Sebagai penggemar Pushead dan John Baizley (Baroness), karya-karya ilustrasi Angga juga sangat terpengaruh oleh mereka dan beberapa illustrator luar lain nya. Kecintaan Angga pada musik juga yang membuat Angga menekuni hobby gambar nya menjadi salah satu pekerjaan utama nya. Dengan mengoleksi vinyl secara masif dan pernah bermain di beberapa band juga (Piece of Cake, The Bahamas, Aparatmati), Pengaruh musik sangat kental terlihat di karya-karya Angga. Mari berbincang dengan illustrator veteran ini mengenai pressure bekerja di agency sampai band-band post-hardcore favoritnya…
Apakabar Angga! Sedang sibuk ngapain aja nih sekarang?
Baik-baik.. Kalau sehari-hari sih ngantor di Lawless sama ya sibuk tetep gambar aja sih.. Dua itu aja udah. Kalau soal proyek yang lagi gue kerjain lagi mo bikin merch buat sendiri sih. Kalau proyek orang lain yang baru beres sih ada yang collab Mischief X Seringai batch kedua. Sama ada beberapa kover album. Ada yang masih berupa sketch sih. Ada juga sama Cycloops, toko sepeda gaul hehehe..
Kalau melihat beberapa karya ilustrasi lo gue suka teringat sama John Baizley. Siapa saja influence lo di departemen ilustrasi?
Kalau dulu banget gue awal hobi ngegambar belum ada influence dari mana-mana. Ketika lo udah mulai seneng musik dan subculture lain baru ada influence-influence dalam hidup lo. Ketika gue main skate di Taman Lalu-Lintas, lumayan jadi tau banyak hal dari musik, fashion dan culture. Dulu idola gua cuma dua: Pushead dan Vernon Courtland Johnson, illustrator Powell-Peralta. Lalu dulu kan ngumpulin kaos band suka juga sama artwork nya. Baru tahun 2011 gue baru pengen ngegambar kaya style sekarang nih.
Dulu kerja di agency. Sekarang gue di Lawless diajak Arian gabung. Ya bantu-bantu lah. Dulu ngegambar ini pelarian pas gue masih kerja di agency yang pressure banget. Bener kata lo, John Baizley itu mungkin inspirasi gue no 3 kali ya? Haha. Pas album Baroness yang Blue Record baru rilis gue bener-bener suka artwork kover nya. Pemahaman anatomi orang dan semi-realistic nya bener-bener dapet, jadi pada awalnya gue menekuni style yang mirip-mirip begitu. Kalau sekarang sih influence banyak banget, dan gue juga udah tau struktur kerja nya harus gimana dalam proses kreatif. Ternyata orang keren itu banyak hahaha.. Termasuk yang lokal-lokal juga banyak yang jago dan imajinasinya liar.
Lo pernah bikin paper bag Lawless Burger, kaos band dan cover album. Selain itu artwork lo pernah diaplikasikan di media apa saja?
Sebetulnya pada saat itu unik juga sih artwork gue dipake sebagai packaging makanan. Pada saat itu belum ada yang seperti itu packaging makanan. Kemaren yang kolab Mischief juga cukup baru buat gue, di bahan denim saku dalam. Di bagian luar ilustrasi gue dipake di leather patch dan flasher (kertas karton di saku belakang). Seru juga packaging celana jeans. Bandana pernah, topi sepeda pernah juga. Skateboard pernah tapi bukan produk untuk dijual, cuma buat eksibisi dan pameran aja. Sempat juga ada band yang bikin kover, terus ilustrasinya jadi merch kaos dan papan skate secara ga sengaja haha..
Collab lo yang unik dan favorit apa aja?
Yang packaging vape Maternal gue suka cuma timeline agak mepet. Kalo agak panjang waktunya gue bisa ngulik lagi haha. Kadang-kadang ada proyek yang harus dikerjakan cepat dan sayang juga kalau dilewatkan. Cuma kadang kurang maksimal dan ga 100% puas. Sama si Mujiono bikin cycling caps baru juga tuh, terobosan ke barang sepeda. Dan antusias nya gila banget, dalam 15 menit 120 pieces habis. Barang ghoib hehe. Itu rilis pas 2020 pas pandemi orang-orang pada sepeda-an.
Biasanya satu gambar lo kerjain berapa lama?
Kalau gue ga ngantor sih seminggu – dua minggu beres sih. Gue biasa kerjain di weekend. Senin sampai jumat gue ngantor sambil riset. Kalo ada waktu nge sketch, lalu baru eksekusi setelah ada approval. Di weekend berikutnya sudah bisa sketch di ukuran besar kaya A2 atau A3. Paling enak tuh di A3, kalau A2 lumayan pegel, dan nge-scan harus dibagi 2 kertasnya. Karena gue males ke gerai printing haha. Kadang-kadang menempuh cara yang agak primitif dikit. Revisi suka gue batasi juga sih yaa maksimal 3 kali revisi lah. Tapi kadang bablas juga. Kekurangan nya gambar manual kalau digital tinggal di undo malah rentan revisi haha. Kalau manual kan udah di inking kalau ada revisi lagi repot. Kalau di agency ruang kebebasan itu dikit karena kita ngerjain demand klien. Sekarang kalau gue ngerjain ilustrasi, si klien sudah harus tertarik sama style yang gue punya.
Bagaimana menurut lo mengenai trend visual dan ilustrasi stoner/doom yang memacu trend ilustrator menjadi banyak bermunculan?
Sebetulnya ada bagus dan enggaknya juga ya. Industri jadi rame. Label-label kaya Maternal dan Lawless jadi banyak mengangkat ilustrasi sejenis. Banyak jadi job yang bisa didapat ilustrator dengan karakter ilustrasi seperti itu. Sisi jeleknya ya batasan jadi blur. Yang keren tuh yang gimana sih ilustrasi nya? Yang gambar tengkorak kan banyak opsi nya, semua jadi dimakan aja sama industri menjadi trend. Jadi pada akhirnya terjadi persaingan tidak disengaja. Semua hampir sama karakter visualnya. Jadinya gue menyiasati untuk fokus ke detail, ada orang yang lebih fokus ke anatomi. Akhirnya masing-masing jadi lebih spesifik biar beda, survive nya di situ. Yang ga bisa ngikutin akhirnya ngilang dan gak aktif lagi. Sekarang trend nya beda lagi kan, jadi digital.
Ngomongin karya digital, lo maen NFT juga?
Nah kemaren kan sempet ada trend FOMO NFT. Kalau lu ga maen NFT jadi FOMO. Dan ternyata ya gapapa juga kalau lu ga maen. Belum terpanggil aja sih kalau gue. Lebih seneng ngeliat projek apa yang ada di depan mata. Gue ngantor iya, gambar iya, kalo maen NFT juga kayaknya serakah banget haha. Tapi ya gapapa kalau lo sanggup sih, kalau gue ga bisa ngelakonin semuanya. Mungkin agak oldschool pemikiran gue ya gapapa deh hahaha..
Kalau ngomongin musik, lo juga pernah tergabung di Piece of Cake, Aparatmati dan The Bahamas ya?
Ya dulu pernah di Bahamas. Sebelum The Bahamas itu ada Piece of Cake sama Xonad. Band Xonad sih itu bukan band gua hahaha. Ngeband sering tapi ga terlalu banyak. Kalau yang ada rilisan ya paling Piece of Cake, The Bahamas sebelum rilis gue udah cabut ke Jakarta. Gue sekarang udah ga punya waktu sih buat nge band jujur aja. Kalau Aparatmati tuh kaya ngeband sama rockstar semua. Almarhum Ebenz, Arian dan Khemod (Seringai). Manggung cuma 2 kali di Buqiet Cafe dan Kafe Hitam Putih Lembang. Yang bikin kalau ga salah anak-anak Riotic. Ya itu band cuma ngikutin jadwal Arian, Ebenz dan Khemod yang pada sibuk. Waktu itu yang ga sibuk ya cuma gue hahaha. Album cuma wacana doang waktu itu. Mereka sempat “Yuk bikin album isinya 100 lagu!â€. Waktu itu kita lagi suka powerviolence, hardcore dan sludge. Kalau waktu itu masih seru, sekarang udah ga aneh lagi. Ceritanya gitu sih band lawak itu hahaha…
Gue sempat membaca beberapa review album post-hardcore / emo lo di majalah Trolley dan Ripple (era tahun 2000an awal). Apa saja album-album post-hardcore favorit lo sepanjang masa?
Sebenarnya itu cuma bantu-bantu aja karena nongkrong di Trolley dan Ripple. Pas Ripple di Trunojoyo dan pindah ke Jl. Bali. Nongkrong aja dan akhirnya bantu ngelayout beberapa halaman dan ngisi review. Ga kerja sih itu bantu-bantu aja sambil nongkrong. Pada saat itu gue emang lagi suka wave awal emo, emo generasi awal lah. Mungkin first wave era Dischord records. Yang generasi kedua masih keren, jaman Vagrant dan Revelation records. Elliott, Gameface, Garrison. Kalau generasi 3 udah gatau lagi tuh hahaha..
Beberapa rilisan post hardcore klasik & terbaik versi lo?
1. Quicksand – Slip (1993)
2. Elliott – False Cathedral (2000)
3. Cave in – Jupiter (2000)
4. At the Drive in – Relationship of Command (2000)
5. Envy – Recitation (2010)
Interview by Aldy Kusumah
Photos from Angga’s archives