Agung adalah gitaris di salah satu unit metal terbaik di Indonesia, Burgerkill. Tentunya ada banyak pengalaman menarik dari tahun 2002 sampai 2021 Agung berada di Burgerkill. Mari simak obrolan JEURNALS dengan Agung mengenai pedal efek favoritnya, unit bisnis parfum nya, sekolah musik AGC sampai kenangan-kenangan lucu bersama Burgerkill dan almarhum Aries “Eben†Tanto.
____________________________________________________________
“Tapi yang pasti posisi Eben di panggung tidak akan kita gantiin.â€
____________________________________________________________
Apa kabar Agung! Turut berduka untuk almarhum Eben. Sedang sibuk dengan proyek apa saja sekarang?
Kabar baik Dy! Alhamdulillah baik. Kemaren kan di band sendiri juga lagi ada kabar duka, jadi sekarang lebih ke recovery sih kita. Mau ga mau kita juga harus berpikir cepat agar si band nya sendiri tidak selalu terpuruk dalam kesedihan. Dikit-dikit kita saling support satu sama lain supaya bisa balik lagi lah mental untuk melanjutkan band (Burgerkill) ini. Doain deh Dy..
Ya, kemaren juga gue lihat postingan Burgerkill di Instagram, semuanya berarti memang sudah sepakat untuk melanjutkan perjuangan almarhum ya di Burgerkill?
Betul kita sepakat untuk lanjut. Mudah-mudahan dengan segala kondisinya, apapun kondisinya itu kita sepakat untuk lanjut lagi. Kita sama-sama saling nguatin satu sama lain. Saling rangkul.. Apalagi kalau saya sendiri sih di band ya room mate nya gitu, sama almarhum tuh. Dari tahun 2003 udah bareng ngeband. Sangat kehilangan lah dengan kejadian ini. Dari sisi lain sih teman-teman yang gak terlalu deket juga banyak yang ngerasa kehilangan apa lagi yang memang selalu bareng tiap hari selalu ketemu..
Berarti lo sudah bareng Burgerkill dari era ‘Berkarat’ yang dirilis Sony Music ya? Dulu sebelum join di Burgerkill apa sudah mendengarkan album ‘Dua Sisi’ sebelumnya? Bagaimana perjalanan lo pribadi terekspos dengan musik BK?Â
Sebetulnya tau BK dari pas sekolah, dulu sempet almarhum Ivan (Scumbag) main ke sekolah. Semua heboh “Itu ada Ivan!â€. Bisa dibilang saya juga dulu fans nya BK. Dari jaman Saparua saya sering banget nontonin mereka. Sampe akhirnya dulu ada satu panggung pas ngeliat BK gue kepikiran “Wah anjir kalau kayanya gw punya band kaya si BK seru nih!â€. Dan ternyata ada rencana Tuhan saya tuh dijodohkan sama BK. Dulu pertama kenal BK itu dari Ujungberung. Dulu saya tinggal di daerah Panghegar Ujungberung Dy. Anak-anak BK juga nongkrongnya di daerah Ujungberung. Mereka tuh suka main basket di belakang rumah saya. Sebagian teman-teman Burgerkill kaya Eben emang suka basket. Eben juga sempat tinggal di Panghegar di rumah tetangga saya. Dari situ saya mulai kenal dia. Terus di transisi dari album ‘Dua Sisi’ itu ada penambahan gitaris namanya Ugum, orang Panghegar juga, tetangga saya juga. Jadi ya udah bisa dibilang sudah satu circle ama anak-anak BK. Lebih deketnya lagi pas 2002 Eben ngajakin gue jadi teknisi BK, pas saya masih ngeband sama Jeruji. Pas jadi teknisi gitar di BK, gitaris yang satu nya lagi (Ugum) ngundurin diri. Tepatnya di 2003an sudah diajak gabung sama almarhum Eben ke BK. Pada saat itu kita mau sign kontrak sama Sony Music. Dulu dari manajemen ada issue untuk memilih satu band, dan dikasih pilihan mau BK atau Jeruji? Akhirnya dengan terpaksa harus memilih salah satu dan akhirnya saya memilih BK.
Dari era album ‘Berkarat’, ‘Beyond Coma & Despair’, ‘Venomous’ sampai terakhir ‘Adamantine’, personal favorite lo album yang mana?
Hmmm.. paling favorit tuh.. Sebetulnya semua karya itu sama buat saya jadi berat kalo harus memilih. Kaya anak lah, ga mungkin kita milih anak favorit, susah hehe. Yang pasti pas waktu proses bikin album ‘Berkarat’ gue ngerasa seneng banget sih bikin album itu. Intinya sih setiap album ada nilai dan kepuasan sendiri. Cuma kalau boleh memilih, mungkin saya pilih album ‘Beyond’ dan ‘Adamantine’.Â
Kalau dari proses songwriting, recording dan aransmen album BK yang paling tinggi tingkat kesulitan nya secara teknis pas bikin album mana?
Pas jaman bikin album ‘Beyond Coma & Despair’ kita masih manual, kita rekam pake recorder 1 track yang suaranya juga belum enak, dan kita banyak menggodok materi di studio langsung, briefing dulu. Sekarang bisa pake teknologi kaya drum di gambar dulu, kirim-kirim file. Dulu memang ribet tapi seneng banget kita bisa ngerasain songwriting proses dari era yang serba analog. Sekarang bisa rekam di rumah masing-masing dan kirim-kirim file. Tapi BK masih bisa dibilang sering ketemu, latihan, ngumpul masih tetap jalan walaupun pandemi. Album terakhir ‘Adamantine’ itu paling sulit, karena dia itu kaya retrospektif rangkuman dari beberapa album sebelumnya. Semua di muntahin kesitu. Kalau buat saya sih kaya pengalaman bermusik di BK disatuin disitu. Gw tuh main musik udah dapet apa aja sih? Secara pengalaman dan ilmu ya dikeluarin semua disitu.
Lalu cover ‘Adamantine’ yang digambar Fajar Alanda itu apa punya makna tertentu?
Itu kan beruang ya. Kalau beruang tuh lebih ke apa ya.. Dia tuh hewan yang sebetulnya ga mengganggu. Tapi kalau misalnya dia diganggu kan bisa menjadi hewan yang sangat kejam gitu hahaha. lebih kesitu sih hahaha..
Kalau ngomongin hewan, lo sendiri kan iconic dengan sebutan Hellfrog. Gimana ceritanya dari panggilan sampai bisa jadi nama brand apparel?
Dari kecil tuh yang gue rasain hidup gue selalu berhubungan dengan kodok. Waktu kecil tinggal di daerah namanya Cibangkong. Masuk SMP gue dipanggil temen-temen dengan nama bangkong (kodok) karena jalan nya kaya kodok, rada-rada ngaclog tea kaya agak loncat jalan nya hahaha.. Pas SMA dipanggil juga si kodok padahal ga pernah ngenalin ke orang dengan nama kodok. Karena mata nya rada belo kata nya. Pada saat itu juga seneng banget sama album ‘Cowboys From Hell’ nya Pantera. Salah satu album favorit pas SMA. Jadi diplesetin dengan “frog from hellâ€. Cuma untuk sebuah nickname kayaknya terlalu panjang jadi nya dibikin lebih compact “Hellfrogâ€. Secara harfiah emang artinya kodok dari neraka. Tapi kalau gue sih lebih ke penekanan kaya kalau ditanya “Are you ready? Hell yeah i’m fucking ready!†kaya gitu aja sih. Brand nya sendiri jalan dari tahun 2007, awalnya sih dari konsep sederhana ngeliat Steve Harris bassist Iron Maiden. Dia pake jersey bola yang belakangnya ada nama dia “Harrisâ€. Wah seru juga nih kayaknya bikin kaya gini. Bikin lah jersey dengan tulisan Hellfrog yang sampai sekarang masih jadi salah satu produk unggulan kita. Ada ide dari temen jual aja bikin selusin dan ternyata habis, dan akhirnya repeat lagi dan diseriusin jadi brand clothing.
Selain di fashion lo juga bikin brand parfum ya. Gimana tuh ceritanya?
Dari SMA gue seneng parfum. Emang seneng wewangian lah haha. Kalau untuk parfumnya sendiri dulu kepikiran pengen buat parfum custom dari aroma-aroma yang saya sukai. Ga sengaja ketemu teman dan diajakin bikin produk. Kita juga bikin dari aroma-aroma yang masing-masing suka, dari parfum-parfum yang kita pakai. Dan ada team yang develop, meracik dan riset aroma parfumnya. Sekarang ada juga series sendiri disebut Frogman series. Kalau nama brandnya Frago itu dari plesetan “Fragonâ€, karakter dengan spesies dragon frog yang dipakai di brand saya. Lalu dipake aja jadi nama brand parfum nya dengan disingkat jadi Frago Perfume.
Selain apparel dan parfum, lo juga bikin kursus musik A.G.C. Music School. Bisa ceritakan sedikit?
Betul dulu kan kita belum ada lokasi, masih dari rumah ke rumah. Kerumah lu juga kan sama ke rumah lope (eks Rocket Rockers) hahaha. AGC sempat pindah-pindah beberapa tempat, dulu di Ujungberung (Bandung Timur), terus kita sempet pindah beberapa kali ke daerah Surapati, Martanegara, sekarang kembali ke Bandung Timur, tepatnya di Cipadung. Alhamdulillah AGC juga disupport sama salah satu company, jadi bisa lebih leluasa untuk bergerak. Sewa gedung disewakan, jadi kita bisa lebih fokus ke movement nya ga sekedar di bisnisnya. Pengajar kita ada Hin Hin Akew dari Nectura, Gan Gan dari Forgotten, ada Abo (Nectura) yang juga team AGC tapi ga masuk ke team pengajar. Di program drum ada Putra Burgerkill. Di program bass ada Aul. Divisi kurikulum dipegang sama Hin Hin Akew. Dia juga mau coba ngerekrut pengajar-pengajar dari luar komunitas. Jadi image nya tidak selalu metal. Tapi ada juga yang belajar musik jazz dan classical. Karena kebetulan gue juga mengajar yang fokusnya di program metal dan classical.
Lalu bagaimana impact pandemi ke bisnis-bisnis lo tadi?
Kita harus keluar dr zona nyaman dan berpikir lebih keras agar bisa tetap survive. Tapi dari pandemi malah nemuin ide-ide bisnis baru dan ngembangin yang lain. Alhamdulillah cari sana cari sini dapet juga sih beberapa pengembangan kegiatan usaha. Ya mungkin itu hikmah dari pandemi ya. Dengan kita memaksakan untuk terus mencari yang bahkan tadinya sebelum pandemi ga kepikiran.
Kembali ke BK, sekarang setelah recovery apa saja rencana-rencana BK dalam waktu dekat ini?
Untuk sekarang kita sambil rehat sebentar dan recovery sambil ngobrol-ngobrol dulu, kita mo ngapain aja dalam waktu dekat ini. Rencana-rencana kita mau kaya gimana. Jadi lebih ke brainstorming sama temen-temen di BK sambil nyusun dan mikir kedepannya kita mesti gimana? Apa yang mau kita kerjain? Sebenarnya rencana kita kemarin itu sudah ke fase menyusun rencana kalau bulan-bulan ini kita ngumpulin lagu, menulis lagu untuk bikin single.Â
Cuma dengan kondisi seperti ini kita harus gimana nih dengan rencana-rencana yang udah kita buat. Apalagi udah ada rencana juga dengan pihak luar. Jadi kita udah ada beberapa rencana dan juga kegiatan yang udah jalan dengan pihak luar. Jadi ya lebih ke bagi-bagi tugasnya gimana, proses kreatifnya gimana. Selain itu juga ada bentuk-bentuk kolaborasi lain kaya kolaborasi produk sepatu, sama Core Burger juga lagi merencanakan sesuatu. Cuma mereka juga paham dengan kondisi seperti ini mereka ga ngeburu-buru juga ke kita nya untuk menenangkan diri.
____________________________________________________________
“Sebetulnya vokalis juga kita sudah ada. Nah, tadinya kita mo rilis single baru sambil announce vokalis baru kita siapa. Tau nya kondisinya seperti ini. Tapi kita harus tetap stick to the plan lah ya.â€
_____________________________________________________________
Kalau kondisi BK sekarang ini gimana? Sekarang ada kekosongan vokalis ya?Â
Â
Kondisi BK bisa dibilang lagi tidak fit 100%. Kemarin kita harus ada kekosongan vokalis. Sebetulnya vokalis juga kita sudah ada. Nah, tadinya kita mo rilis single baru sambil announce vokalis baru kita siapa. Tau nya kondisinya seperti ini. Tapi kita harus tetap stick to the plan lah ya. Harus tetap jalan. Cuma paling untuk waktunya agak sedikit mundur nih. Kalau vokalis baru nya siapa itu sih ya let’s see aja. Tapi ya masih dari komunitas musik ekstrim juga. Tapi ya liat nanti ya haha.
Â
Kalau kemarin itu kolaborasi apa sama Daniel (eks Dead Squad)?
Â
Â
Kalo sama Daniel (eks- Deadsquad) itu sebetulnya karena kita kekosongan vokalis dan ada panggung kemarin kita ngajak dia. Sebenarnya dari main virtual di Hellprint udah pake 3 vokalis ada Baruz (Konfliktion, Balcony), Nyank Nyank (Taring) & Anggi (Revenge the Fate). Rencana nya tuh pas manggung yang sama Daniel ngajak Aji juga dari Down for Life. Sebetulnya kita udah ada vokalis nya cuma pas single aja baru mau nampilin vokalis barunya sekalian announce. Kita kemarin fokus proyek ngecover lagu Dewa sama Ahmad Dhani, dan ada juga event sama Godbless anniversary. Baru setelah itu tadinya rencana mau workshop bikin single baru sama vokalis baru BK.
Â
Gimana respon lo bisa sepanggung sama legenda-legenda dan icon musik Indonesia kaya Godbless atau Ahmad Dhani yang mungkin pas sekolah lo dengerin lagu-lagunya, terus sekarang bisa satu panggung?
Â
Â
Ya pasti buat kita sih kita ngerasanya ini seperti salah satu bentuk apresiasi juga buat BK. Ternyata semakin kesini walaupun jenis musik yang sangat jauh berbeda tapi kita bisa saling lebih terbuka satu sama lain. Dibandingkan dulu secara tidak langsung di musik ekstrim kita kaya dapet bentuk-bentuk cibiran “Ngapain lo maen musik kaya gitu, musik apaan tuh ga jelas..â€. Dulu ga pernah kepikiran bahwa musik ini tuh bisa bersentuhan dengan musik mainstream.Â
Â
Â
Ada ajakan dari Dewa, ada ajakan dari Godbless. Ternyata musik metal itu sudah di apresiasi lebih, bukan hanya oleh publik tapi bahkan ada pengakuan dari musisi-musisi senior.
Â
‘Adamantine’ kemarin tour Eropa dan Amerika. Pengalaman tour-tour BK yang dari crowd, makanan sampai negara nya paling fun dimana saja? Â
Â
Sebetulnya setiap negara yang kita datengin punya cerita menarik di dalam nya dan semua fun. Kaya pertama kalinya kita tour dan main ke Australia. Terus ke Eropa ngerasain atmosfer berbeda. Di Amerika juga seru banget, semua menyenangkan. Kalo urusan makanan sih ya lo tau sendiri Dy, dimana juga gue makan mah enak-enak aja hahaha. Tadinya kita udah ada jadwal sebelum pandemi mau Asian Tour salah satunya Jepang, terus mau ke Australia dan Eropa lagi, rencananya gitu cuma pandemi terjadi dan semuanya cancel. Tapi numbuhin lagi ide-ide baru sih basically.Â
Â
Kalo ngomongin gear gimana nih… Sekarang lagi seneng pake apa aja di rig lo untuk rekaman, manggung atau bikin lagu?
Â
Â
Kalau gitar sih gue masih pake Schecter. Dari dulu sampai sekarang, ga kerasa dari 2008 udah mulai kerjasama dan di endorse Schecter. Ampli tabung masih pake juga cuma sekarang lebih digital lah Dy. Ada teknologi yang lebih simple dan sudah aman untuk perform. Dikit-dikit kita berangsur pindah ke digital. Karena untuk kebutuhan sekarang kaya tour ada teknologi yang lebih simpel dan compact. Sekarang pake Fractal Audio. Seru lah kita sekarang cari yang simpel aja. Mungkin karena udah pada tua juga kali ya, bawa yang berat-berat males hahaha. Kalo pedal efek mungkin yang paling setia dari dulu nempel di pedalboard ya paling whammy sama pedal wah, lebih ke expression pedal aja yang diluar Fractal. Kalau delay dan kebutuhan modulasi dari Fractal juga sudah terwakili untuk musiknya BK. Distorsi juga dari situ sih. Kalau panggungnya leluasa dari waktu dan segala macemnya, dari Fractal ada yang masuk ke ampli juga dan masuk direct ke FOH/mixer. Jadi 2 channel D.I. satu masuk ampli, dipisah lagi sama 2 microphone jadi bisa 4 channel. Sebetulnya kalau pergi ga lebih dari 15 orang teknisi nya, mungkin sama lah kaya band-band pada umumnya. Teknisi kita ga banyak, produksi juga ga terlalu banyak sekarang, dulu selalu bawa head cabinet sekarang udah dipangkas pake digital. Ampli di panggung apa aja ya tetap aman. Kalau dulu sih repot haha. Cuma memang analog lebih kuat karakter dan suaranya. Tapi kalau ada pilihan yang lebih simple dan cukup untuk kebutuhan perform ya kita pilih itu. Kalau tuning kita udh ngerasa paling nyaman di C. Udah paling enak frekuensinya.
Â
____________________________________________________________
Â
“Eben membuka pemikiran gue untuk meredam sedikit ego gue sebagai gitaris. Dia membuka sudut pandang gua kalau gitaris itu ga harus shredding dan full technique. .â€
____________________________________________________________
Â
Lo ngalamin banyak pergantian personil di BK dari tahun 2003 sampai tahun 2021 ini. Apa yang melekat dari karakter bermain dan musikalitas tiap personil yang sempat lo rasakan?
Â
Â
Semua punya karakter kuat. Drummer dari Toto ke Abah (Andris), dari Abah ke Putra. Dan ga bisa disamain salah satu lebih bagus jadi ga bisa kita compare dari situ nya. Tapi paling dari teknis si A, tone si B lebih kasar, si C lebih hardcore style. Paling hardcore menurut gua Toto, paling teknikal Putra. Kalo karakter Abah emang raw, kasar. Tapi tone color nya emang metal banget. Bassist ngerasain perpindahan dari Abah ke Ramdan. Kalau dulu Abah pas main bass di BK kan emang aslinya dia pemain drum, bukan bassist. Abah bagus ngisi bass nya. Kalau Ramdan yang kita rasain lebih into dan concern banget ke bass, walaupun dia aslinya pemain gitar sebelumnya di Balcony. Kalau bahas vokalis Ivan lebih gelap, suara dan liriknya juga gelap. Vicky cenderung lebih modern. Dia bisa nyanyi dan emang seneng nyanyi orangnya. Jadi emang gak terlalu bermasalah dengan nada. Kalau karakter almarhum Eben itu kuat. Terutama untuk urusan rhythm section. Dia membuka sudut pandang gua kalau gitaris itu ga harus shredding dan full technique. Dengan bermain riff dan ritem juga kalau bisa buat karya yang bagus dari situ, ya itu gitaris yang keren. Ga harus memainkan melody. Banyak gitaris seperti itu keren-keren. Pada saat awal-awal di BK gue memilih jadi shredder pada awalnya, tapi Eben membuka pemikiran gue untuk meredam sedikit ego gue, banyak sisi lain yang awalnya ga gue pikirin dari segi ritmis.Â
Â
Lalu sekarang dengan kekosongan yang ditinggalkan oleh almarhum, apa nanti akan ada gitaris ritem baru atau lo take over rhythm section dan lead sekaligus?Â
Â
Â
Kita sekarang ga kepikiran untuk mencari pengganti almarhum Eben. Kita lebih memilih untuk mencoba aja dulu dengan yang sekarang, kita pikirin teknis nya mau digimanain. Tapi yang pasti posisi Eben di panggung tidak akan kita gantiin.Â
Â
Karya-karya bagus bisa lahir dari keterbatasan skill dan keterbatasan equipment. Gimana pendapat lo mengenai itu?
Â
Gue setuju banget sama itu. Kita bisa lihat yang real aja. Kurt Cobain dari skill main gitar tidak seperti Yngwie kan? iya kan hahaha. Tapi siapa yang ga tau Nirvana. Itu semua dibuktikan dengan karya nya mereka yang besar. Bisa diterima masyarakat luas. Itu sudah menyimpulkan kalau main musik itu ga ada patokannya. Ramones, Oasis, mereka semua ga berangkat dari skill dan teknik yang ngejelimet dan susah. Bukan juga dari equipment canggih. Bukan jaminan juga kalau kita punya teknik bagus, kita bisa buat lagu bagus. Banyak karya-karya musik yang secara teknik susah, tapi malah kita belum tentu bisa menerima nya. Taste dan referensi juga menentukan. Mungkin banyak juga yang terlalu ego “Pokoknya gue bikin karya pengen keliatan jago.†mungkin ada juga yang seperti itu sudut pandang nya haha..
Â
Pertanyaan terakhir, kenangan-kenangan bodor (lucu) apa aja yang lo alamin sama almarhum Eben pas bareng di Burgerkill?
Â
Â