Mungkin kita mengenal Vidi Nurhadi dari brand Maternal Disaster yang lebih dikenal dengan homage logo Winston Smith / Dead Kennedys nya. Logo M yang ditusuk pedang tersebut bisa kamu lihat dimana-mana, dan rupanya Maternal pun sudah mempunyai anak perusahaan dalam departemen record label (Disaster Records) dan publishing house (Consumed). Uniknya, Maternal tidak hanya membuat konser-konser yang banyak didatangi crowd hardcore/punk, doom dan stoner-rock saja, pada awal berdiri sampai sekarang mereka masih banyak mengadakan eksibisi seni juga. Tema-tema gelap yang diusungnya pun tidak berhenti di T-shirt saja; sports bra, bola basket, jigsaw puzzle, headphone bluetooth, gitar sampai selimut pun sudah mereka produksi. Simak obrolan JEURNALS bersama Vidi berikut ini…
_____________________________________________________
“Sebenarnya yang dijalankan di hidup saya atau Maternal itu ga ada planning sama sekali. Sialnya, Maternal itu ga pernah ada strategi atau target yang ingin dicapai. Soalnya dari dulu saya teh emang ga punya cita-cita.†-Vidi Nurhadi
_____________________________________________________
Apa yang membuat lo tergugah untuk membuat Maternal Disaster pada awalnya? Brand-brand atau band apa saja yang menginspirasi lo untuk masuk ke subculture ini?
Â
Â
Yang tergugah sebenernya ga ada. Awalnya cuma ikut-ikutan aja sih. Karena lingkungan pada saat itu memang lagi seru-serunya. Anak-anak di tongkrongan lagi eksperimen sesuatu, nyablon ini itu, ya jadi nya cuma nyalurin hobi aja sih. Dulu suka nongkrong di Venom (Distro) yang jual rilisan dan merch musik. Anak-anak itu memang suka pada nyablon sendiri. Awalnya cuma ikut-ikutan aja, kebetulan suka gambar juga. Brand yang menginspirasi sih Volcom dan Insight. Band mah ga ada yang menginspirasi, paling mungkin Puppen karena Puppen pake Volcom, jadi akhirnya tau Volcom. Cuma band yang menginspirasi ke design sih kayaknya ga ada.
Â
Sepertinya Maternal juga memiliki ketertarikan di bidang book publishing dengan Consumed. Ceritakan sedikit mengenai proses development buku “Ken†dan “Forever 16†yang dirilis oleh Consumed…Â
Â
Â
Niat awalnya si Consumed tuh mau bikin majalah cetak, udah lama pisan mungkin dari tahun 2013-2015 idenya. Cuma ga ada yang nge-running aja. kebetulan ada obrolan sama Ken juga untuk bikin buku dia. Prosesnya sekitar 5 tahunan. Pas udah beres yaudah dirilis di Consumed aja bukan di Maternal. Waktu itu tuh awalnya mau bikin majalah cuma agak susah ngumpulin waktu dan orangnya. Jadi nya jadi publisher. Produk buku Ken itu pengerjaannya lama di pengarsipan dan ngumpulin plus scan gambar-gambarnya.Â
Bisa kerjasama sama Ken itu berawal dari obrolan iseng aja, tapi saya juga memang banyak terinspirasi dari gambar-gambarnya dia. Beres itu lanjut bikin buku Forever 16. Sebenarnya waktu ultah ke 16 Maternal bingung mau bikin apa, dan kebetulan pengarsipan tiap issue / koleksi kita selalu ada walau ga lengkap. Kita bikin buku ini untuk merangkum instalasi toko dan konsep dari tiap issue. Ada juga testimoni-testimoni dari temen-temen yang pernah kerjasama bareng kita.Â
Â
Projek Consumed berikutnya akan merilis apa nih?Â
Â
Sebenernya udah banyak rencana kaya bukunya Riandy Karuniawan, Morrgth dan ada juga rencana bikin buku sama Ucok (Herry Sutresna). Semuanya terhambat gara-gara pandemi ini. Sekarang yang lagi jalan sih bukunya Paste While Wheat. Mudah-mudahan bisa produksi bulan depan.
Â
Mengenai departemen musik Maternal; Disaster Records, apa saja yang ingin lo capai dengan membuat record label?
Â
Â
Sebenarnya yang dijalankan di hidup saya atau Maternal ga ada planning sama sekali. Dari awal bikin Maternal juga ga ada yang ingin dicapai atau pengen apa-apa, cuma kebetulan (saya) ada di situ dan ikut-ikutan. Sama juga dengan Disaster, dari awal juga ga ada rencana bikin record label. Awalnya dulu kita sering kolab sama band harus selalu ada rilisannya, kaya kolab sm A.L.I.C.E dan Polyester Embassy ada CD nya, cuman ada kaset, Avhath kaset, nah dari situ banyak orang pengen rilisan nya aja, kadang ga pengen merchnya. Sampe banyak juga yang salah paham Maternal disangkanya record label, jadi banyak yang pengen dirilis. Oh ya udah kita bikin record label aja akhirnya. Kalo pencapaian mah ga ada sih.. Cuma seneng aja bikin-bikin gitu.. Resep lah..
Â
Ceritakan sedikit mengenai Top 5 record labels versi lo yang menginspirasi si Disaster Records…
Â
Harder Records, Southern Lord, Sacred Bones, Grimloc, Sub Pop.. Standar lah. Saya tuh dari SMP-SMA jarang banget dengerin album luar sebenarnya. Akses terbatas. Rumah orang tua saya teh dulu udah mah di Cimahi, terpelosok lagi di Cibeber, jadi akses ke kota Cimahi juga repot. Naik sepeda atau angkot aja jauh. Satu-satunya akses musik teh paling yang dibawa temen. Jadi ada temen yang bawa kaset, kebanyakan kaset lokal rilisan Harder dan Riotic Records kaya: Blind to See, Jeruji, Savor of Filth, Puppen, Balcony, kompilasi Brain Beverages, atau kaset-kaset bonus dari majalah Ripple dulu.Â
Akses hanya dari situ, dan pada saat itu belum ngerti juga apa itu record label? Saya nyangkanya Harder juga dulu toko aja ga tau record label teh gimana.. Jadi cuma beli atau pinjem dan dengekeun weh. Jadi korelasi dari band ke record label gatau blank aja. Kadang cuma dengerin bandnya ga tau juga record label nya apa. Kalau Southern Lord awalnya dari lihat brand campaign brand apa gitu pas liat kredit lagunya Sunn O))), naha kieu lagu teh? Oh Sunn O))) teh band Southern Lord, jadi lebih digging. Kalo sebelum itu sih lebih ngalamin Drive-Thru Records atau Fat Wreck Chords.. Haha..Â
Â
Dengan lesunya perdagangan disaat pandemi ini, tentunya berakibat ke melemahnya penjualan toko-toko offline dimana-mana, dan bahkan beberapa parbrik kain pun terancam tutup. Harga bahan naik, Supply and demand menurun. Apa aja strategi yang lo terapkan sekarang untuk tetap bisa mengejar target dan survive?Â
Â
Â
Sialnya, Maternal itu ga pernah ada strategi atau target yang ingin dicapai. Dengan adanya pandemi saya juga bingung. Maternal itu melemah atau masih bagus (penjualannya). Analisanya juga belum ada. Masih pada belajar. Tapi kalau misalnya memang turun ya strategi yang diterapkan ya ga ada. Paling intuisinya mengurangi budget promosi dan mengurangi produksi. Kemarin sempet ada promo free ongkir Gojek tetap saja kurang efektif.Â
Â
Â
Sebenarnya bisa dibilang penjualan online masih bagus. Selama saya dagang malah 2020 paling bagus. Cuma masuk 2021 mulai online terdampak, apalagi offline. Strategi sekarang mah yang penting sehat-sehat dulu aja, agar penyebaran (Covid) ga terlalu luas. Soalnya bingung juga mau strategi apa. Mau diskon gede-gedean juga ntar orang ga boleh kumpul..
Â
Lo sudah pernah membuat boxing glove, bola basket, headphone bluetooth, pentil motor, sports bra sampai board game ular tangga. Produk-produk nyeleneh apa lagi yang ingin lo bikin tapi masih belum kesampaian?Â
Â
Â
Sebenarnya yang pengen banget, nu hayang pisan mah ga ada. Cuma ada yang pernah mau dibikin ga jadi tuh handphone. Tapi yang cuma bisa sms dan nelpon. Kita ga jadi takutnya ada hubungan dengan provider, misal HP nya ga cocok sama sim card GSM sini dan taunya Supreme juga bikin handphone. Intinya mah gajadi aja. Kita juga disini sama anak-anak ga terlalu memaksakan sih, jadi yang bisa dibikin ya dibikin, yang ga bisa ya gausah. Sebenarnya saya juga dapat input dari komen-komen Instagram. Ada yang nanya iseng produk yang ga ada yaudah saya bikin aja. Kagok jadiin data aja si comment section Instagram daripada dipikiran teuing.Â
Â
Â
Ada yang komen “bikin cangcut (celana dalam)†ya emang udah pernah bikin juga cangcut segitiga hahaha. Nah kalau ada yang komen produk yang kita belum bikin ya akhirnya kita bikin aja, kita ikutin. Â
Â
Apa saja produk tidak umum lo yang ternyata banyak sekali peminatnya diluar dugaan lo?
Â
Â
Sebenernya hampir 90% laku. Kebanyakan yang kurang laku yang merknya kurang terlihat. Orang beli produk tuh pengen dilihat orang lain juga kan? Jadi seperti produk mangkok kita yang disimpan dirumah aja ya kurang bagus penjualannya. Seperti botol minuman kan kelihatan, aksesoris motor kaya tempat plat nomer laku soalnya kelihatan.
Â
Â
Dengan brand lokal dan luar sudah berkolaborasi dengan siapa saja? Bisa ceritakan sedikit tentang kolaborasi-kolaborasi berikutnya?
Â
Kalau brand lokal mah udah banyak banget, saya juga udah ga bisa hitung. Sama Bastards Of Young aja kan udah pernah 2 kali. Kalau brand luar memang saya ga ngejar, tapi pernah sama Corpse Board New York, Singapore This Is Alley. Yang ngajak banyak banget, cuma ga pernah direspon soalnya bahasa inggris saya kurang bagus, dulu juga kita produksi ga selancar sekarang, jadi ga pede pas dulu diajakin Bowery Australia.
Pernah juga mau kolab sama Anti Sweden Anti Denim, cuma gajadi karena kitanya yang dulu ga sanggup. Kalau next sih banyak ada sama TDS, Swell, Mesin Tempur. Ada juga Family Values yang banyakan. Kolab brand-brand Bandung, ga semua sih, cuma memang kan awalnya planning si Brez, cari dulu aja brand yang dekat-dekat dulu dan kenal biar prosesnya bisa cepet. Pengennya sebanyak mungkin cuma karena ada sisi urgent buat donasi ya harus cepet. Jadi Fam Values ini teh kolab brand-brand yang hasil penjualannya akan di donasi kan ke Solidaritas Sosial Bandung.Â
Â
Dengan banyaknya restriksi dan ruang gerak selama pandemi ini, kita harus lebih kreatif dan efisien dalam beraktivitas. Apakah dampak pandemi signifikan untuk kehidupan personal dan profesional lo?
Â
Â
Kalau saya pribadi sih sebelum pandemi juga udah jarang nongkrong, udah jarang main. Apalagi setelah punya anak agak rada susah apalagi anak ada 2. Jadi pas pandemi sebenarnya untuk saya pribadi sih ga banyak berubah. Paling yang bikin bete ga bisa ke bioskop aja dan susah ketemu temen-temen. Da saya mah jarang nongkrong atau makan di resto. Jadi ga terlalu kehilangan juga kalau ga bisa dine-in. Kalau dari sisi bisnis banyak terkendala soalnya banyak pabrik ada yang WFH (Work From Home) atau tutup. Proses produksi dan kreatif jadi lambat, terhambat oleh WFH dan masalah komunikasi.
Â
Jika ada satu atau beberapa hal yang bisa lo rubah dari Maternal, apa yang akan lo rubah?
Â
Â
Ga ada sih, (walaupun) Maternal teh sampai saat ini masih banyak masalah intern atau organisasi yang masih berantakan dan harus dibenerin. Kalau dirubah flow gawe ntar jadi ga nyaman. Kalau lebih diketatkan apalagi. Paling ya saya terus belajar aja sih. Cuma saya sih pribadi ga pengen berubah. Kalau bisa mah saya pengen dengan kondisi seperti sekarang tapi harga tanah masih harga jaman dulu hahaha.Â
Â
Sebenarnya kalau orang lain mah ngomong pengen keluar dari zona nyaman, kalau saya mah gamau. Kalau saya sih justru kalau udah nyaman ya ngga mau keluar dari zona nyaman. Justru aneh kalau menurut saya hahaha. Yang ada sih justru saya sampai sekarang tuh belum nyaman-nyaman. Posisi ngeunah teh can beunang wae. Flow produksi belum enak. Karena itu saya pengen ngejar kenyamanan dulu. Soalnya kalau ngomongin keluar dari zona nyaman, tanpa dicari juga bakal selalu ada ketidaknyamanan tersebut hahaha..
Â
Jika lo bisa kembali ke masa lalu, apa yang bakal lo katakan ke Vidi Nurhadi 20 tahun lalu?
Â
Â
Hmm 20 tahun lalu.. Vidi yang masih SMA? Ngomong naon nya hahaha. Kalau saya bilang suruh dia bikin brand malah beda ntar akhirnya malah ada universe Vidi yang lain hahaha. Kayaknya kalau saya punya mesin waktu saya ga akan ngomong apa-apa sama Vidi yang dulu. Paling cuma pengen lihat memori-memori dulu saya gimana. Soalnya dari dulu saya teh emang ga punya cita-cita. Masuk Itenas juga gara-gara ada skatepark nya. Pas udah kuliah juga malah ga maen skate hahaha.Â
Â
Mungkin satu-satu nya yang saya bilang ke Vidi 20 tahun lalu: Kumpulin kaset-kaset jangan dipinjemin. Di apik-apik barang-barang nya. Dulu soalnya suka ada covernya, kasetnya ga ada. Jual mobil kasetnya kebawa juga. Tapi pernah sih dulu beli kaset Balcony album ‘Terkarbonasi’ dapet kasetnya doang, nah saya kebetulan punya covernya doang jadi cocok. Majalah-majalah kaya Ripple dan Boardriders juga pengen nya mah dulu teh diapik-apik.
Â
Apa hal paling gila dan pengorbanan terbesar lo untuk Maternal?
Â
Pengorbanan terbesar sih ya waktu. Sama dulu pernah pinjam sertifikat rumah orang tua sebagai jaminan buat modal. Sertifikat rumah kan bukan yang saya sebenarnya hahaha. Dulu teh ga pernah pulang kerumah, kuliah gak lulus-lulus, dateng-dateng kerumah pinjam sertifikat hahaha. Dulu kebetulan adik saya baru kerja di bank dan ada target. Jadi akhirnya dikasih pinjem juga sertifikat sama orang tua. Padahal orang tua saya ga ada basic di bisnis jadi pasti was-was minjemin sertifikat rumah hahaha. Cuma untungnya aja dulu tuh dikasih pinjem sertifikatnya. Sekarang sudah lunas juga jadi ya udah tenang sih.Â
Â
Sekarang keterlibatan di Maternal apa aja? Masih nge design dan mengerjakan departemen lain juga?
Â
Â
Masih nge design. Hasil akhir worksheet dan PO juga masih saya sendiri yang bikin. Cuma udah dibantu aja untuk jumlah quantity. Ilustrasi juga dibantu gambar sama Dannus dan Bejo. Mungkin karena saya masih suka nge design kali ya. Dan saya kalau ga ngelakuin sesuatu tuh kaya geje aja. Jadinya ga enak dan stress. Siga nu gering teu pararuguh…
_____________________________________________________
Â
“Saya emang lebih sibuk dari pada anak Maternal yang lain. Saya juga tipikalnya digaji, jadi saya absen juga. Posisi saya disini ya karyawan. Saya juga sering banget disuruh-suruh sama anak-anak lain malah haha. Cuma kalau ada meeting saya memposisikan diri saya sebagai direktur. Saya semacam punya dua kepribadian disini†-Vidi Nurhadi
_____________________________________________________
Â
Soalnya pernah dulu ke kantor lo malem-malem dan gue liat lo masih ngedit video dan foto sendirian..
Â
Iya emang lebih sibuk saya dari pada anak-anak Maternal yang lain. Yang lain mah bisa nongkrong hahaha. (Saya masih nge design sendiri) Bukan nya karena ga percaya ya, cuma kadang masalah selera dan keinginan saya yang berbeda. Dan jujur saya agak jelek dalam masalah komunikasi, saya tipikal yang paling ga bisa nyuruh orang. Disini juga saya jarang nyuruh-nyuruh, ada perasaan ga enak takutnya disangka gimana. Misalnya ada hasil foto yang saya kurang suka, dari pada saya nyuruh-nyuruh untuk dibenerin mending saya aja yang benerin. Lebih ke efisiensi sih sebenernya. Cuma sekarang udah belajar dikit-dikit untuk bilang kalau misalnya ada hasil yang kurang sesuai.Â
Â
Jam kerja saya tuh dari jam 11 siang sampai jam 9 malam. Dan saya juga tipikalnya digaji, jadi saya absen juga. Posisi saya disini ya karyawan. Saya juga sering disuruh-suruh sama si Dinar bikin poster atau apa. Saya sering banget disuruh-suruh sama anak-anak lain malah haha. Cuma kalau ada meeting saya memposisikan diri saya sebagai direktur. Saya semacam punya dua kepribadian disini. Kalau lagi nge design ya saya jadi karyawan aja. Dulu sih pulang kerumah juga masih nge design, cuma sekarang udah ga boleh sama istri hahaha...
Â
_____________________________________________________
Â
“Dirumah udah ga bisa denger lagu keras, pusing juga ada anak-anak teriak terus lagunya teriak-teriak juga haha. Dirumah mah ya itu: Dua Lipa, Tayo sama Baby Shark..†-Vidi Nurhadi
_____________________________________________________
Â
Last question: sedang mendengarkan band-band apa saja yang baru-baru? Apa ada rekomendasi untuk pembaca Jeurnals?
Â
Â
Terakhir sih ngedengerin Turnstile Love Connection, Loathe, Baby Metal sama Dropdead yang baru. Sebenernya udah jarang nge denger lagu, lagi bosen aja, yang fresh teh justru Turnstile, bikin seneng lagi denger lagu. Kalau lokal banyak sih yang bagus kaya Pleasure and Pain dari Medan, ZIP, Brigade of Crow, Senyawa yang baru, Ametis, Rounder, Nearcrush paling tah nu keur hot pisan mah hahaha… Ya itu sih rekomendasi beberapa rilisan Disaster Records. Malah sering nge denger Dua Lipa sekarang gara-gara istri haha. Soalnya dirumah udah ga bisa denger lagu keras, pusing juga ada anak-anak gogorowokan (teriak-teriak) terus lagu nya gogorowokan juga haha. Saya paling denger lagu kalau lagi kerja atau di mobil. Dirumah mah ya itu: Dua Lipa, Tayo sama Baby Shark..
Â
Words & interview by Aldy Kusumah
Photos from Vidi archives
Layout by Prita
Â