Eric Wirjanata adalah salah satu founder Deathrockstar (DRS), sebuah webzine dan media musik yang dulu sering mereview band-band independen lokal era tahun 2000an. Eric bersama Marcel (Sajama Cut) dan Ryan aktif mereview gigs, album dan interview band di website Deathrockstar. DRS terkenal dengan reviewnya yang jujur: kalau jelek mereka bilang jelek, kalau bagus, mereka akan menaruh karya itu di sebuah pedestal sebagai selebrasi. Berbagai kritik pun dari band-band yang tidak terima disebut jelek mulai membanjiri DRS sehingga mereka cukup viral pada masanya, dan menjadi salah satu portal musik independen yang paling notorious. DRS juga cukup aktif membuat gigs-gigs lokal di Bandung dan Jakarta pada era itu.
“Dari dulu band dan musisi Indonesia pengen go internasional lewat band pop dan indie rock. Ternyata malah yang eksperimental seperti Kuntari, Senyawa, LAIR dan Gabber Modus Operandi yang go internasional hahaha..â€
Ric, kalau ngobrol sama lo sudah pasti gue akan nanya soal Deathrockstar. Apa kabar nya DRS? Bisa ceritakan sedikit ga mengenai DRS pas lo bikin di awal-awal?
Si DRS saat ini sedang menikmati masa-masa the has-been ya. Hehe. Pada masa nya pernah berjaya. Emang gue lagi bikin beberapa plan. Mungkin ga harus berjaya banget ya, tapi paling enggak masih ada purpose nya. Dulu awal mulai si DRS tuh pas SMA gue kenal si Marcel (Sajama Cut). Kita sering ngobrol tuh karena anak-anak musik jarang di sekolah gue. Gue ga ngeband tapi sangat into musik aja dulu. Pas kita SMA walaupun kita pisah sekolah, kita mulai mengenal skena independen. Dari melihat banyak zine dan majalah-majalah yang terbit secara independen, sampai menikmati rilisan-rilisan fisik independen.
Waktu itu gue kuliah di Bandung, di UNPAR HI. UNPAR kan dekat ke Harder Records (cikal bakal Grimloc Records). Pertama kali kenal sama si Andre Vincent (Jeruji, Soldier Fight) dan anak-anak Balcony juga. Liat zine yang dijual di Harder gue mulai bikin zine fotokopi juga dengan nama Confusion. Tentunya dapat nama dari Confusion is Sex-nya Sonic Youth. Ditaro berapa biji abis. Ternyata orang-orang senang dengan media pada saati itu. Nah pas masa itu warnet lagi berkembang kan, Geocities, mIRC. Di mIRC gue pake nickname Deathrockstar, sebenarnya salah tulis, harus nya dari lagu Thurston Moore “Elegy for all the Dead Rock Starsâ€. Ternyata “death†lebih keren dari “deadâ€. Yang satu (dead) sudah mati, tapi kalau death ini kematian, lebih mengancam hehe..
Lalu awal mula lo bikin website Deathrockstar itu gimana?
Waktu itu dot com banyak dibagikan gratis. Keren nih kayaknya pake dot com. Si Marcel langsung beli aja. Karena waktu itu kita senang membaca Pitchfork Media, kita mulai mereview ala Pitchfork pada masa itu, mulai dari review kaset-kaset yang kita punya. Si Marcel bikin nama sendiri, gue juga ada yang pake nama orang. Si Marcel pernah pake nama Tobin Sprout, personil Guided By Voices hahaha. Kita bikin-bikin aja nama biar kesan nya banyak orang, padahal cuma kita berdua hahaha.. Lalu pas kuliah gue juga ketemu si Ryan. Dia hobby foto dan suka nulis juga. Akhirnya dia bantuin foto, bikin event dan menulis juga.
Lo juga sering buat event dan gigs ya bareng DRS?
Nah setelah ada Ryan, enak tuh kan ada partner nya. Jadi mulai juga bikin event. Pernah bikin gigs di BB’s Jakarta sama Marcel. Nama nya Rock Music Parade. Acara sepi tapi yang datang lumayan buat nambah-nambah temen. Arian Seringai, David Tarigan, Anak-anak Superman is Dead pada dateng. Yang main resmi sebenarnya ada band gue juga main, nama nya Snort, tapi pada gak dateng anak-anak nya hahaha. Akhirnya dibantuin Akbar dan almarhum Andri, sebelum mereka bikin A Stone A. Ada Toilet SOunds, Henry Foundation (sebelum jadi Goodnight Electric), dan Sajama Cut. Anak-anak Superman is Dead manggung terus tiba-tiba minta manggung, alat-alat nya minjem. Mereka pake nama Devildice kalau ga salah.
Lalu kita bikin-bikin juga acara di Bandung. Tahun 2004 bikin Rock Circus kalau gak salah. Bikin ama si Bayu, manager The Sigit yang dulu. Akhirnya bikin di Classic Rock Cafe. Abis dari 347 atau Spills Records kalau gak salah ketemu Koseng atau si Iyo (Pure Saturday), gue lewat ada kafe gitar nya gede banget. Akhirnya gue masuk dan minta kontak nya. Gue kasih tau Bayu dan Marin. Akhirnya jadi acara itu. Line up nya lumayan seru: Seringai, The Sigit, A Stone A, Sajama Cut dan Teenage Death Star.
Lalu sekarang DRS sedang merencanakan dan mengerjakan apa?
Si DRS sih 3 tahun terakhir bisa dibilang ada dan tiada. Tapi gue bikin lebih personal sih sekarang. Kalau bisa dapet partner atau investor mau gue kembangin brand nya. Gue suka brand kaya Maternal Disaster, mereka rilis buku, punya divisi record label juga. Gue juga pengen kaya gitu cuma karena gue sendiri jadi kurang bisa banyak gerak. Maternal jadi benchmark buat gue sih. Ga harus ada semua tapi yang pasti DRS harus ada divisi merch dan event. Sekarang DRS cuma gue sendiri, nulis aja sudah jarang nih soalnya gue sibuk ngerjain digital marketing untuk beberapa klien.
Dulu DRS terkenal dengan review yang benar-benar jujur. Pernah ada yang protes karena lo review jelek atau apa ada cerita-cerita unik?
Sebenarnya karena dulu media yang bahas musik masih jarang, mereka (band-band) itu ga ambil pusing mau dibilang jelek atau bagus. Yang penting di review atau di repost. Beda nya musik dan makanan itu, kalau musik dibilang jelek atau engga lo tetep bisa ngasih sample musik nya disitu, orang masih dengerin juga musik nya. Coba makanan, gue bilang “ini makanan ga enak Dyâ€, lo ga akan makan disitu hahaha. Setiap gue review gue taro juga preview musiknya. Orang tetap bisa dengerin dan menentukan sendiri sih..
Lo inget ga dulu yang pernah lo review jelek album apa aja? Hahaha..
Kebanyakan rata-rata yang gue kritik band besar sih. Yang gue bilang jelek biasanya yang sudah terkenal sih. Band-band baru sih jarang. Dulu Homicide aja pernah gue kritik hahaha. Ternyata setelah beberapa tahun gue baru nyadar ternyata Mini Compo gue yang rusak. Gobloknya Compo gue nya yang suara nya jelek sebenarnya. Padahal anak-anak Hardcore Bandung itu punya sound tahun 2000an aja sampe sekarang masih belum bisa dikalahin. Kaya Balcony aja album “Metafora Komposisi Imajinar†keren banget sound nya dulu di kaset. Album “Terkarbonasi†aja musik nya jadi keren lagi tuh jaman sekarang banyak band-band baru seperti Balcony era “Terkarbonasiâ€. Ternyata tahun 2000 sound band hardcore Bandung udah keren semua. Kalau Jakarta dulu yang bagus sound nya si Step Forward. Gitarisnya Step Forward Ricky Seringai kan, pas pertama manggung tahun 2004 aja main di acara gue udah bawa head cabinet sendiri.
Menurut lo untuk menjadi jurnalis musik yang kredibel itu lo harus bisa bermusik atau engga? Soalnya opini publik terbagi mengenai isu ini dari dulu hahaha..
Orang-orang itu masih banyak yang ketuker antara nge-jurnal, nge-kritik dan nge-review. Nah kalau si jurnalis tersebut bisa main musik tulisan nya akan lebih objektif. Jaman dulu gue lebih juga agak subjektif lebih seperti komentator daripada mereview. Kaya cuma nulis “ini album butut pisan..â€. Soal enak atau engga kan subjektif tergantung orang nya. Misal “bala-bala ini enak karena terbuat dari bahan ABCDE, digoreng dengan temperatur yang pasâ€. Atau misalnya ini band ketukan nya sinkopatik 2/4 dan selama hidup cuma menemukan 2 band seperti ini. Dulu gue suka banget tulisan almarhum Rully The Brandals di majalah Juice, dia gabungin komentar, review dan bahasan teknis.
Album-album lokal yang berpengaruh buat palet musik lo?
Koil – Self Titled (1996): Yang ada Matahari, Lagu Hujan dan Burung Hantu.
Feast – Abdi Lara Insani (2022): Kaya King Crimson dan turunan-turunan nya nih. Menurut gue secara musik dan produksi bagus sih buat musik rock. Bikin makin yakin musik Indonesia masih bisa maju.
LAIR – Kiser Kenamaan (2019): Band dari Jatiwangi. Musiknya campuran Tarling dan psychedelic. Sekarang lagi tur Eropa mereka. Sampe disuruh residensi.
Balcony – Metafora Komposisi Imajinar (2003): Pas kemaren lagi dengerin ulang album ini, ada yang nanya ke gue album lama apa yang menurut gue masih bagus sampai sekarang, kalo gak salah si Samack. Gue bilang ke dia album Balcony ini secara sound dan produksi keren banget, menurut gue melompati zaman. Gak lama dari obrolan itu taunya Ucok announce mo reissue album ini.
Kuntari – Last Boy Picked (2021): Dari dulu band dan musisi Indonesia pengen go internasional lewat band pop dan indierock. Ternyata malah yang eksperimental seperti Kuntari, Senyawa, LAIR dan Gabber Modus Operandi yang go internasional hahaha..
Lo juga bikin platform Bakmi Club (@bakmi.club) yang mereview Bakmi-bakmi enak di Bandung-Jakarta. Top 5 bakmi favorit lo?
ONG Noodle Bar – Pasar Tjihapit.
Menurut gue dia bikin kaldunya sangat serius. Jarang ditemukan di kota Bandung.
Mie Anugerah – GOR Padjajaran
Mie Anugerah favorit gue di Setiabudi Supermarket sudah tutup. Sekarang di GOR Padjajaran. Ditemukan saat gue masih tinggal di Bandung. Kayaknya ini yang bikin gue jadi suka berburu. Kerupuk Dorogdog dan lobak nya bikin khas. Sayang cabangnya banyak berkurang sekarang.
Ho Liaw – Kelapa Kopyor Raya, Kelapa Gading.
Bakmi ini mulai di waktu yang hampir bersamaan dengan Bakmi Club berdiri. Salah satu bakmi non-halal yang bikin topping pork belly tapi resepnya fusion. Jadi wangi dan rasanya cukup ramai. Tips: pesan topping jangan terlalu banyak. Siobak dan ayam garam saja, lalu minta sambal rahasianya: Andaliman.
Bakmi Rudy – Hj.Nawi
Gue ngikutin bakmi ini sejak awal buka, dari kios kecil di Kelapa Gading sampai sekarang di Hj.Nawi. Gue suka karena bakmi ini fokus ke kualitas bahan, jadi selain enak di mulut, di badan juga enak. Dia pakai tepungnya dari Jepang. Rekomendasi: coba mie shirataki plus swekiau.
Mie A Tjuan – jl. Summagung
Rahasianya ada di kaldu ayam kampung yang medok dan gurih. Favorit gue pesan mie karet porsi kecil saja. Coba hirup harumnya, seruput dikit kuahnya, kasih sambel sedikit-sedikit dulu. Surga dunia. By the way ini bakmi kadang habisnya cepat, jadi mesti datang agak pagian.
Interview by Aldy Kusumah
Photos from Eric’s Archives