan punya lagu sekitar 30-40an dari tahun 2001 atau 2002 mereka ngeband. Nah hardisk nya Iyub rusak dan crash pas mau rilis. Kebetulan gue punya beberapa lagu-lagunya di komputer gue. Gue kan selalu rapi, selalu gue simpen semuanya. Iyub akhirnya ngambil dari beberapa yang gue punya dan dia remaster. Lagu “Delirious†yang gue nyanyi itu sebenarnya yang mau dia rilis pas Hardisk-nya crash. Jadi dia akhirnya bikin lagu baru dan minta gue untuk nyanyi.Â
Â
Itu sebenarnya tentang mental health. Selain itu kaya tentang lo ngomong ama diri lo sendiri. Seperti penggalan liriknya yang “You’re standing there in a crowded room of yourselfâ€. Sebenarnya semua itu ada di pikiran dia. Itu dari pengalaman gue sebenernya. orang-orang yang gue temuin, kaya anak buah gue dulu itu yang Gen-Z banyak yang kena mental depression, bipolar. Mungkin generasi kita juga dulu banyak cuma kita gatau aja soalnya dulu kan malu mengakui hal-hal yang berhubungan dengan mental health. Bagusnya tuh di generasi sekarang ini semua itu di akuin. Mungkin juga karena jaman dulu kita ga terlalu digital. Anak-anak jaman sekarang gue lihat social skill nya agak kurang. Gampang kecewa, awkward. Ya itu hidup. Mau kecewa mau happy harus lo jalanin. Tapi mungkin antara generasi kita dulu juga ignoring the problem atau emang denial aja hahaha. Nah yang “Words of Farewell†itu dibikin easter egg di dalamnya ada semacam hidden song yang delirious itu.
Â
Â
Top 5 records that changed your life?
Â
1. My Bloody Valentine – Loveless (1991)
2. Blonde Redhead – Misery is a Butterfly (2004)
3. Air – Talkie Walkie (2004)
4. Broadcast – Haha Sound (2003)
5. Cocteau Twins – Heaven or Las Vegas (1990)
Â
Â
Top 5 foods that you can’t live without?
Â
1. Risoles Ragout. Ini nih yang paling gue suka. Kalau gue boleh makan ini tanpa bisa jadi gendut, itu adalah risoles ragout buatan sepupu gue atau yang di Bintaro Bakery. Nomer 1 ini, ter-the best.
Â
2. Dim Sum atau Siomay-siomay gitu gue suka banget.
Â
3. Indomie Goreng. Jujur harus banget. Sebenernya ga boleh makan cuma cheat day gue ya ini hahaha..
Â
4. Nasi Campur yang di Bali, di Kerobokan. Nasi Campur Salmon di Kerobokan sama sop kepala salmon nya enak banget. Kalau bisa makan ini tiap hari gue makan tuh tiap hari. Namanya Warung Padi di Kerobokan. Kalau pesen ga bisa Gofood harus Goshop hahaha..
Â
5. Karedok gue suka banget. Gue harus makan itu. Sebenarnya kalau di resto Sunda dimana-mana udah paling enak pasti. Apalagi di Bandung hahaha. Makanan gue semua ga ada sophisticated nya ya haha. Gue bisa sih makan apa aja kecuali anjing, kuda, kelelawar atau ular. Soalnya gue pernah terjebak di Manado makan anjing. Gue manggung disana, dijamu kan. Kaya makanan padang kan modelnya di piring-piring banyak. Asal makan aja trus tiba-tiba katanya itu doggy. Mau nangis rasanya.Â
Â
Top 5 fashion designer favorit lo?
Â
1. Alexander McQueen. Dia itu visioner. Dia bukan cuma sekedar fashion doang. The whole show, the whole concept-nya mateng banget dan semua ada meaning nya. Jujur pas dia meninggal gue nangis sih. Fashion jadi kehilangan the whole fantasy, the whole drama. sekarang fashion week biasa-biasa aja, dulu tuh kaya teater. Show-show McQueen selalu ditunggu. Walaupun bajunya ga wearable tapi tiap piece-nya bagus dan teknik nya gokil.
Â
2. Elsa Schiaparelli. Designer Perancis di era-nya Jean Cocteau, Picasso, Salvador Dali. Lo pernah denger lobster dress? Nah ini dari karya-nya Dali dia bikin jadi dress. Designer-nya sekarang juga bisa mentranslate DNA nya Schiaparelli menjadi modern. Kalo punya duit sih gue pengen beli semuanya dari baju sampai perhiasan nya walaupun gak wearable, ya tetap akan gue pake hahaha..
Â
3. Miuccia Prada. Menurut gue dia itu visioner. Design-design-nya klasik dan long lasting. Dia bisa membuat perempuan jadi strong tanpa terlihat intimidating.
Â
4. Rei Kawakubo-nya Comme des Garcon. Gue seneng konsep “ugly beauty†dia, dekonstruksi-nya dia buat untuk menghancurkan norma-norma yang ada. Lo ga harus mengikuti norma dalam design dan berpakaian.
Â
5. Harry Halim. Dia temen gue sendiri sih. Karena Harry melihat keindahan perempuan itu bukan cewek cantik kurus kaya supermodel. Mau bentuknya kaya gimana juga dia ngeliat ke dalamnya, bukan yang terpancar keluar.Â
Â
Â
Words & interview by Aldy Kusumah
Photos from Dita archives