Anindya Anugrah yang lebih dikenal lewat moniker art-brand nya “Phantasien†adalah seorang seniman dan ilustrator asal Jakarta. Kolase Phantasien mempunyai karakter yang sudah terbentuk: palet warna yang vibrant, tema-tema fantasi, magical dan okultisme. Peleburan tema medieval, renaissance dan budaya pop kontemporer pun menjadikan karya-karya Phantasien lekat dengan anakronisme. Mari berbincang dengan Phantasien mengenai seru nya mengambil source image dari public domain, tema-tema occult dan bagaimana dia membanting setir dari cita-cita nya sebagai guru piano menjadi full-time artist…
Apa yang membuat lo memutuskan berkarya dengan tema-tema magical, medieval, renaissance dan mengandung unsur-unsur okultisme? Dan lo juga ada anakronisme nya ya; kaya artwork medieval yang digabung dengan referensi kontemporer?
Awal mulanya gue berkarya dengan karakter ini tuh pas aktif jaman kuliah, dari 2012 udah eksplor ke arah sini karena gue tidak pede dengan kemampuan gambar gue. Dulu kan kuliah hukum. Karena suka kolase gue banyak nyari source dari public domain. Karena boleh dibikin turunan nya tanpa izin dulu dan lain-lain karena ga ada copyright nya.
Emang tema-tema nya condong seperti yang Aldy bilang: tema okultisme, dan suka banget sama visual abad pertengahan. Soalnya di society abad pertengahan tuh, magic dan okultisme tuh ada banget. Kalau di kita mungkin primbon. Sesuatu yang biasa dan ga di condemn gitu. Walaupun di Eropa medieval agama katolik lagi gencar tapi diem-diem ada di masyarakat.
Jadi pas tahun 2017 gue ikut seleksi pameran di Jepang Unknown Asia. Si Ykha juga ikut kok. Salah satu jurinya juga kasih masukan ke gue dengan menambahkan unsur-unsur modern dan kontemporer biar ada humornya, dan lebih relate kepada orang-orang. Dari situ lebih banyak bisa eksplor tema sih. Sekarang juga lagi belajar animasi, yang lebih banyak juga unsur kontemporernya.
What makes you interested in occultism? Kita lihat ada Tarot, witches, pagan dan referensi mystical lain nya di karya-karya lo..
Sebenernya gue takut banget nonton horror, cuma gue tertarik sama okultisme gitu. Walaupun gue tidak mempraktekkan hal-hal tersebut. Gue suka estetika tarot dan alchemy. Kaya Davinci dan Dante. Tapi ga dimasukkan ke setiap karya sih simbol-simbolnya. Dari kecil tuh di keluarge gue emang kaya percaya superstition gitu, kaya masih ada kejawen gitu sih. Dari okultisme Jawa juga, walaupun di artwork gue lebih ke okultisme Eropa middle ages. Mungkin kedepan gue akan masukin unsur-unsur Indonesia seperti wayang atau yang lain tapi belum kepikiran sih hehehe…
Bisa ceritakan juga ga awal dari kolaborasi dengan Khruangbin, Mitski & Diskoria? Biasanya lo harus menyukai musiknya dulu ga sih sebelum bikin artwork nya?
Kalau Mitski itu kan dulu promotor disininya Noise Whore kan, lalu mereka commission ke gue untuk bikinin posternya. Terus kebetulan si Mitski nya suka dan dia posting di Instagramnya. Baik banget hehe. Kalau Khruangbin gue di kontak sama Laura vokal dan bassistnya. Katanya dia liat dari Instagram dan dia email gue. Kalau teori gue sih mereka nemuin IG gue karena Khruangbin sering kerjasama sama calon suami gue (Kendra Ahimsa). Tapi mereka gatau kalau kita pacaran waktu itu, terus pas ketemu kita mereka baru tau hahaha. Kalau Diskoria gue di kontak sama manajernya, Daiva. Lo mau ga bikinin poster sama merch? Mau banget. Lalu mereka ngebebasin gue untuk bikin artworknya untuk kebutuhan tour mereka di Tokyo, cuma dikasih referensi warna aja.
Kalau suka musiknya dulu iya banget, soalnya kalau musik itu kan personal banget kan Dy. Jadinya kalau gasuka musiknya bingung ngerjain artworknya. Dari selera musisinya juga kita bisa mengira-ngira kira-kira dia suka apa. Dari riset, ngobrol dulu dan kepoin IG nya. Makanya gue jarang sih ngerjain musik mungkin karena gue milih banget juga kali yah hehehe..
“Kalau lagi cari inspirasi gue harus dengerin musik-musik klasik gitu. Kedengeran nya pretensius banget, tapi kalau ingin bikin karya dengan mood tertentu gue bikin playlist nya dulu.â€
Ada notasi John Coltrane & Debussy di karya-karya lo. Musik-musik apa yang lo biasa dengarkan selagi menggambar atau berproses kreatif? Apa pengaruh musik besar untuk artwork lo?
Gue tuh dulu pengen jadi guru piano kan hahaha. Jadi dari SD sampe kuliah itu ikut pelatihan teori dan performance. Tiba-tiba kaya yang “ah engga deh..â€. Soalnya gue memang suka musik klasik juga sih. Musik klasik yang gue suka emang dari era Baroque. Kalau Debussy kaya post-modern kan, impresionistik musiknya. Kaya bikin gue ngebayangin visualnya tiap denger musik-musik gitu. Jadi ngayal. Kalau lagi cari inspirasi gue harus dengerin musik-musik gitu. Kedengeran nya pretensius banget, tapi kalau ingin bikin karya dengan mood tertentu gue bikin playlist nya dulu. Kalo yang ada partitur Coltrane dan Debussy itu lebih ke tribute aja, kesini-sini gue bikin juga score dan partitur musik gue sendiri. Gue juga suka banget ama pianist jazz Bill Evans.
Karya lo udh di aplikasikan ke media apa aja selain kaos? Gue liat ada puzzle Rekarekat juga. Bisa elaborasi sedikit?
Lebih banyak ke packaging sih karya gue, packaging kue misalnya. Skincare juga pernah. Kover album pernah Polka Wars dulu album “Bani Bumi (2019)â€. Kalau yang puzzle Rekarekat itu kan belum ada brand Indo yang fokusnya puzzle. Jadi gue kaya yang excited dan langsung mau. Itu kan koleksi pertama gue bareng Ykha dan Sarkodit.
Ini pembahasan klasik: Kan selalu ada peribahasa “there’s nothing new under the sunâ€. Ada kubu yang benar-benar ingin original dan ada juga yang menganggap udah ga ada yang original di era sekarang. Pendapat lo gimana?
Gue sih setuju dengan kata-kata ga ada yang 100% original. Setiap hari tuh kita lihat apa aja tuh lewat internet, informasi itu banyak dan gampang banget aksesnya. Even musik. Sampe kaya ga sadar “aduh gue tuh udah dengerin apa aja yaâ€. Sedangkan jaman gue dulu kan apapun harus beli ke toko, ga bisa buka laptop langsung. Secara ga sadar kita semua itu meniru, ngambil kecil-kecil dari hal-hal yang kita suka. Sejauh ini sih ga ada illustrator yang 100% original pasti terinspirasi oleh seseorang, tapi diolah lagi dengan pengalaman dan cerita yang berbeda. Itulah yang membedakan setiap illustrator. Kalau dibilang “original banget nihâ€, kayanya jaman sekarang tuh susah kalau mau orginal banget. Even kaya Gaudi aja bilang dia ga original karena dia nyontek dari alam.
Lalu seberapa tipis sih perbedaan antara homage, tribute, parody, bootleg dan rip off?
Kalau dari perspektif hukum aja ya, karena background kuliah gue hukum. Kalau parodi harus ada unsur komikalnya. Konteks humor untuk sesuatu yang sudah existing. Itu gapapa, tapi kalau di hukum Indo sebenernya kalau mau dikomersialisasikan harus izin. Kalau di Amerika sah-sah aja ga usah izin dulu ke yang punya karya aslinya. Kalau bootleg ada kreativitasnya sih gapapa, kalau dari perspektif hukum emang gaboleh. Gue juga sempat follow dan punya beberapa bootleg juga yang bagus. Tapi yang namanya copyright tergantung artist nya, karena copyright itu delik aduan, bukan pidana yang harus dihukum. Terserah artist nya kalau selama artist nya ga ngerasa dirugiin secara ekonomi ya gapapa. Tapi bukan berarti 100% gapapa juga. Kaya misal Astrud Gilberto kover albumnya jelek, tapi ada yang ngebikin ulang re-imagine dan ada kreativitasnya. Kalau skalanya emang Astrud peduli ya dengan brand Indo kecil, paling dia seneng sih kalau liat apalagi bagus. Ada yang bikin bootleg album gue nih dalam bentuk T-shirt..
Apa lo dan Kendra kalian mempengaruhi atau influence nya sama? Karena walaupun style dan tekniknya berbeda tapi sekilas color palette lo dan Kendra mirip ya..
Iyah aduh.. Si Kendra tuh inspo gue. Gue ngefans banget ke dia dari dulu, ke Ykha juga. Kenapa gue bisa warna-warni gini juga karena saran Kendra. FYI, gue dulu ga se warna-warni ini. Ternyata bermain warna ini lebih menyenangkan. Kita kan sering bareng, baca buku nya sama, nonton film sama, hahaha.. Mudah-mudahan kalau lancar bentar lagi dia bakal jadi suami gue. Nanti makin jadi mirip pasti. Cuma bukan berarti sama dan saling meniru hehe..
Hayao Miyazaki orangnya cenderung depressing tapi karyanya colorful dan penuh harapan. Sedangkan Satoshi Kun orangnya cheerful tapi karyanya dark. Apakah kadang karya-karya seseorang itu mirror image dari karakter nya atau malah antitesisnya? Kalau lo sendiri gimana?
Kalau gue sendiri gue gatau sih.. Karya gue cuma menceritakan apa yang gue suka aja sih, gue gatau kalau itu kepribadian gue atau bukan hahaha.. Itu kayaknya orang lain yang decide sih bukan gue hahaha.. Yang gue tau pasti, karya gue warni-warni tapi pengalaman karir gue 180 derajat banget, betapa kontras nya dengan hidup gue.. Kalau kepribadian gue cheerful gue gatau juga sih.. Kayaknya gue juga ga yang happy tiap hari gitu. Kalau Miyazaki emang gitu kali orangnya hahaha..
Kalau rip-off sih kasian yang udah bikin capek-capek. Cowok gue sempet pengalaman lagi di rip-off di NFT. Pinternya orang yang nge rip-off itu karena dia, menurut gue, karena dia tau cowok gue ga punya eksistensi di NFT. Di dunia NFT lo start dari nol, bodo amat IG lo followersnya banyak. Si doi ini ngaku-ngaku gitu di Youtube dia udah “berkarir cukup lama dan sering pameranâ€. Kita gatau dia pernah pameran dimana. Twisted Vacancy namanya. Aduh panjang banget ntar gue kasih link nya deh soalnya panjang banget. Sempat di reportase di Finery Report dan komen-komen banyak yang asbun juga, draining banget deh bacanya juga haha. Segini awamnya orang-orang mungkin karena ga tertarik dan ga pengen tahu juga. Classic Netizen comments hahaha.
Kalau dekonstruksi di hip hop kan ada mereka memakai sample-sample dari berbagai macam source dan menjadi entitas atau lagu baru. Tapi tetap ada aturan nya sendiri. Kalau dalam desain grafis dan ilustrasi aturan nya versi lo gimana sih?
Kalau di Indonesia aturan nya ga jelas. Undang undang hak cipta nya tuh terinspirasi dari sana-sini, ada yang pasalnya kaya hukum Amerika. Ada aturan visual ada fair use kalau lo gapapa pake karya orang tapi ada porsi nya. Apakah lo ambil konteks full nya ga? Ada indikator jelasnya. Kalau di Indo ga ada, cuma ada penggunaan yang pantas. Kalau misal ada yang niru karya gue dan gue mau tuntut itu susah sih di Indo. Seniman ga dirugiin juga sih, cuma ga dilindungi aja walaupun udah lo daftarin aja copyright nya. Trus kalau suatu hari ada yang nyontek itu ga ngejamin lo bakal dilindungi. Contek-contek visual disini tuh kaya ga bisa di proses kasarnya. Masih abu-abu banget kecuali kalau emang nyontek dan dikomersilin, kaya cowok gue di rip-off dan karyanya di NFT-in dan dia dapet 80 juta misalnya. Kiblat nya tuh faktor ekonomi. Apakah lo ngerasa dirugikan atau engga.
Interview by Aldy Kusumah
Photos by Anindya Anugrah archive’s