Fajar atau Jaydawn memang lebih nyaman untuk berada di belakang layar sebagai beatmaker, walaupun sesekali menjadi backing vokal / MC di Eyefeelsix dan Krowbar (itu pun memakai topeng). Beats-beats, produksi sample dan hasil remix Jaydawn mungkin sudah pernah kamu dengarkan di full album Krowbar yang bernuansa psychedelic, Bars of Death yang layer lagunya dipenuhi horn section dan sampling film, Rand Slam, Taring, Jeruji, Homicide, Efek Rumah Kaca dan tentunya group hip hop Jay yang bernama Eyefeelsix. Sound-sound gitar busuk dari website psychedelic Vietnam sampai film-film kung fu dari tahun 70-an pun Jay jadikan sample di beat-beats yang dia buat. Setelah menggarap mini album “Darker Dawns Ahead†kabarnya Jay sedang mempersiapkan full albumnya. Siapkan kopi instan dan kwaci kalian, dan mari berbincang sejenak dengan Jaydawn. Here goes…
“Kalau saya sih biasanya sample-nya saya acak-acak, di chopping, pitch di kendorin, ya di manipulasi lah biar ga kebaca sistem. Sistem itu di bobodo bisa, namanya juga sistem. Kalau orang kan tetep tau ini sample dari mana.â€
Halo Jay, sedang mengerjakan projek-projek menarik apa saja sekarang ini?
Setelah new normal beres, Jay mulai aktivitas produce-ngeproduce udah mulai seperti biasa lagi di Grimloc. Paling lagi ngerancang bikin album Krowbar yang kedua dan album baru Eyefeelsix. Kalau Eyefeelsix yang 7 inch vinyl sih sudah beres sekarang lagi proses PO.
Selain mengerjakan materi Eyefeelsix dan Krowbar, Jay terlibat mengerjakan album dan projek apa saja?
Semua album Eyefeelsix, Krowbar, Rand Slam, Bars of Death, sekarang lagi proses Black Kumuh Jakarta… Kalau Homicide remix. Dulu D’Army juga bikin sama Ucok produsernya. Mulai belajar merangka musik yang bener dari situ awalnya. Kalau Krowbar saya nyari distorsi gitar-gitar yang kampungan, kaya sound Rhoma Irama. Nyari di website Saigon Rock dan website-website psychedelic. Kan suka ada sample-sample lagunya ama saya di record. Lagu Filipina di paok oge. Soundtrack Bruce Lee dicokot. Pokoknya soundnya kampungan kan nya? Gitarnya ga pake efek langsung distorsi. Kalau Rand Slam maenin wordplay sama punchline ky Eminem, jadi musiknya jangan sampe ngeganggu artikulasi vokalnya. Jangan sampe sample-nya annoying.
Karena saya bersama team produksi Grimloc yang bernama Napalm Squad juga, bersama Ucok produser, Eone scratch dan saya engineer.. Jadi 3 orang ini membentuk satu team dan kalau ada projek pasti kita bertiga ini yang turun. Jadi lumayan banyak sebenarnya mengerjakan produksi album-album…
Bagaimana awal mulanya Eyefeelsix terbentuk?
Dulu teh ada band namanya Eyefeelsix, Gaia dan yang lain-nya saya gatau siapa aja. Dulu mah saya masih ikut Eone Cronik dan Ucok. Baru mulai dikenal-kenal-in ke komunitas hip hop. Dulu Gaia mau nerusin nama band itu, ngajakin Jay setelah D’Army bubar. Iseng-iseng aja katanya. Minjem MC ke Cronik si Elmo. Dua single-nya sukses sampe bikin album. Di album kedua Eone yang sebelumnya additional ditarik jadi personil. Jadi bandnya Eone yang Cronik abis aja diambil Eyefeelsix. Eyefeelsix mah isinya D’Army dan Cronik aja digabung hahaha..
Dari awal gabung ama Eyefeelsix udah mulai ngeproduce?
Udah.. Dulu sebelum D’Army juga saya mah udah kikituan weh bikin beat kasiin ke MC buat ngerap.. Yah jadi kebanggaan lah ya (buat saya). Disuruh nge-remix Homicide dan Efek Rumah Kaca. Mental juga udah mulai pede. Baru mulai nambah-nambah temen. Mulai produce dikit-dikit buat band-band hardcore/punk seperti Taring, Jeruji, loba sih malah poho. Buat sampling intro atau track tengah-tengah pake drum break.
Oh kaya skit-skit hip hop gitu ya?
Iya bener. Tapi eta seru sih. Karena tantangan ngerjain yang bukan hip hop tapi belajar musik format band. iIu juga awal-awal-nya di guide ama Ucok. Kamu masukin feel harus gini, harmonis harus gini..
Mini album Jaydawn yang “Darker Dawns Ahead†itu sekilas seperti peleburan antara DJ Premier dan versi gelap-nya J Dilla – Donuts ya? Lengkap dengan chop-chop menarik..
Iya. Jadi di masa pandemi itu Ucok bilang ke saya “Jay daripada kosong nyieun EP maneh dadakan. Gow.†Saya proses tiap malem, terus bikin dan review ke Ucok. Loba teuing kata Ucok, harus ada yang di mix hehehe. Saya kan kalau ngasi lagu sekaligus banyak biasanya. Jadi dari semua beats yang saya kasih ada yang di gabungkan dan ada juga yang di kickout. Terus prosesnya waktu itu untuk rilis di digital streaming. Kenapa lama? Karena waktu itu ada sistem yang ngebaca beberapa sample itu courtesy artis tertentu dan pilihannya antara bayar pajak atau track itu dihilangkan. Ya mending ganti track hahaha.
Emang pada saat semua track beres saya ga punya judul. Saya mah untuk yang soal-soal judul mah buta. Soalnya tiap bikin beat saya mah pake nomer kode. Ucok yang ngeramu track 1 sampe track terakhir seperti tiap kejadian dari tahun ke tahun, sampe track terakhir “New Normal Kebusukan Lamaâ€. Jadi kaya concept album, ya emang jagoan namanya juga produser dia. Ya sukses tanpa kendala sih EP itu. Saya dilepas, musik idealis saya seperti apa di EP itu. Tapi tetap di direct kaya lagu pertama “Ufuk Tanpa Cahaya†itu kan kejadian pembantaian di NTT, Ucok ada ide masukin sample film jadi kaya lagu “Penunggang†juga ide sample dari Ucok. Jadi tracklist juga dikasi masukan ama Ucok “Jay track terakhir maneh jadi yang keempat ya, yang ini geser jadi track penutupâ€. Pas saya puter terus emang bener enak tracklistnya. Dia udah kesana mikirnya, kalau saya hanya bikin musiknya.
Pas bikin EP ini apa aja yang Jay lagi dengarkan?
Misal saya lagi ada projek bikin beats untuk album Krowbar yang psychedelic. Nah saya ga dengerin apa-apa. Bahkan saya mencari sample dan banyak nonton film. Kenapa EP itu dark ya memang situasi pas lagi bikin EP itu keadaan ekonomi lagi gini, semua di lockdown. Ya emang dark. Kebetulan saya pas pertama bikin musik di D’Army juga emang dark. Jadi ini cocok banget konsepnya, apalagi ditambah judul-judul dari Ucok emang makin darkness deui haha. Jadi emang saya ga dengerin musik hip hop. Kalau saya dengerin hip hop lagi, malah buyar kepatok untuk ngikutin beatmaker-beatmaker lain. Jadi ya emang fresh lah kalau bikin sesuatu selagi ga mendengarkan apa-apa.
Kan tadi Jay nyeritain soal problema sampling itu kan. Dari dulu jaman Public Enemy mulai menggunakan sample itu udah mulai rame dibahas kan masalah sampling dalam hip hop. Gimana mengakali semua itu di era Instagram dan Youtube yang bisa nge-scan lagu? Apa lebih baik membayar pajak atau membuat sampling-nya jadi lebih obscure?
Menarik juga ini buat beatmaker underground. Soalnya bayar pajak ke artis mahal. Kalau saya sih biasanya sample-nya saya acak-acak, di chopping, pitch di kendorin, ya di manipulasi lah biar ga kebaca sistem. Sistem itu di bobodo bisa, namanya juga sistem. Kalau orang kan tetep tau ini sample dari mana. Kalo engga sample nya ditutupin ama layer drum dikit..
Tapi kalau produser-produser seperti Madlib atau J Dilla gitu kan biasanya menggunakan sampling untuk menunjukkan koleksi musiknya. Kalau terlalu di manipulasi bukankah jadi tidak terdengar sampling aslinya dari mana?
Ya engga tau juga sih ya tapi orang lain mah seperti Madlib ya bayar pajak. Courtesy gitu ga masalah buat mereka. DJ dan produser bayar pajak diluar mah, di urang mah henteu pan. Diambek weh ku sistem “kamu harus take downâ€. Hahaha. Kalo Jay sendiri sejauh ini ga pernah kena masalah cuma yang EP kemaren drum breakdance-nya aja ketauan, soalnya dari Afrika Bambaataa, nya jadi weh kapanggih. Kalau sampe ada yang ngontak ya belum pernah soalnya saya bukan Kanye West haha..
“Sebenarnya ada lagu trap-nya Bars of Death. Jadi cuma pengen tau aja gimana sih bikin lagu trap itu, bukannya mengikuti trend-nya. Biasa layer di satu lagu banyak. Kalau trap cuma bass, kick, hi hat.. Emang kosong. Hi hat-nya siga nu kasetrum.â€
Selain menggunakan platform streaming, apa Jay juga mulai mencoba alternatif lain dalam menjual karya?
Kebetulan bulan kemaren si Grimloc manggil tiap artist-nya. Kamu lihat nih detail streaming kamu. Terrnyata loba nu play lagu urang tapi bukan pengguna premium, jadi percuma 0,00, teu asup duitna. Ucok ada ide pertama kali Grimloc masukin ke Storefront. Kan kalau kita beli dan download dapet zip file dan punya data-nya. Kalau di streaming platform kan download-nya nempel di aplikasi. Pas diitung-itung gaji sebulan di Storefront sama dengan gaji setahun di Spotify. Si Storefront itu lebih transparan lah, dia Bandcamp-nya Indonesia. Saya juga ada rencana mau bikin EP kedua di Storefront itu.
Stock lagu Jay mungkin di hardisk sudah numpuk ya? Tinggal rilis?
Engga juga. Jadi dulu tiap ada ide, saya bikin lagu. Cuma kan musik perabadabannya beda tiap tahun apalagi hip hop. Biasanya saya udah pakemin beat saya tiap tahun seperti apa. Entah jadi funk, dark, atau mirip Fatboy Slim misalnya. Kalau dibikin dari sekarang nanti jadi basi beatnya, ya emang harus dadakan.
Balik lagi ngomongin hip hop, kalau saya sih ujung-ujung-nya balik lagi ke jazzhop dan boombap 90-an, karena hip hop yang baru-baru apalagi trap dan mumble-rap ga masuk. Kalaul Jay sendiri gimana?
Kalau saya ama Ucok sempat terjun untuk mempelajari musikalitas si trap dan mumble rap ini. Pake roland TR 808 khas hip hop. Yuk kita pelajari dan aplikasikan gimana sih cara bikin lagu trap. Sebenarnya ada lagu trap-nya Bars of Death. Jadi cuma pengen tau aja gimana sih bikin lagu trap itu, bukannya mengikuti trend-nya. Biasa layer di satu lagu banyak. Kalau trap cuma bass, kick, hi hat.. Emang kosong. Hi hat-nya siga nu kasetrum. Nonjolin sub-kick. Cuma harus tau juga rapper-rapper baru liriknya gimana, harus dengerin juga. Kalau proses me-reka ulang lagu trap ya saya bisa bikin dengan cepat. Cuma tema-nya ke arah mana sih? Asa sarua kabeh, cuma ganti sample doang.
“Kebetulan di list MC, ga ada vokalis perempuan. nanti biasanya dari sample, entah choir dari film. biasanya suara perempuan nyanyi saya ambil dr film. Karena di indonesia ga ada Whitney Houston hahaha.â€
Kalau Bars of Death sendiri lebih banyak sampling-sampling funk dan film ya?
Ucok itu kalau untuk satu beat foldernya ada 4: sample film, speech, terompet-nya, drum-nya. Nah di beat kedua ada folder-folder lagi, lengkap dengan dokumen-dokumen sample-nya. Jadi kalau buka suatu beat foldernya banyak. Jadi kalau nulis di CD sample courtesy dari mana, drum dari James Brown misalnya. Kalau audio di sistem kan kebaca, kalau tulisan mah aman, James Brown moal maca da geus dimana James Brown na oge haha. Jadi art of hip hop itu maok. Cut-loop-cut-loop. Emang dari dulu-nya gitu. Kaya kolase lah. Panon na ti mana, bibirnya dari mana..
“Konser Travis Scott isinya ABG semua sih itu. Ga ada yang seumuran kita-kita. Seumuran urang mah mending di warung jamu.â€
Kemaren konsernya Travis Scott yang ada korban jiwa 8 orang itu sempat rame ya.. Ngikutin ga beritanya?
Iya itu konser festival. Ga ngikutin cuma ya cari info di Facebook dan Twitter. Kemaren nanya-nanya juga ke Bembi (Krowbar) dan Eone. Jadi pada ngobrolin Travis Scott jadinya. Sebenernya kapasitas konser udah aman cuma yang diluar tiba-tiba masuk kedalem ngedorong dan chaos. Abg hungkul sih eta eweuh nu saumuran urang. Saumuran urang mah mending di warung jamu. Pas ada ambulan ke tengah baru konsernya di stop ama si Travis. Duit konser dibalikin semua da rockstar. Travis Scott juga pernah marah di suatu konser karena ada fansnya mencoba ngambil sepatu dia, terus dia memprovokasi penonton lain untuk ngegulung orang itu. Emang sering chaos konser dia. Beda sama hip hop gangsta seperti Ice T atau Snoop Dogg yang malah lebih aman. Yah umur lah ya. Mun di urang mah siga budak abg nu keur mejeuhna aya hardcore tatajongan bari make helm, mun katoel ambek hahaha…
Jaydawn sendiri proses promo-nya bagaimana? Lalu berikutnya akan merilis apa lagi?
Sempat bikin tour covid dengan ijin workshop. Saya requestnya di cafe, tempat ngopi Jabodetabek biar nyantai. Setelah tur sukses kita produksi kaset ama Grimloc yang lumayan lah 2 jam kurang sold out. Setelah EP ini tentunya saya sedang mempersiapkan full album lengkap dengan MC tamu. Jadi nanti di album 1 lagu instrumen, lagu berikutnya MC nge-rap, lalu instrumen lagi, begitu seterusnya. kebetulan di list MC ga ada vokalis perempuan. Nanti biasanya dari sample, entah choir dari film. Biasanya suara perempuan nyanyi saya ambil dari film. Karena di Indonesia ga ada Whitney Houston hahaha.
Untuk album ini foldernya udah ada di Ucok, udah dibagiin ke MC-MC nya. Kalau bocoran MC belum boleh dibilangin dulu bisi ngararamuk nu teu diajakan. Yang ga diajak kalau ngamuk tinggal dibejaan yang milih MC si Ucok hahaha. Rilis semoga di tahun 2022, masih ngantri di Grimloc haha.
Top 5 lagu rap rock crossover favorit Jay?
1. Anthrax & Public Enemy – “Bring the Noise†-. Sebelum era hip metal ato apa mereka udah ada.
2. Helmet & House of Pain – “Just Another Victimâ€. Dari kompilasi soundtrack Judgement Night. Ini album crossover bagus.
3. Sonic Youth & Cypress Hill – “I Love You Mary Janeâ€. Masih dari OST Judgement Night juga..
4. Body Count – “Cop Killerâ€. Band nya Ice T. Kabeh album urang beuki. “Cop Killer†yang pertama saya dengar soalnya.
5. Shootyz Groove – “Buddah Blessâ€. Ini lagu yang “check it here we go, check it out here we go!†Band kabeuki urang. Dikasi hadiah vinylnya dari Ucok dapet di Jepang. Dulu punya kasetnya sekarang punya vinylnya kaya dapet Monas.
Hal-hal terbaik yang Jay dapatkan selama berkarya selama ini? Bagaimana awal mula Jay belajar memproduce lagu hip hop?
Buat saya (memproduce) sangat ngebantu, kaya di Grimloc tuh saya ga kerja di tapi bagian dari mereka sebagai engineer musik. Ucok pengertian dalam keadaan gini kamu tetep produksi katanya, biar menghasilkan duit, mau EP sekalipun atau kolaborasi sama MC siapa. Sebenernya saya ga pernah mengharapkan duit apa-apa dari Grimloc. Ucok gak pernah bilang “nanti proyek ini kamu dapet seginiâ€, gak pernah. Tapi tiba-tiba ngasih surprise dia ujug-ujug transfer. Duit naon ieu? “nu kamari duit ieu jeung ieuâ€. Ini surprise bagi saya daripada orang yang ngejanjiin kamu nanti dapet segini berikut bayarnya mundur hahaha. Buat saya yang penting berkarya lah, duit mah belakangan. Kaya saya di krowbar tiba-tiba Risma istrinya Bembi transfer “ini royalty om Jayâ€. Saya juga terharu kan tiba-tiba dapet duit dari karya.
Nah selama ini saya gak pernah jualan beats kan, makanya sekarang bikin Instagram satu lagi @beatback666. Saya cukup selektif dalam memilih MC, gamau orang lain memakai beats saya. Sekarang saya tiap hari bikin beats di upload buat jualan, mau ato engga kajeun. Tapi lumayan loba nu meuli hehehe. Dulu saya operator radio OZ. Ngulik lugu “Jump Around†jadi minus one di loop pause rewind dan paskeun. Tanpa komputer hahaha. Sekarang mah praktis ada DAW. Belajar di jalan Sederhana deket rumah Ucok dulu, belajar di Sas Adi. Komunitas hip hop juga itu. Diajar bulan puasa subuh-subuh dulu, bikin beats, dikasi softwarenya Fruityloops studio. Lalu ganti Apple saya jadi pake Ableton Live. Belajar ke Eone tuh Ableton. Sekarang pas udah bisa malah Eone nanya ke saya “ini Ableton gimana sih..â€. Loh lainna maneh guru urang? Jadi tibalik ayeuna. Padahal dulu saya diajarin Eone. Guru saya dulu ada 2: Eone dan Sas Adi.